Hubungan Kompetensi Manajerial dan Supervisi Akademik Kepala Sekolah Terhadap Inovasi Pembelajaran

Authors

  • Siti Nurani Universitas Terbuka
  • Ety Syarifah Universitas Terbuka
  • Agus Joko Purwanto Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v7i2.5495

Abstract

Abstrak

Guru mempunyai peran penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Peningkatan kualitas pembelajaran dapat terjadi jika guru mempunyai inovasi dalam mengajar. Inovasi pembelajaran guru dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya adalah kompetensi manajerial dan supervisi akademik kepala sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara kompetensi manajerial kepala sekolah dan supervisi akademik terhadap inovasi pembelajaran guru SD di Kecamatan Salam. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Sampel penelitian adalah guru SD di kecamatan Salam sebanyak 104 orang. Pengumpulan data menggunakan kuisioner. Teknik analisis data menggunakan SPSS untuk menganalisis hubungan variabel X1 Terhadap variabel Y dan variabel X2 terhadap varibael Y dan dengan analisis regresi berganda untuk mengetahui hubungan antara variabel X1 dan X2 secara bersama-sama terhadap variabel Y dengan taraf signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan kompetensi manajerial terhadap inovasi pembelajaran guru. Hasil uji-t uji korelasi X1 dan Y menunjukkan bahwa t hitung sebesar 4,815. Nilai t tabel untuk df 101 adalah 1,660. T hitung lebih besar dari T tabel sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan kompetensi manajerial (X1) terhadap inovasi pembelajaran (Y), dengan besar sumbangan adalah 52,299 (52,299%). Hubungan Supervisi akademik terhadap inovasi pembelajaran guru menunjukkan bahwa t hitung sebesar 2,979 lebih besar dari t tabel (1,660) sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh supervisi akademik (X2) terhadap inovasi pembelajaran (Y) dengan besar sumbangan supervisi akademik (X2) terhadap inovasi pembelajaran (Y) adalah sebesar 31,93%. Terdapat hubungan positif antara kompetensi manajerial dan supervisi akademik secara bersama-sama terhadap inovasi pembelajaran guru dengan estimasi sebesar 0,843 atau sama dengan 86,1% yang mengandung pengertian bahwa hubungan kompetensi manajerial (X1) dan supervisi akademik (X2) secara bersama-sama terhadap inovasi pembelajaran (Y) sebesar 84,3%. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kompetensi manajerial dan supervise akademik terhadap inovasi pembelajaran guru.

Kata Kunci: Kompetensi Manajerial, Supervisi Akademik, Inovasi Pembelajaran

References

DAFTAR PUSTAKA

Affandi, Idrus. (2011). Pendidikan Politik. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia

Kompri. (2017). Standarisasi Kompetensi KepalaSekolah. Jakarta : Kencana

Moeheriono, 2014, Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi Edisi Revisi, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Mulyasa. (2012). Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya

Nanang Fatah, (2012). Mananjemen Pendidikan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Purwanto, Ngalim(2012), Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung:Remaja Rosdakarya

Rifa’i,Muhamdad dan Fadli, Muhamad, (2013). Manajemen Organisasi. Bandung: Citapustaka Media Perintis

Robbins, S.P., and Judge,T,A. (2013). Organizational Behavior. New York: Pearson Education

Sudjana Nana, Manajemen Program Pendidikan untuk Pendidikan Nonformal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, (Bandung: Penerbit Falah, 2010), h. 212.

Wahyudin, D. (2010). Modul Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran. Yogyakarta: UNY Press

Wibowo. 2016. Manajemen kinerja. Jakarta: Rajawali Pers.

Downloads

Published

2023-10-31