Proses Penentuan Pembiayaan dan Pendapatan Berbasis Anggaran Pesantren pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Ma’had Aly Ta’mirul Islam Surakarta

Authors

  • Ridwan Yacob Universitas Islam Negri Raden Mas Said Surakarta
  • Yusup Rohmadi Universitas Islam Negri Raden Mas Said Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v7i2.5649

Abstract

Abstrak

Penelitian ini mendeskripsikan praktek pembiayaan dan pendanaan yang ada pada Ma’had Aly Ta’mirul Islam Surakarta dengan melihat SPP/UKT mahasiswanya. Beberapa menejemen pembiayaan dan pendanaan yang ada pada Ma’had Aly Ta’mirul Islam serta pengelolaannya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah pendapatan, pendanaan dan pembiayaan Ma’had Aly Ta;mirul Islam diperoleh dari dana kemenag, UKT/SPP mahasiswa dan dana anggaran pondok pesantren pendiri/asal. Pada pendanaan pokoknya, Ma’had Aly Ta’mirul Islam bersumber pada anggaran pondok pendiri yang diperoleh dari unit usaha dan sumber daya pribadi yang dikelola secara mandiri. Ma’had Aly memiliki beberapa unit usaha yang menjadi sumber daya dan pendanaan oprasional Ma’had Aly tersebut. Beberapa unit usaha tersebut sudah menjadi beberapa pokok sumber daya yang cukup untuk pendanaan dan oprasional Ma’had Aly. Namun, pada dasarnya unit usaha itu merupakan sumber daya yang masih menjadi milik pondok asal/pondok pendiri sehingga Ma’had Aly hanya berhak mengajukan anggaran dan melaporkannya setiap bulannya. Sumber daya ini sudah dikelola secara mandiri, namun belum mnejadi baik karena menejemen pengelolaan sumber daya dan pendanaan Ma’had Aly seharusnya dikelola secara pribadi dan mandiri tidak ikut dalam anggaran dana pondok pesantren asal/pendiri.

Kata Kunci: Ma’had Aly, Sumber Daya, Pendanaan dan Pembiayaan

References

REFERENCES

Darmawan, Deni. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Arham, Sarifuddin. 2019. “Ketersediaan Sarana Dan Prasarana Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di SMA Negeri 3 Makassar.” Celebes Education Review 1(1).

Badriyatul Fitri, Ulfah Nurul, M Fatkhurrahman Nur Jamil Latief, Iqbal Bukhori, and Ara Hidayat. 2021. “Manajemen Pembiayaan Pendidikan Berbasis Koperasi Pondok Pesantren.” TADBIR MUWAHHID 5(1).

Ekowati, Endang Tri, Sunandar Sunandar, and Ngurah Ayu Nyoman Murniati. 2020. “Manajemen Pembiayaan Pendidikan Di Sekolah Dasar Islam Ar Rahmah Kecamatan SuruH.” Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP) 8(1).

Gufron, Iffan Ahmad. 2019. “Santri Dan Nasionalisme.” Islamic Insights Journal 1(1).

Hidayat, Ara, and Rizka Dwi Seftiani. 2019. “Strategi Pengembangan Kurikulum Dan Sarana Prasarana Ma’had Aly Pondok Quran Bandung.” Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 3(2).

Isnaini, Nurul, Fizian Yahya, and Muhammad Sabri. 2021. “Peran Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di MI NW 1 Kembang Kerang.” Jurnal Manajemen dan Budaya 1(1).

Kurniady, Dedy Achmad, Linda Setiawati, and Siti Nurlatifah. 2018. “Manajemen Pembiayaan Pendidikan Terhadap Mutu Sekolah Menengah Kejuruan.” Jurnal Penelitian Pendidikan 17(3).

Maesaroh, Nenden, and Yani Achdiani. 2018. “Tugas Dan Fungsi Pesantren Di Era Modern.” Sosietas 7(1).

Napu & Supiah. 2019. “Proses Pengambilan Keputusan Strategik Dalam Penyusunan Anggaran Di IAIN Sultan Amai Gorontalo.” Jurnal Pendidikan Islam 2(1).

Rahmadoni, Jefril. 2018. “Isu Global Manajemen Pembiayaan Pendidikan Di Sd Indonesian Creative School Pekanbaru.” JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan) 3(2).

Sri Mulyani. 2020. “ANALISIS Manajemen Pembiayaan Pada Bank Syariah.” An-Nisbah: Jurnal Perbankan Syariah 1(2).

Utami, Rizki. 2021. “Implementasi Manajemen Pembiayaan Pendidikan Di MTs. Al-Manar Nurul Iman Sidamanik.” Continuous Education: Journal of Science and Research 2(1).

W. P, Ferdi. 2013. “Pembiayaan Pendidikan: Suatu Kajian Teoritis.” Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 19(4).

Downloads

Published

2023-12-06