Studi Deskriptif Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Kinerja Guru di Sekolah Dasar Negeri Satreyan 3 Maron

Authors

  • Siti Patima Ayu Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Nanang Qosim Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Sollah Solehudin Universitas Islam Zainul Hasan Genggong

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v8i1.6027

Abstract

Abstrak

Penelitian ini membahas peran penting prinsip kepemimpinan sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di kelas. Sebagai kepala sekolah, kepala sekolah mempunyai tanggung jawab untuk menekankan maksud dan tujuan, memeberikan bantuaan yang memadai, dan dan membina lingkungan yang menggugah minat siswa. Dengan menerapkan pendekatan kepemimpinan transformasional, kepala sekolah dapat menginspirasi dan membimbing guru untuk mencapai standar kinerja yang lebih tinggi. Pemantau dan evaluasi kinerja secara teratur, pemberdayaan guru melalui pengembangan profesional, dan manajemen konflik yang efektif juga menjadi fokus utama kepala sekolah. Penelitian yang dugunakan berupa pendekatan kualitatif dengan metode wawancara dan observasi sebagai cara untuk mengumpulkan data. Temua menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah yang berhasil berpengaruh positif terhadap semangat dan standar pengajaran, memberikan kontribusi signifikan pada peningkatan kinerja sekolah secara keseluruhan. Implikasi temuan ini adalah bahwa pengembangan pimpinan sekolah yang efektif akan menjadi startegi utama dalam meningkatkan kinerja guru.

Kata Kunci: Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kinerja Guru

 

Abstract

The central role of headmaster leadership in improving teacher performance in schools is discussed in this study. As the helm, the headmaster has an obligation to underline the vision and mission, provide adequate support, and create an atmosphere that arouses excitement among school members. By applying a transformational leadership approach, principals can inspire and guide teachers to achieve higher standards of performance. Regular monitoring and evaluation of performance, empowerment of teachers through professional development, and effective conflict management are also key focuses of principals. The research used is a qualitative approach with interview and observation methods as a way to collect data. The findings show that successful headmaster leadership positively influences teaching morale and standards, contributing significantly to the improvement of school performance.

Keywords: school principal leadership, teacher perfomance

References

DAFTAR PUSTAKA

Akdon. (2009). Manajemen pendidikan. CV. Pustaka Setia.

Awodij, O. A., Etejere, P. A. O., & Alao, B. O. (2019). Principals’ Leadership Approaches as Predictors of Students’ Learning Outcomes in Oyo Metropolis Public Secondary Schools, Oyo State. Al-Hikmah Journal of Educational Management Andand Counselling, 1(1), 38–46.

Bradley Setiyadi, V. R. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 75–84. https://doi.org/10.59996/globalistik.v1i1.13

Buchori, U., Kultsum, U., & Rodani. (2022). Peran Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Dan Mutu Pendidikan. Akademika (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang), 4(1), 15–34.

Dewi, Y. K., Zamroni, & Kadir, I. M. (2019). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Kinerja Guru Di Sekolah Menengah Kejuruan (Smk) Miftahul Ulum Samarinda. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(3), 202. https://doi.org/10.21093/twt.v6i3.3169

Julaiha, S. (2019). Konsep Kepemimpinan Kepala Sekolah. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(3), 179–190. https://doi.org/10.21093/twt.v6i3.1734

Minsih, M., Rusnilawati, R., & Mujahid, I. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Membangun Sekolah Berkualitas Di Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 29–40. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.8467

Moh. Rois, Fartika Ifriqia, D. S. (2017). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru. Edudeena, 1(2), 75–80. https://doi.org/10.30762/ed.v1i2.449

Muspawi, M. (2021). Strategi Peningkatan Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(1), 101. https://doi.org/10.33087/jiubj.v21i1.1265

Muspawi, M., Setiyadi, B., & Gunawan, G. (2020). Upaya Kepala Sekolah Untuk Peningkatan Kompetensi Profesional Guru. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(1), 95. https://doi.org/10.33087/jiubj.v20i1.864

Ramadoni, W. (2014). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Upaya Peningkatan Kinerja Guru Di Sd Negeri Tanjungsari I Sidoarjo. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 3(3), 133–140. http://www.beritajatim.com/detailnews.php/11/Pe

Setiyadi, B., & Rosalina, V. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 75–84. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.81

Syafaruddin, S., Nasution, M. R., Sahlan, S., & ... (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Kinerja Guru Di Sdn 135564 Kota Tanjungbalai. …. http://ejournal-ittihad.alittihadiyahsumut.or.id/index.php/ittihad/article/view/100

Valen & Satria, T. G. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2199–2208.

Winarsih, S. (2018). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. International Conference of Moslem Society, 2(September), 95–106. https://doi.org/10.24090/icms.2018.1864

Downloads

Published

2024-03-17

Issue

Section

Articles