Analisis Faktor-faktor yang Berdampak pada Jumlah Kunjungan Wisatawan Nusantara

Authors

  • Dian Meliantari Universitas Dian Nusantara
  • Ari Apriani Universitas Dian Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v8i1.5980

Abstract

Abstract

Service marketing, especially in the tourism sector, began to wriggle, marked by the number of tourist attractions that have sprung up with their own charm, which of course makes competition tighter. It turns out that this new tourist spot is not necessarily visited by many people, that's why managers must be smart to develop strategies to attract visitors to come. Almost every region in Indonesia has tourist attractions with a variety of tourist attractions to lodging accommodations that compete to attract local tourists there. This study aims to see and determine the impact of jurbab tourist destinations, tourist destinations and hotel occupancy rates on Indonesian tourist visits. The method used is a quantitative method with the use of data from BPS. Further analyzed by multiple linear regression with SPSS 26. As a result, tourist destinations, tourist destinations and hotel occupancy rates partially have a significant effect on Indonesian tourist visits. Simultaneously tourist destinations, tourist destinations and hotel occupancy rates have a significant effect on Indonesian tourist visits.

Keywords: Tourist Destinations, Tourist Destinations, Hotel Occupancy Rates, Tourist Visits, Domestic Tourists

 

Abstrak

Pemasaran jasa khususnya di sektor pariwisata mulai bergeliat, ditandai dengan banyaknya tempat wisata yang bermunculan dengan daya tariknya tersendiri, yang tentu saja membuat persaingan semakin ketat. Ternyata tidak serta merta tempat wisata baru ini banyak dikunjungi orang karena itulah pengelola harus pintar Menyusun strategi untuk menggaet pengunjung datang. Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki tempat wisata dengan beragam daya tarik wisata hingga akomodasi penginapan yang berlomba menarik minat wisatawan lokal kesana. Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan mengetahui dampak jurbab daerah tujuan wisata, destinasi wisata dan tingkat hunian hotel terhadap kunjungan wisatawan Nusantara. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan penggunaan data dari BPS. Selanjutnya dianalisis dengan regresi linier berganda dengan SPSS 26. Hasilnya, Daerah tujuan wisata, Destinasi wisata dan Tingkat hunian hotel secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Kunjungan wisatawan Nusantara. Secara simultan daerah tujuan wisata, destinasi wisata dan Tingkat hunian hotel berpengaruh signifikan terhadap kunjungan wisatawan Nusantara.

Kata Kunci: Daerah Tujuan Wisata, Destinasi Wisata, Tingkat Hunian Hotel, Kunjungan Wisatawan, Wisatawan Nusantara

References

DAFTAR PUSTAKA

Andina, SA & Aliyah, I. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Wisatawan Dalam Mengunjungi Wisata Budaya Candi Borobudur. Cakra Wisata, 22(1).

Apriliyanti, E. et al. (2020). Pengaruh daya tarik wisata, citra destinasi dan sarana wisata terhadap kepuasan wisatawan citra niaga sebagai pusat cerminan budaya khas kota Samarinda. Jurnal Manajemen, 12(1).

BPS. (2023). Perkembangan Pariwisata September 2023. Bps.Go.Id.

Bujung, F. E. et al. (2019). Pengaruh Jumlah Kunjungan Wisatawan Dan Tingkat Hunian Hotel Terhadap Penerimaan Sektor Pariwisata Sulawesi Utara. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 19(3).

Darma, B. (2022). Statistika Penelitian Menggunakan SPSS. Guepedia.

Falery E.B et al. (2019). Pengaruh Jumlah Kunjungan Wisatawan Dan Tingkat Hunian Hotel Terhadap Penerimaan Sektor Pariwisata Sulawesi Utara. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 19(3).

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hikmah & Nurdin. (2021). Pemasaran Pariwisata (1st ed.). Penerbit NEM.

Kemenparekraf. (2022). Indeks Kinerja Pariwisata Indonesia Raih Peringkat 32 Besar Dunia Menurut WEF. Kemenparekraf.Go.Id.

Kusumatrisna, A. et al. (2023). Statistik Wisatawan Nusantara. Badan Pusat Statistik.

Meliantari D. (2022). Manajemen Pemasaran (Buku Ajar). Uwais.

Ovan & Saputra. (2020). Cami: Aplikasi Uji Validitas dan Reabilitas Instrumen Penelitian Berbasis Web. Yayasan Ahmar Cendikia Indonesia.

Raharjo, E. et al. (2023). Pengaruh Pembangunan Infrastruktur Transportasi dalam Mendukung Kunjungan Wisatawan Mancanegara di Provinsi Bali. Jurnal Teknologi Transportasi Dan Logistik, 4(1).

RS Fadhila N Rahmini. (2019). Pengaruh Jumlah Kunjungan Wisatawan, Tingkat Hunian Hotel, Lama Menginap Wisatawan Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Provinsi Kalimantan Selatan. JIEP: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Pembangunan, 2(1).

Rustam, Y. (2022). Analisa Daya Tarik Wisata terhadap Minat Kunjungan Wisatawan di Pantai Pasir Mayang Kabupaten Paser. Jurnal Administrasi Bisnis, 10(3).

Sugiarto, A. et al. (2023). Pengantar dan Teori Destinasi Wisata (1st ed.). Eureka Media Aksara.

Sungkawati E, Meliantari D, Egim AS, M. M. (2022). Perilaku Konsumen (Suatu Pengantar). Eureka Media Aksara.

Susianto B et al. (2022). Pengaruh Daya Tarik Wisata dan Amenitas Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Pada Desa Wisata Kabupaten Kerinci. JIMT, 3(6).

Victor F. Pasalbessy. (2019). Analisis Jumlah Tempat Wisata Terhadap Jumlah Kunjungan Wisatawan di Provinsi Papua. JEB, 10(1).

Yulianto, A., Putri EDH, W. D. (2022). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Jumlah Kunjungan Wisatawan Dan Tingkat Hunian Kamar Hotel D.I. Yogyakarta. Jurnal Pariwisata, 9(1).

Yulianto, A & Mayasari, C. . (2021). Hubungan Jumlah Objek Wisata, Hotel Dan Biro Perjalanan Dengan Jumlah Wisatawae KE D.I.Y. Jurnal Pariwisata, 8(2).

Downloads

Published

2024-02-27

Issue

Section

Articles