Perencanaan Visual Buku Ilustrasi Tentang Pengenalan Cara Merawat Gigi yang Baik dan Benar Kepada Anak-anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v7i2.5812Abstract
Abstrak
Perawatan kesehatan gigi pada anak-anak usia dini berperan penting dalam menjaga kesehatan gigi mereka hingga dewasa. Masalah kesehatan gigi yang sering diabaikan pada anak-anak bisa memiliki konsekuensi yang sangat serius dalam jangka panjang. Ketika perawatan gigi anak-anak diabaikan, ini dapat mengakibatkan masalah yang lebih kompleks di masa depan, seperti kerusakan gigi permanen, infeksi gigi, gangguan pertumbuhan rahang, dan bahkan masalah kesehatan umum seperti gangguan pencernaan akibat kesulitan dalam mengunyah makanan. Penelitian ini bertujuan merancang buku ilustrasi yang komprehensif dan informatif mengenai perawatan kesehatan gigi anak-anak. Fokusnya adalah mengintegrasikan konsep dan ide dengan langkah-langkah praktis dalam proses kreatif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data melibatkan wawancara dengan dokter gigi dan ilustrator, serta kajian literatur untuk membangun dasar teoretis dan konteks proyek. Hasil penelitian menunjukkan buku ilustrasi ini yang elemen visual, penataan layout yang menekankan tata letak yang teratur, serta penggunaan font "Crayon Kids" bisa meningkatkan pengalaman membaca yang menarik dan menyenangkan bagi anak-anak. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat membantu mendidik anak-anak tentang pentingnya perawatan gigi.
Kata Kunci: Kesehatan Gigi, Anak-Anak, Buku Ilustrasi, Wawancara
References
DAFTAR PUSTAKA
Agustini, D. (2020). Peranan Lagu Anak-Anak Sebagai Media Persuasif Untuk Mempengaruhi Perilaku Positif Anak Usia Dini Di Kota Surakarta. Lisyabab : Jurnal Studi Islam Dan Sosial, 1(1), 25–46. https://doi.org/10.58326/jurnallisyabab.v1i1.13
Apriliani, S. P., & Radia, E. H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 994–1003. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.492
Apsari, D., & Guna Putra, W. T. (2021). Memahami Ekspresi Emosional Melalui Bahasa Visual Dalam Buku Cergam Anak “Little Grey.” DEMANDIA: Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain Dan Periklanan, 6(1), 1–25. https://doi.org/10.25124/demandia.v6i1.2743
Arief, M. M. (2021). Media Pembelajaran Ipa Di Sd/Mi (Tujuan Penggunaan, Fungsi, Prinsip Pemilihan, Penggunaan, Dan Jenis Media Pembelajaran). Jurnal Tarbiyah Darussalam, 5(8), 13–28.
Crall, J. J., & Vujicic, M. (2020). Children’s oral health: Progress, policy development, and priorities for continued improvement. Health Affairs, 39(10), 1762–1769. https://doi.org/10.1377/hlthaff.2020.00799
Dewi, N., Oktiani, B. W., Diana, S., P, H. R. P., & Dewi, A. (2023). Peningkatan Pola Hidup Sehat untuk Gigi yang Sehat melalui Penyuluhan dan Pelatihan Teknik Menyikat Gigi di Pendidikan Anak Usia Dini Islam Terpadu ( PAUDIT ) Nurul Fikri Banjarmasin. Jurnal Pengabdian ILUNG: Inovasi Lahan Basah Unggul, 3(2), 282–289.
Gkintoni, E., Meintani, P. M., & Dimakos, I. (2021). Neurocognitive and Emotional Parameters in Learning and Educational Process. ICERI2021 Proceedings, 1(November), 2588–2599. https://doi.org/10.21125/iceri.2021.0659
Hidayati, N. N. (2019). Storytelling: One Package Learning in Improving Language Skill and Implanting Character Education on Children Niswatin. Edukasi, 7(2), 192–211.
Inchingolo, A. M., Patano, A., Di Pede, C., Inchingolo, A. D., Palmieri, G., de Ruvo, E., Campanelli, M., Buongiorno, S., Carpentiere, V., Piras, F., Settanni, V., Viapiano, F., Hazballa, D., Rapone, B., Mancini, A., Di Venere, D., Inchingolo, F., Fatone, M. C., Palermo, A., … Malcangi, G. (2023). Autologous Tooth Graft: Innovative Biomaterial for Bone Regeneration. Tooth Transformer® and the Role of Microbiota in Regenerative Dentistry. A Systematic Review. Journal of Functional Biomaterials, 14(3). https://doi.org/10.3390/jfb14030132
Jurczak, A., Jamka-Kasprzyk, M., Bębenek, Z., Staszczyk, M., Jagielski, P., Kościelniak, D., Gregorczyk-Maga, I., Kołodziej, I., Kępisty, M., Kukurba-Setkowicz, M., Bryll, A., & Krzyściak, W. (2020). Differences in sweet taste perception and its association with the streptococcus mutans cariogenic profile in preschool children with caries. Nutrients, 12(9), 1–23. https://doi.org/10.3390/nu12092592
Noviadji, B. R., & Angga, H. (2021). Perancangan buku ilustrasi sebagai media pengenalan bidang keilmuan desain. Jurnal Desain, 8(2), 103–121.
Rahayu, A. S., & Sakti, C. S. B. (2019). Perancangan Ilustrasi Pada “Gigiku Sehat Dan Kuat” Sebagai Pengetahuan Anak Usia 4-6 Tahun. Pantarei, 3(3), 1–8. https://jom.fikom.budiluhur.ac.id/index.php/Pantarei/article/view/416%0Ahttps://jom.fikom.budiluhur.ac.id/index.php/Pantarei/article/download/416/322
Witabora, J. (2012). Peran dan Perkembangan Ilustrasi. Humaniora, 3(2), 659. https://doi.org/10.21512/humaniora.v3i2.3410
Zolfaghari, M., Shirmohammadi, M., Shahhosseini, H., Mokhtaran, M., & Mohebbi, S. Z. (2021). Development and evaluation of a gamified smart phone mobile health application for oral health promotion in early childhood: a randomized controlled trial. BMC Oral Health, 21(1), 1–9. https://doi.org/10.1186/s12903-020-01374-2
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jessy Clarissa, Rafael Jonathan, Andreana Lingga Sekarasri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.