Manajemen Peserta Didik Dalam Meningkatkan Komunikasi Belajar Siswa di SDN Alassumur Lor I

Authors

  • Siti Ulfatun Hasanah Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Mamluatun Ni’mah Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Mohamad Ahyar Ma’arif Universitas Islam Zainul Hasan Genggong

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v8i1.6061

Abstract

Abstract

Schools need student management to achieve the desired goals. Student management Students have an important role in providing services and guidance to students from the start of school to the end of school. In this article, researchers conducted research related to student management in improving student learning communication at Alasumur Lor I Elementary School. This research used a qualitative approach. The data sources used in this research are interviews, observations and documentary data sources. The results of this research show that student management at SDN Alasumur Lor I has provided good service and provided good student training, both in the classroom and outside the classroom. There are qualified teachers to teach in class, supported by adequate infrastructure and student enthusiasm for learning in class so that good communication and collaboration between teachers and students is created.

Keywords: Student Management, Learning Communication

 

Abstrak

Sekolah membutuhkan manajemen peserta didik untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Manajemen peserta didik Siswa mempunyai peranan penting dalam memberikan pelayanan dan bimbingan kepada siswa sejak awal sekolah hingga akhir sekolah. Dalam artikel ini peneliti melakukan penilitian terkait manajemen peserta didik dalam meningkatkan komunikasi belajar siswa di SDN alassumur Lor I. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan sumber data dokumenter. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen peserta didik di SDN Alassumur Lor I sudah memberikan pelayanan dengan baik dan memberikan pembinaan peserta didik dengan baik, baik didalam kelas maupun diluar kelas. Terdapat guru yang berkualitas untuk mengajar di kelas, didukung dengan sarana prasarana yang memadai dan semangat siswa dalam belajar di kelas sehingga tercipta komunikasi dan kolaborasi yang baik antara guru dan siswa.

Kata Kunci: Manajemen Peserta Didik, Komunikasi Belajar.

References

DAFTAR PUSTAKA

Anggraeni, R., & Effane, A. (2022). Peranan guru dalam manajemen peserta didik. 1(14), 234–239.

Annas, A. N. (2017). Manajemen Peserta Didik Berbasis Kecerdasan. 5(April), 132–142.

Arifin, Z. (2022). Manajemen Peserta Didik sebagai Upaya Pencapaian Tujuan Pendidikan. 8(1), 71–89.

Ar-raniry, U. I. N., Tarbiyah, F., & Aceh, B. (2019). Manajemen peserta didik dalam meningkatkan komunikasi belajar siswa di smalb bukesra banda aceh.

Chuduriah Sahabuddin. (2015). Hubungan Komunikasi Belajar Mengajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri I Kabupaten Majene. 10(1), 17–30.

Dian Diana. (2023). Manajemen peserta didik dalam meningkatkan komunikasi belajar siswa di sma negeri 1 koto kampar hulu.

Diantoro, F. (2018). Manajemen peserta didik dalam pembinaan perilaku keberagamaan. 16(2), 409–426.

Fathurrochman, I. (2022). Implementasi Manajemen Peserta Didik Dalam. 7(2), 129–136.

Firdaus, M. A., F, S. R. A., & Erihadiana, M. (1991). Manajemen Peserta Didik Pendidikan Islam. 41–54. https://doi.org/10.30868/im.v5i01.1991

Hakim, M. N., Iskandar, M. N., Pesantren, I., Abdul, K. H., & Mojokerto, C. (2023). Pengembangan Bakat Dan Minat Dengan Manajemen Peserta Didik. 2(1), 26–37.

Hikmah, D.W. & Ni’mah, M. (2022). Pengaruh kreativitas guru kelas terhadap pembelajaran tematik berbasis daring. 03(01), 17–27.

Indana, P., Mamluatun, Z., & Fitri, N. (2023). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Teknologi IT dalam Mengatasi Keterbatasan Pendidikan di Era 5 . 0 pada Sekolah Dasar. 5(March), 1–15. https://doi.org/10.38073/jpi.v9i1.204

Latifah, Mamluatun Ni’mah, I. H. K. (2023). Analisis Nilai-Nilai Karakter Pada Anak Usia Dini. 9(2), 109–117.

M. Arif Khoiruddin. (2012). Peran Komunikasi, Oleh: M. Arif Khoiruddin. 23, 118–131.

Masdul, M. R. (2018). Komunikasi Pembelajaran Learning Communication. 13(1), 1–9.

Mia, Ni’mah, M & Eka Susanti, S. (2023). Kultur Pesantren Dalam Membentuk Sumber daya Manusia Yang Berkarakter 9 Budi Utama Santri. 15(01), 71–79.

Mohamad Ahyar Ma’arif. (2017). Manajemen Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam.

Mohammad Ahyar Ma’araif. (2016). Manajemen mutu pendidikan. 39–62.

Septiani, S., & Ayuni, R. (2023). Manajemen peserta didik.

Suminar, W. (2018). Manajemen Peserta Didik Untuk Meningkatkan Prestasi Siswa. 389–406.

Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta: Bandung

Ubaidillah, A., Mamluatun, A., & Rachman, P. (2022). Manajemen Tenaga Pendidik Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Madrasah Diniyah Mu’llimin Pesantren Zainul Hasanain Genggong. 4, 3265–3269.

Downloads

Published

2024-03-23

Issue

Section

Articles