Dampak Penggunaan Buku Ajar Kewarganegaraan pada Partisipasi Sosial Mahasiswa di Akademi Komunitas Negeri Aceh Barat

Authors

  • Riza Hasan Akademi Komunitas Negeri Aceh Barat

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v7i2.5511

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bermaksud  untuk mengeksplorasi dampak penggunaan buku ajar kewarganegaraan pada partisipasi sosial mahasiswa di Akademi Komunitas Negeri Aceh Barat. Dalam penelitian ini, pendekatan yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Temuan dari penelitian ini mengindikasikan bahwa partisipasi sosial mahasiswa di Akademi Komunitas Negeri Aceh Barat cenderung rendah, terutama pada kegiatan sosial dan kegiatan keagamaan. Penggunaan buku ajar kewarganegaraan memiliki dampak yang positif pada partisipasi sosial mahasiswa di Akademi Komunitas Negeri Aceh Barat. Mahasiswa yang menggunakan buku ajar kewarganegaraan cenderung lebih aktif dalam kegiatan sosial maupun  keagamaan. Faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi sosial mahasiswa di Akademi Komunitas Negeri Aceh Barat meliputi faktor internal (minat, motivasi, dan kemampuan) dan faktor eksternal (dukungan dari lingkungan, kebijakan kampus, dan kesempatan). Implikasi hasil penelitian ini bisa menjadi pedoman untuk melanjutkan pengembangan kurikulum pendidikan kewarganegaraan di perguruan tinggi, serta bagi penelitian-penelitian selanjutnya yang berkaitan dengan partisipasi sosial mahasiswa.

Kata Kunci: Buku Ajar Kewarganegaraan, Partisipasi Sosial, Mahasiswa.

 

Abstract

This research aims to explore the impact of using civic education textbooks on the social participation of students at the State Community Academy of West Aceh. In this study, a qualitative approach is employed, with data collected through interviews and observations. The findings of this research indicate that the social participation of students at the State Community Academy of West Aceh tends to be low, especially in social and religious activities. The use of civic education textbooks has a positive impact on the social participation of students at the State Community Academy of West Aceh. Students who use civic education textbooks are more inclined to actively participate in both social and religious activities. Factors influencing the social participation of students at the State Community Academy of West Aceh include internal factors (interest, motivation, and ability) and external factors (support from the environment, campus policies, and opportunities). The implications of the research findings can serve as a guide for further curriculum development in civic education at the university level and for future research related to student social participation.

Keywords: citizenship textbooks, social participation, students,

References

DAFTAR PUSTAKA

Amelia, S., & Santoso, G. (2022). Pengaruh Pembelajaran Ilmu Teknologi Dalam Meningkatkan Pengetahuan Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Transformatif (Jupetra), 1(2), 146–155. https://doi.org/10.9000/JPT.V1I2.419

Azizah, N. R. (2021). Implementasi literasi budaya dan kewargaan untuk mengembangkan keterampilan sosial siswa Madrasah Ibtidaiyah di tengah pandemi. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 11(01), 7–16.

Dewi, R. R., Suresman, E., & Mustikasari, L. (2020). Implementasi Kebijakan Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi. Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 9(1).

FA Nugroho., Sugiaryo., & Trisiana, Anita. (2019). Pengaruh Pendidikan Kewarganegaraan terhadap Penguatan Kemampuan Keterampilan Kewarganegaraan (Civic Skill) Pada Siswa Di Smp Negeri 26. ejurnal.unisri.ac.id, 7(1). http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/glbctz/article/view/3053/2630

Hasan, R. (2022a). Implementasi Nilai Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Kewarganegaraan Di Perguruan Tinggi Vokasi (Studi Kasus Di Akn Aceh Barat). Vocatech: Vocational Education and Technology Journal, 4(1), 76–84. https://doi.org/10.38038/vocatech.v4i1.105

Hasan, R. (2022b). Menumbuhkan Sikap Nasionalisme dan Bela Negara Mahasiswa Melalui Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Jurnal Tunas Pendidikan, 5(1), 8–20. https://ejournal.stkip-mmb.ac.id/index.php/pgsd/article/view/890

Subakdi. (2023). Penerapan Nilai-Nilai Pancasila pada Mahasiswa di Era Digital Sebagai Generasi Penerus Bangsa. Jurnal Kewarganegaraan, 7(2). https://journal.upy.ac.id/index.php/pkn/article/view/5365/3192

Sugiyono, S. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif Kuantitatif Dan R&D. Bandung: Cv. Alfabeta.

Suharsimi, A. (2006). metodelogi Penelitian. Yogyakarta: Bina Aksara, 955–978.

Downloads

Published

2023-11-03