Faktor Penghambat Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PPKn di SMA Negeri 1 Popayato Kabupaten Pohuwato

Authors

  • Nurjanah Mustafa Ilahude Universitas Negeri Gorontalo
  • Asmun Wantu Universitas Negeri Gorontalo
  • Roni Lukum Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v7i2.5702

Abstract

Abstrak

Motivasi belajar merupakan faktor yang sangat penting dalam proses belajar. Motivasi adalah kekuatan internal atau dorongan yang mendorong seseorang untuk memulai, menjaga, dan menyelesaikan suatu tindakan atau tujuan tertentu. Dalam konteks belajar, motivasi menjadi pendorong individu untuk aktif mengambil bagian dalam proses pembelajaran, mengatasi hambatan, dan mencapai tujuan akademis atau keterampilan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang menghambat motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) di SMA Negeri 1 Popayato, Kabupaten Pohuwato. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus, dan data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara. Data yang dianalisis terdiri dari sumber primer dan sekunder. Temuan penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor penghambat motivasi belajar siswa dapat dikategorikan dalam tiga dimensi utama. Pertama, metode mengajar memiliki peran kunci, dengan variasi pendekatan pengajaran yang monoton atau tradisional tanpa pemanfaatan teknologi menjadi penghambat utama motivasi siswa. Kedua, kondisi ruang belajar, seperti keterbatasan fasilitas atau suasana yang tidak kondusif, juga dapat mempengaruhi kenyamanan dan konsentrasi siswa. Ketiga, hubungan antara guru dan siswa memiliki dampak signifikan, di mana hubungan positif dan komunikasi efektif dapat meningkatkan motivasi, sementara hambatan dalam komunikasi atau hubungan yang kurang baik dapat menjadi penghambat motivasi belajar siswa.

Kata Kunci: Motivasi Belajar, Siswa, SMAN 1 Popayato

References

DAFTAR PUSTAKA

Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80.

Astie (2011) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Pegawai Di Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Bangka Tengah. Universitas Terbuka.

Bilgah, B. (2018). Pengaruh Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Dinas Perhubungan Kota Depok. Cakrawala: Jurnal Humaniora Bina Sarana Informatika, 18(1), 117-121.

Festiawan, R. (2020). Belajar dan pendekatan pembelajaran. Universitas Jenderal Soedirman, 1–17.

Fitri, M. (2020). The Influence of Emergency Remote Learning to Look at Early Childhood Learning Motivation. Child Education Journal, 2(2), 68–82. /

Latare, S., & Sahi, Y. (2022). Sociological Studies: The Meaning of The Garuda Pancasila Symbol as A Medium To Prevent Radicalism in Early Childhood. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 707-711.

Mulyana, Aina. 2012. Motivasi Belajar Siswa, Pengertian Bentuk dan Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa” http://ainamulyana.blogspot.com/2012/02/motivasi-belajar.html?m=1. Tanggal 30 Oktober 2018, pukul 10.48 Wita.

Mushawwir, T. A., & Nurul, M. (2015). Hubungan Gaya Belajar dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tanete Rilau. Garuda, 16(1–8), 138–142. https://doi.org/10.1016/j.agrformet.2007.11.012

Nurrita. (2018). Kata Kunci : Media Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 03, 171–187.

Priansa, D. (2016). Perencanaan Pembangunan Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta.

Retno Utari. (1942). Taksonomi bloom. 1–13.

Rosniati. (2014). Penghambat Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi di SMA Negeri 7 Pinrang.

Sahi, Y., Kamuli, S., & Djaafar, L. (2023). Criminological Review Of Commercial Sex Workers Regarding The Misuse Of Michat And Prevention Efforts In The City Of Gorontalo. Jurnal Kewarganegaraan, 7(1), 1140-1147.

Setiawati, S. M. (2018). Telaah Teoritis: Apa Itu Belajar? Jurnal Bimbingan Dan Konseling FKIP UNIPA, 35(1), 31–46.

Somayana, W. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Metode PAKEM. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(3), 350–361. https://doi.org/10.36418/japendi.v1i3.33

Uno, Hamzah B. 2015. Teori Motivasi & Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Downloads

Published

2023-12-14