Hubungan Kompetensi Manajerial dan Supervisi Akademik Kepala Sekolah Terhadap Inovasi Pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v7i2.5495Abstract
Abstrak
Guru mempunyai peran penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Peningkatan kualitas pembelajaran dapat terjadi jika guru mempunyai inovasi dalam mengajar. Inovasi pembelajaran guru dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya adalah kompetensi manajerial dan supervisi akademik kepala sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara kompetensi manajerial kepala sekolah dan supervisi akademik terhadap inovasi pembelajaran guru SD di Kecamatan Salam. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Sampel penelitian adalah guru SD di kecamatan Salam sebanyak 104 orang. Pengumpulan data menggunakan kuisioner. Teknik analisis data menggunakan SPSS untuk menganalisis hubungan variabel X1 Terhadap variabel Y dan variabel X2 terhadap varibael Y dan dengan analisis regresi berganda untuk mengetahui hubungan antara variabel X1 dan X2 secara bersama-sama terhadap variabel Y dengan taraf signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan kompetensi manajerial terhadap inovasi pembelajaran guru. Hasil uji-t uji korelasi X1 dan Y menunjukkan bahwa t hitung sebesar 4,815. Nilai t tabel untuk df 101 adalah 1,660. T hitung lebih besar dari T tabel sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan kompetensi manajerial (X1) terhadap inovasi pembelajaran (Y), dengan besar sumbangan adalah 52,299 (52,299%). Hubungan Supervisi akademik terhadap inovasi pembelajaran guru menunjukkan bahwa t hitung sebesar 2,979 lebih besar dari t tabel (1,660) sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh supervisi akademik (X2) terhadap inovasi pembelajaran (Y) dengan besar sumbangan supervisi akademik (X2) terhadap inovasi pembelajaran (Y) adalah sebesar 31,93%. Terdapat hubungan positif antara kompetensi manajerial dan supervisi akademik secara bersama-sama terhadap inovasi pembelajaran guru dengan estimasi sebesar 0,843 atau sama dengan 86,1% yang mengandung pengertian bahwa hubungan kompetensi manajerial (X1) dan supervisi akademik (X2) secara bersama-sama terhadap inovasi pembelajaran (Y) sebesar 84,3%. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kompetensi manajerial dan supervise akademik terhadap inovasi pembelajaran guru.
Kata Kunci: Kompetensi Manajerial, Supervisi Akademik, Inovasi Pembelajaran
References
DAFTAR PUSTAKA
Affandi, Idrus. (2011). Pendidikan Politik. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia
Kompri. (2017). Standarisasi Kompetensi KepalaSekolah. Jakarta : Kencana
Moeheriono, 2014, Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi Edisi Revisi, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
Mulyasa. (2012). Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya
Nanang Fatah, (2012). Mananjemen Pendidikan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Purwanto, Ngalim(2012), Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung:Remaja Rosdakarya
Rifa’i,Muhamdad dan Fadli, Muhamad, (2013). Manajemen Organisasi. Bandung: Citapustaka Media Perintis
Robbins, S.P., and Judge,T,A. (2013). Organizational Behavior. New York: Pearson Education
Sudjana Nana, Manajemen Program Pendidikan untuk Pendidikan Nonformal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, (Bandung: Penerbit Falah, 2010), h. 212.
Wahyudin, D. (2010). Modul Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran. Yogyakarta: UNY Press
Wibowo. 2016. Manajemen kinerja. Jakarta: Rajawali Pers.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Siti Nurani, Ety Syarifah, Agus Joko Purwanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.