The Link of Amenities, Accessibility and Ancillary with the Selection of Tourist Destinations

Authors

  • Dian Meliantari Universitas Dian Nusantara
  • Ari Apriani Universitas Dian Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v8i1.6003

Abstract

Abstract

Service Tourist attractions are very important in the tourism industry.  Marketing of tourism services is very dependent on the state of tourist attractions There are also many attractions that are empty of visitors. There are several factors that cause tourist destinations not to be chosen by tourists, including amenities or facilities and infrastructure that are less complete and attractive.  Accessibility to locations is difficult to reach by transportation and anxiliaria or unprofessional managers. So this study was conducted to analyze these factors whether they really affect the selection of tourist destinations. The method used is a quantitative method with the use of data from BPS. Further analyzed by multiple linear regression with SPSS 26. As a result, partial amenities have a significant effect and on the selection of tourist destinations. Accessibility does not have a significant effect on the selection of tourist destinations. Ansilari has a significant influence on the selection of tourist destinations.  Simultaneously, amenity, accessibility and anxiety have a significant effect on the selection of tourist destinations. 

Keywords:  Amenity, Accessibility, Ancillary, Tourist Destination, Destination

 

Abstrak

Objek wisata merupakan hal yang sangat penting dalam industry pariwisata.  Pemasaran jasa pariwisata ini sangat tergantung dengan keadaan objek wisata Banyak juga objek wisata yang sepi pengunjung. Ada beberapa faktor yang menyebabkan tujuan wisata tidak dipilih oleh wisatawan, antara lain amenitas atau sarana dan prasarana yang kurang lengkap dan menarik.  Aksesibilitas menuju lokasi  sulit dijangkau oleh transportasi dan ansilari  atau pengelola yang tidak professional. Sehingga penelitian ini dilakukan guna menganalisis faktor-faktor tersebut apakah benar berpengaruh  terhadap pemilihan tujuan wisata. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan penggunaan data dari BPS. Selanjutnya dianalisis dengan regresi linier berganda dengan SPSS 26. Hasilnya,   amenitas secara parsial  berpengaruh signifikan  dan terhadap pemilihan tujuan wisata. Aksesibilitas  tidak berpengaruh signifikan terhadap pemilihan tujuan wisata. Ansilari berpengaruh signifikan terhadap pemilihan tujuan wisata.  Secara simultan amenitas, aksesibilitas dan ansilari berpengaruh signifikan terhadap pemilihan tujuan wisata. 

Kata Kunci: Amenitas, Aksesibilitas, Ansilari, Tujuan Wisata, Destinasi.

References

DAFTAR PUSTAKA

AB, N. (2022). Pengaruh Attraction, Amenites, Accessibilities, Infrastructure Terhadap Kepuasan Pengunjung ke Tempat Wisata Taman Oval Markoni. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Bisnis Islam, 4(2).

Adif, R. M., Putra, A. M. E., & Afrida, Y. (2023). Pengaruh Atraksi Wisata, Amenitas, dan Aksebilitas terhadap Kepuasan Wisatawan di Kawasan Goa Batu Kapal. Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis, 5(1).

Anju Pasaribu et al. (2023). Pengaruh Atraksi, Aksesibilitas, Amenitas Terhadap Minat Kunjungan Wisatawan di Objek Wisata Taman Eden 100. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 17(1).

BPS. (2023). Statistik Objek Daya Tarik Wisata. BPS.

Clarissa Yohana Natalia et al. (2020). Pengaruh Aksesibilitas Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Wisatawan Ke Broken Beach dan Angel’s Billabong. Jurnal IPTA (Industri Perjalanan Wisata), 8(1).

Darma, B. (2022). Statistika Penelitian Menggunakan SPSS. Guepedia.

Fandu P, Rahmat H, W. S. (2019). Analisis Preferensi Konsumen Dalam Memilih Tujuan Wisata (Studi Kasus Pada Konsumen Travel Gumbira Wana Indonesia 2019). E-Proceeding of Applied Science, 5(2).

Ghiffari Herlambang et al. (2019). Faktor Yang Mempengaruhi Intensi Pengunjung Dalam Memilih Destinasi Wisata (Studi Kasus PT Nilai ABG, Jakarta). Indonesia Bisnis Review, 2(2).

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hardani, dkk. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Pustaka Ilmu.

