Eksplorasi Hegemoni dalam Cerpen "Sebutir Peluru Saja" Karya Iksaka Banu: Kajian Teks

Authors

  • Apri Ulita Universitas Negeri Medan
  • Hadya Aminah Harahap Universitas Negeri Medan
  • Rosmawaty Harahap Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v8i1.6292

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran hegemoni yang terjadi pada masa koloniaisme dalam cerita pendek Sebutir Peluru Saja karya Iksaka Banu. Metodologi penelitian yang digunakan untuk menganalisis cerita pendek ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan kajian teks. Peneliti akan membaca dan mengumpulkan data berupa kata, ungkapan dan kalimat dari salah satu cerpen karya Ikasaka Banu yang berjudul “Sebutir Peluru Saja” pada buku kumpulan cerpen Teh dan Pengkhianat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya hegemoni pada cerpen sebutir peluru saja. Hegemoni kekuasaan antara kolonialisme belanda dengan penduduk asli.

Kata Kunci: Hegemoni, Cerpen, Analisa

References

DAFTAR PUSTAKA

Banu, Iksaka. (2019). Teh dan Pengkhianat. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.

Budiman, A., & Suhardi, S. (2024). Analisis Kumpulan Cerpen Teh dan Pengkhianat Karya Iksaka Banu. Jurnal Sastra dan Budaya, 12(2), 45-67.

Budiman, dkk. (2024). Hegemoni Dalam Kumpulan Cerpen Teh Dan Pengkhianat Karya Iksaka Banu. Jurnal Hasta Wiyata.

Culler, J. (1976). Saussure. Fontana Modern Masters.

Gramsci, Antonio. (1971). Selections from the Prison Notebooks. Edited and translated by Quintin Hoare and Geoffrey Nowell Smith. New York: International Publishers.

Kurung Buka. (2019). Sejarah Kolonial dalam Karya Sastra Kontemporer. Jurnal Sastra dan Budaya, 7(1), 23-38.

Lears, T. J. (1985). The Concept of Cultural Hegemony: Problems and Possibilities. The American Historical Review, 90(3), 567-593.

Zafirahana, M. R. (2021). Kajian Musikalisasi Puisi" Sang Guru" Karya Panji Sakti (Diambil dari Puisi Karya Nurlaelan Puji Jagad dan Diaransemen oleh Dorry Windhu Sanjaya) (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Downloads

Published

2024-06-03

Issue

Section

Articles