Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas 4 pada Pembelajaran Matematika di MI Al-Falah

Authors

  • Siti Masruroh Aprilia Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Endah Tri Wisudaningsih Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Nani Zahrotul Mufidah Universitas Islam Zainul Hasan Genggong

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v8i1.6077

Abstract

Abstrak

Peran orang tua merupakan hal yang sangat penting dalam membantu perkembangan belajar anak, jika orang tua menyampaikan atau memberikan kepada arah yang kurang baik maka akan mengakibatkan kurangnya keberhasilan anak dalam proses belajarnya. Orang tua juga memiliki peran dalam menumbuhkan minat seorang anak dalam belajar agar anak dapat disiplin dan juga mengontrol belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perang peran orang tua dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas 4 pada pembelajaran matematika di MI. Al-Falah. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu mengungkap 6 orang tua siswa. Metode untuk pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dengan menerapkan model Teknik analisis data Miles and Huberman yaitu proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik pemeriksaan keabsahan data triangulasi dengan sumber dan triangulasi dengan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil wawancara peran orang tua dalam meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran matematika sangat penting dan berpengaruh terhadap perkembangan, minat, serta hasil belajar anak. Adanya dukungan, bimbingan, dan perhatian dari orang tua yang sangat dibutuhkan oleh anak, terutama terhadap minat belajar anak.

Kata Kunci: Peran Orang Tua, Minat Belajar, Matematika

References

DAFTAR PUSTAKA

Agung Prasetyo Abadi. 2020. Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Sesiomadika 2 (1d)

Desi Pramudya Wardani. 2021. Pengaruh Kondisi Belajar dan Peran Orang Tua di Masa Pandemi COVID-19 Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran Matematika di MI Mambaul Huda Ngabar Tahun Ajaran 2019-2020. IAIN Ponorogo

Deska Emilia. 2019. Peran orang tua dalam menumbuhkan minat belajar anak di sd negeri 64 bengkulu selatan desa suka nanti kecamatan kedurang. IAIN BENGKULU

Dila Nurhayati Fadilah. 2021. Peran Orang Tua terhadap Hasil Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19 dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Online. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika 1 (3), 395-408.

Fani Rizkiyana, Safrul Kodri. 2023. Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Indonesia Siswa di Sekolah Dasar. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan 2 (3), 177-185.

Lexy Moleong. (2018). Metode Penelitian Kualitatif . Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Lia Fauzatu Solikhah, Heni Pujiastuti. 2021. Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA 7 (3), 668-673.

Mazdayani Multazam, Handayani Setyowati, Andi Sugiratu. 2022. Peran orang tua dalam meningkatkan minat belajar siswa di SDN 1 Air Bakoman kabupaten Tanggamus. Borobudur Educational Review 2 (2), 58-67.

Pingky Destiana Putri, Agrissto Bintang Aji Pradana. 2021. Analisis Peran Guru dan Orang tua terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di SDIT Jamak iyyatul Ihsan Pakis. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 6 (3), 367-373.

Rianita Simamora, Yanty Maria Rosmauli Marbun. 2022. Kontribusi Dukungan Orang Tua Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Smp. MES: Journal of Mathematics Education and Science 7 (2), 10-16.

Ridho, S. M., Wisudawatiningsih, E. T., & Mufidah, N. Z. (2023). Model Pembelajaran SAVI dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa MI Nurul Islam Alaspandan. EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 5(1), 16-29.

Siti Hamida. 2021. Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Masa Pandemi COVID-19. Mimbar Ilmu 26 (2), 302-308.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tita Ragil Tri Wahyuning Cahya, Nur Samsiyah. 2023. Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas 4 pada Pembelajaran Tematik Menggunakan Bahan Ajar E-Book Dengan Model PjBL di SDN Babadan 01. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 8 (2), 1857-1865

Yurindhar Rizcha Utama Lya, Muchammad Hanief, Mutiara Sari Dewi. 2020. Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Di Rumah Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Sd Negeri 1 Sidorenggo Ampelgading. Vicratina: Jurnal Ilmiah Keagamaan 5 (11), 69-77.

Downloads

Published

2024-03-30

Issue

Section

Articles