Model Kepemimpinan Demokratis Dalam Bisnis Keluarga Komunitas Bugis-Makassar di Kabupaten Timor Tengah Selatan (Studi Kasus pada Keluarga HASTA di Kota Soe)
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v8i1.6107Abstract
Abstrak
Tulisan ini bertujuan untuk; [1] mengidentifikasi model kepemimpinan HASTA dalam membangun kemandirian ekonomi keluarga, [2] menganalisa model pendidikan kewirausahaan dalam keluarga HASTA, dan [3] mendeskripsikan keberlanjutan bisnis keluarga HASTA di Kota Soe dan sekitarnya. Penelitian berbasis studi kasus atas pengalaman bisnis keluarga HASTA/Haji Salama yang dianalisa menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pencarian data dan informasi mengandalkan teknik wawancara dan observasi serta didukung data sekunder. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa; [1] HASTA adalah seorang pedagang yang berani menghadapi tantangan, kuat menjaga kepercayaan dan inovatif melakukan terobosan usaha. Salama sangat religius, ramah dan tidak gampang marah. [2] Salama dalam memimpin keluarga dan perusahaan selalu mengedepankan sisi humanis, kolektif dan konsultatif. Bergaya kepemimpinan demokratis karena mementingkan kebersamaan. [3] Pendidikan kewirausahaan yang ditanamkan kepada anak-anaknya berupa mengakomodir keterlibatan dalam berbisnis, menggugah kesadaran berpartisipasi dan bukan pemaksaan untuk berdagang. Pendewasaan anak-anaknya untuk kelak memimpin usaha adalah dengan bersikap delegatif serta solutif. [4] Kedua belas anaknya beserta pasangannya masing-masing telah eksis berbisnis di berbagai sektor usaha, tersebar di daratan Pulau Timor dan bahkan di luar Provinsi NTT dengan melibatkan anak keturunannya. Skala bisnisnya telah menjangkau level menengah, bermitra dengan berbagai relasi bisnis namun tetap menjaga hubungan kekerabatan dalam berbagai transaksi bisnis untuk saling menguatkan kerajaan bisnis keluarga.
Kata Kunci: Kepemimpinan, Bisnis, Keluarga, HASTA
References
DAFTAR PUSTAKA
Abdullah Munir. 2010. Pendidikan Karakter. Yogyakarta : PT Pustaka Insan Madani
Ananda Sabil Hussein. 2019. Manajemen Bisnis Keluarga. Hal. 138. ISBN: 978-602-432-897-9 / 978-602-432-898-6(e)
Afandi, R. F., & Hartono, W. (2018). PREFERENSI GAYA KEPEMIMPINAN DALAM PERUSAHAAN KELUARGA MAHKOTA ELEKTRONIK. Jurnal Performa : Jurnal Manajemen Dan Start-up Bisnis, 3(3), 298–306. https://doi.org/10.37715/jp.v3i3.718
Bracci, E. 2008. A Knowledge Framework for Understanding Small Family Business Succession Process. IUP Journal of Knowledge Management. Forthcoming
Dyer, W. G. Jr. 2006. Examining the Family Effect on Firm Performance, Family Business Review 19(4): 253-273.
Gibb, A. 2002. In Pursuit of a New Enterprise and Entrepreneurship Paradigm for Learning: Creative Destruction, New Values, New Ways of Doing Things and New Combinations of Knowledge, International Journal of Management Reviews, 4(3): 233-269
Hasan M., 2018, Pendidikan Ekonomi Informal; Bagaimana Pendidikan Ekonomi Membentuk Pengetahuan pada Bisnis Keluarga, Jurnal Ekonomi dan Pendidikan Vol 1 No 2 Juli 2018, p-ISSN: 2614-2139; e-ISSN: 2614-1973
Hasibuan, M. S. ( 2019 ). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Khairuddin. 2002. Sosiologi Keluarga. Yogyakarta: Liberty
Mooryati Soedibyo, 2012, Family Business, Rahasia Sukses Membangun Bisnis Keluarga, Penerbit Gramedia, Jakarta
Prasetya M, Mustamu RH, 2014, gaya dan nilai kepemimpinan dalam suksesi perusahaan Bidang developer keluarga di Surabaya, AGORA Vol. 2, No. 2, 2014.
Prayogo, G. A., dkk, 2019, Faktor-faktor yang Membentuk Bisnis Keluarga Bertumbuh secara Berkelanjutan, PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-up Bisnis Vol 4 No 2 Juni 2019.
Samani M. dan Hariyanto. 2012. Pendidikan Karakter. Bandung:PT Remaja Rosdakarya
Seno Andri dan Kisya Hayuni, 2020, Kepemimpinan Dalam Perusahaan Keluarga, ISBN: 978-623-6756-23-2 Penerbit: Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Riau
Siswoyo, D.M, 2014, Faktor dan Upaya dalam proses suksesi kepemimpinan bisnis keluarga di PT. TP, Agora Vol. 2 No. 2
Soeparto, W.H, 2019, Pencapaian kinerja Perusahaan Keluarga Melalui Tingkat Kesiapan Suksesor dan Hubungan antar Anggota Keluarga dan Bisnis, Accounting and Management Journal, Vol. 3 no. 2, Desember 2019.
Sulistiyani, A. T. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia Pendekatan Teoritik dan Praktik untuk Organisasi Publik. Yogyakarta: Gava Media.
Supomo, R., & Nurhayati, E. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. (L. Malyani, Ed.) (Cet. 1). Bandung: Penerbit Yrama Widya.
Urbaningrum, A., 2004, Islamo-Demokrasi, Pemikiran Nurcholis Majid, Republika: Jakarta
Wahjono, S.I, 2010, Model kepemimpinan Situasional pada perusahaan Keluarga (Kasus UKM di sentra Industri Wedoro Sidoarjo), BISMA : Jurnal Bisnis dan Manajemen Vol. 3 No. 1
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Farhan Suhada, S.Sos., M.Si
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.