Hasanah Hikmatul et al. (2023). Pengaruh Aksesibilitas, Amenitas, dan Citra Destinasi terhadap Kunjungan ke Kawasan Taman Purbakala Bukit Siguntang di Kota Palembang. Jurnal Bisnis Dan Manajemen (JURBISMAN), 1(3).

Hikmah & Nurdin. (2021). Pemasaran Pariwisata (1st ed.). Penerbit NEM.

Juliano, H. et al. (2022). Pengaruh Atraksi, Amenitas, dan Aksesibilitas terhadap Kepuasan Pengunjung di Camping Ground Gayatri Citeko. Jurnal Manajemen Perhotelan Dan Pariwisata, 5(3).

Junianto Mahmud. (2023). Analisis Kepuasan Wisatawan Curup Bedegung Ditinjau Melalui Komponen 4A (Atraksi, Amenitas, Aksesibilitas, dan Ancilary). Jurnal Hospitality Dan Pariwisata, 9(2).

Meliantari D. (2022). Manajemen Pemasaran (Buku Ajar). Uwais.

Nabila Fairuuz et al. (2022). Peranan Jumlah Wisatawan Asing, Nilai Tukar, dan PMDN dalam Sektor Pariwisata terhadap Pendapatan Devisa Pariwisata Indonesia. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 3(4).

Ningtiyas, E. et al. (2021). Analisis Pengaruh Attraction Accessibility Amenity, Amcillary Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan Melalui Loyalitas Wisatawan Sebagai Variabel Mediasi. Media Wisata, 19(1).

Ovan & Saputra. (2020). Cami: Aplikasi Uji Validitas dan Reabilitas Instrumen Penelitian Berbasis Web. Yayasan Ahmar Cendikia Indonesia.

Pasaribu, AP & Ismayuni, T. (2023). : Pengaruh Atraksi, Aksesibilitas, Amenitas Terhadap Minat Kunjungan Wisatawan di Objek Wisata Taman Eden 100. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 17(1).

Prastiani, N & Pratiwi, R. (2020). Promosi dan pemasaran pariwisata objek wisata Tirta Sinongko dalam upaya menarik wisatawan. Jurnal PRofesi Humas, 5(1).

Putri, O. dan, & Andriana, A. (2021). Analisis Atraksi Amenitas dan Aksesibilitas Dalam Meningkatkan Kepuasan Wisatawan (Studi Kasus Pantai Biru Kersik Marangkayu Kabupaten Kutai Kertanegara). Jurnal Kajian Dan Terapan Pariwisata (JKTP), 2(1).

Ramadhan, S. . et al. (2022). Novita Prastiani, Rhesa Zuhriya Pratiwi. Khasanah Ilmu: Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 13(1).

Saway, W. et al. (2021). Dampak Atraksi, Amenitas dan Aksesibilitas Pantai Pasir Putih Kabupaten Manokwari Terhadap Kepuasan Wisatawan Berkunjung. Jurnal Ilmiah Pariwisata Dan Budaya, 6(1).

Suci A Ramadhani et al. (2021). Analisis Pengaruh Atraksi Wisata, dan Ancillary Service terhadap Minat Kunjung Ulang pada Objek Wisata Bukit Siguntang. Jurnal Terapan Ilmu Ekonomi, Manajemen Dan Bisnis, 1(3).

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Penerbit Alfabeta.

Sungkawati E, Meliantari D, Egim AS, M. M. (2022). Perilaku Konsumen (Suatu Pengantar). Eureka Media Aksara.

Susianto B et al. (2022). Pengaruh Daya Tarik Wisata dan Amenitas Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Pada Desa Wisata Kabupaten Kerinci. JIMT, 3(6).

Utama, I. G. B. R. (2017). Pemasaran Pariwisata. Penerbit Andi.

Wawan E Sudarwan et al. (2021). Fasilitas, Aksesibilitas Dan Daya Tarik Wisata Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Wisatawan Pantai Sawarna Kabupaten Lebak. Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 1(1).

Wibowo, M. et al. (2023). Penilaian Atraksi, Amenitas, Dan Aksesibilitas Objek Daya Tarik Wisata Di Semarang (Studi Kasus: Semarang Zoo). Sapta Pesona : Jurnal Kepariwisataan, 1(1).

Zuhriah, I. et al. (2022). Dampak Attraction, Accessibility, Amenity, Ancillary Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan Di Destinasi Wisata Religi Makam Gus Dur Kabupaten Jombang. Jurnal Perhotelan, Destinasi Wisata, Perjalanan Wisata (TESLA), 2(1).

Downloads

Published

2024-03-09

Issue

Section

Articles