Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Dalam Mengembangkan Moral Siswa Berlandaskan Nilai Nilai Pancasila

Authors

  • Latifah Universitas PGRI Semarang
  • Rosalina Ginting Universitas PGRI Semarang
  • Supriyono Purwosaputro Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v7i2.5626

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru PPKn dalam mengembangkan moral siswa berlandaskan nilai-nilai Pancasila di SMP N 1 Karangjambu. Latar belakang dari penelitian yaitu adanya permasalahan yang timbul dari moral siswa, dan kurangnya penerapan nilai-nilai pancasila dari siswa dilingkungan sekolah. Rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana peran guru PPKn dalam mengembangkan moral siswa berlandaskan nilai-nilai pancasila. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana peran guru PPKn dalam mengembangkan moral siswa dengan berlandaskan nilai-nilai pancasila di SMP N 1 Karangjambu.Dari penelitian ini mendapatkan hasil bahwasanya guru PPKn dalam menjalankan perananya yaitu 1)Guru PPKn sebagai pendidik guru memaksimalkan dalam memberikan materi dan melakukan kebiasaan-kebiasaan yang dapat menunjang moral siswa baik didalam kelas maupun diluar kelas. 2)Guru PPKn sebagai teladan yaitu menjadi teladan dan contoh baik yang dapat menunjang perubahan karakter dan perilaku siswa.3)Guru PPKn sebagai motivator dalam mengembangkan moral siswa,dalam hal ini bentuk usaha yang diberikan oleh guru yaitu memahami apa yang siswa butuhkan dan menjalin komunikasi secara baik dengan siswa untuk mendorog siswa agar memiliki moal yang baik. Bentuk peran yang diberikan oleh guru dengan menerapkan nilai- nilai pancasila bagi siswa tidak tidak hanya dalam ruang kelas saja, namun yang terpenting adalah bagaimana cara siswa dapat menanamkan nilai-nilai pancasila dalam diri siswa itu sendiri.Munculnya faktor ekternal sepertih pengaruh dari lingkungan dan factor internal dari diri siswa itu sendiri ini menjadi kendala yang harus diperhatikan oleh guru dan sekolah. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi kendala yang muncul dengan melakukan hubungan yang baik antara siswa, orangtua,dan pihak sekolah dan selalu mengevaluasi perkembangan moral dari peserta didiknya.

Kata Kunci: Peran Guru PPKn, Pengembangan Moral, Nilai-nilai Pancasila

 

Abstract

This research aims to describe the role of PPKn teachers in developing student morals based on Pancasila values ​​at SMP N 1 Karangjambu. The background of the research is that there are problems arising from student morals, and the lack of application of Pancasila values ​​by students in the school environment. The formulation of the problem raised in this research is the role of PPKn teachers in developing student morals based on Pancasila values. The purpose of this research is to find out the role of PPKn teachers in developing student morals based on Pancasila values ​​at SMP N 1 Karangjambu. habits that can support student morale both in the classroom and outside the classroom. 2) PPKn teachers as role models, namely being role models and good examples that can support changes in students' character and behavior. 3) PPKn teachers as motivators in developing students' morals, in this case the form of effort provided by the teacher is understanding what students need and establishing communication well with students to encourage students to have good morals. The form of role given by teachers by applying Pancasila values ​​to students is not only in the classroom, but the most important thing is how students can instill Pancasila values ​​in the students themselves. The emergence of external factors such as the influence of the environment and environmental factors. This internal aspect of the students themselves is an obstacle that teachers and schools must pay attention to. Efforts can be made to overcome the obstacles that arise by establishing good relationships between students, parents and the school and always evaluating the moral development of students.

Keywords: Role of PPKn Teachers, Moral Development, Pancasila Values

References

DAFTAR PUSTAKA

Affandi, Hernadi. (2020).Pancasila Eksistensi dan Aktualisasi. Yogyakarta. ANDI

Faiz, Aiman dan Purwati. (2022). Peran Guru dalam Pendidikan Moral Dan Karakter. Jurnal Education and Develotmen. Vol. 10 No. 2

Harahap, Riswandi dkk. (2023). Peranan Guru PKN Dalam Meningkatkan Etika dan Moral Siswa di Kelas VIII SMP Negeri 2 Padangsidimpuan. Vol 2 No. 1 E.ISSN. 2964-9102

Hudi, Ilham. (2017). Pengaruh Pengetahuan Moral Terhadap Perilaku Moral Pada Siswa SMP Negeri Kota Pekan Baru Berdasarkan Pendidikan Orangtua. Jurnal Moral Kemasyarakatan. Vol.2 No.1

Irawati, Indri & Suharningsih. (2015). Peran Guru PPKn Dalam Mengembangkan Moral Siswa di SMP Negeri 1 Kota Mojokerto. Jurnal Kajian Moral dan Kewarganegaraan. Vol. 2 No. 3 621-635

Kaelan. (2016). Pendidikan Pancasila. Yogyakarta: Paradigma

Kuswandi, Iwan. (2020). Tahapan Pengembangan Moral:Perspektif Barat dan Islam. Jurnal Ar- Risalah Media Keislaman, Pendidikan dan Hukum Islam. Vol. XVIII No.1

Novianti, Erni dkk. (2020). Peran Guru PPKn Sebagai Evaluator Dalam Meningkatkan Displin Bealajar Siswa. Jurnal Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan. Vol. 5 No. 2

Prakoso, Yanuar dan Wijaya, (2022). Kompetensi Guru PPKn Dalam Mengembangkan Karakter Disiplin dan Sopan Santun. Jurnal Kajian Moral dan Kewarganegaraan. Vol. 10 No.2

Ruslam & Musbang. (2023). Eksplorasi Peran Pendidikan Islam Dalam Pengembangan Moral: Kajian Pustaka. Jurnal Sinestesia. Vol. 13 No. 1

Sudirman. (2021). Mewujudkan Guru PPKn yang Ideal Melalui Pengembangan Kualitas Pengembangan Kepribadian. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan. Vol. 10, No.01

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta, CV

Ulfa, Maria. (2017). Urgensi Pendidikan Moral dan Keimanan pada Anak Dalam Keluarga. Skripsi IAIN Metro.

Undang-Undang No.14 Tahun 2005 Tentang “Guru dan Dosen”

Downloads

Published

2023-11-30