Etika Mahasiswa dan Ideologi Liberalisme: Apakah Nilai-nilai Liberal Memengaruhi Pilihan dan Aksi Mahasiswa?
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v7i2.5608Abstract
Abstrak
Penelitian ini mengkaji hubungan etika mahasiswa dengan konsep liberalisme serta dampaknya terhadap keputusan dan tindakan mahasiswa. Pertanyaan utama yang diteliti adalah apakah nilai-nilai otonomi mempengaruhi perilaku dan keputusan mahasiswa di perguruan tinggi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian normatif. Temuan dari penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa yang dihadapkan pada gagasan liberalisme seringkali memuat nilai-nilai seperti kebebasan individu, pluralisme, dan hak asasi manusia. Nilai-nilai tersebut akan mempengaruhi keputusan dan tindakan mereka dalam masyarakat. Mahasiswa yang menganut paham ideologi liberal cenderung lebih terbuka terhadap ide-ide dan gagasan dan lebih sering berpartisipasi dalam kegiatan sosial untuk mendukung hak-hak minoritas dan isu-isu sosial. Namun penelitian ini juga mengungkap perbedaan dalam pemikiran dan etika mahasiswa berdasarkan latar belakang politik dan sosialnya Mahasiswa dari latar belakang yang beragam mungkin memiliki gagasan berbeda tentang konsep ideologi liberalisme. Selain itu, sebagian responden merasa ideologi liberalisme dapat menimbulkan ketidakselarasan dengan dasar negara Indonesia, yaitu Pancasila. Penelitian ini memiliki implikasi penting dalam konteks pendidikan tinggi, khususnya dalam desain kurikulum yang mencakup pemahaman yang lebih baik tentang berbagai konsep dan prinsip. Selain itu, hasil penelitian ini dapat membantu untuk memahami dinamika politik dan bagaimana ideologi liberalisme dapat mempengaruhi perilaku mahasiswa dalam konteks politik dan sosial yang lebih luas. Singkatnya, penelitian ini memperkuat pemahaman tentang hubungan kompleks antara etika mahasiswa dan ideologi liberalisme serta bagaimana hal tersebut memengaruhi keputusan dan tindakan mereka.
Kata Kunci: Etika, Liberalisme, Mahasiswa
References
DAFTAR PUSTAKA
Abubakar, I. Toleransi Pancasila, Hak-Hak Individu Dan Kepentingan Komunal: Menimbang Perspektif Kaum Muda Muslim Milineal. JURNAL MAJELIS, 1.
Achmad, Z. A. (2014). Perbandingan Sistem Pers. Lutfansah Mediat.
Ethridge, M. E., & Handelman, H. (2016). Politik Dalam Dunia yang Berubah. Nusamedia.
Mulawarman, A. D. (2012). Pendidikan Akuntansi Indonesia: Pro Neoliberal atau Pancasila. Prosiding Konferensi Nasional Pendidikan Akuntansi Indonesia, Jurusan Akuntansi FEB Universitas Brawijaya & IAI KAPd.
Muthohar, A., & Ed Saleh, K. (2021). Peta Paradigma Pendidikan Islam: Ikhtiar Memudahkan Mahasiswa dalam Kajian Pemikiran Pendidikan Islam.
Nasrullah, A. (2019). Pendidikan Islam Dan Perubahan Sosial. Pengantar Redaksi, 11.
Nopiardi, N. (2019). Analisis Semiotika Terhadap Nilai-Nilai Ideologi Dalam Film Headshot (Film Aksi)(Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).
Qodir, Z. (2010). Islam Liberal; Varian-varian Liberalisme Islam di Indonesia 1991-2002. Lkis Pelangi Aksara.
Rachman, B. M. (2010). Argumen Islam untuk liberalisme. Grasindo.
Saepulloh, H. A., & HA Rusdiana, M. M. Ilmu Sosial Dan Budaya Dasar: Dasar-dasar Pengetahuan Sosial dan Konsep-konsep Budaya. Penerbit Batic Press.
Silitonga, T. B. (2020). Tantangan globalisasi, peran negara, dan implikasinya terhadap aktualisasi nilai-nilai ideologi negara. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 17(1), 15-28.
Subagyo, A. (2020). Aplikasi Metode Riset: Praktik Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan Mix Methods. Inteligensia Media.
Surbakti, R. (1992). Memahami ilmu politik. Grasindo.
Syafitri, L. A., Amin, M., & Fathurrohman, I. (2022). Implementasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Pembentukan Karakter Religius Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam Iain Curup(Doctoral dissertation, IAIN Curup).
Tahir, M. (2006). Pencarian Otentisitas Islam Liberal Di Indonesia. Ulumuna, 10(1), 121-154.
Yustati, H. (2015). Konsumsi dalam Perspektif Ekonomi Islam (Regresi Religiusitas terhadap Konsumerisme pada Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta). Jurnal Indo-Islamika, 5(1), 25-50.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Diva Ananta Syofian, Gracia Suha Ma'rifa, Maria Jessica Lauretta Gunawan, Sarazatin Ananda Muslih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.










