Peran Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Dalam Meningkatkan Karakter Nasionalis Generasi Muda

Authors

  • Ahmad Hudori Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Ratna Sari Dewi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Febrian Alwan Bahrudin Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v8i1.6361

Abstract

Abstrak

Persatuan Indonesia dalam proses perjalanan panjangnya hingga kini terus ditimpa berbagai masalah internal maupun masalah eksternal yang berpotensi dapat memecah belah bangsa. Masalah internal dan eksternal tersebut diantaranya yaitu munculnya sikap etnosentrisme dan radikalisme, serta dampak negatif dari globalisasi. Dalam menghadapi problematika tersebut, lembaga pendidikan formal maupun non formal harus bersinergi dalam upaya meningkatkan karakter nasionalis warga negara terutama generasi muda. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran UKM Pramuka Untirta sebagai wadah pendidikan non formal dalam upaya meningkatkan karakter nasionalis generasi muda. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi serta dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa UKM Pramuka Untirta memprogramkan kegiatan-kegiatan serta mengikuti kegiatan partisipasi dalam upaya meningkatkan karakter nasionalis generasi muda. Peran UKM Pramuka Untirta dalam upaya tersebut yaitu dengan membentuk dan mengembangkan karakter bangsa terutama karakter nasionalis dengan mengintegrasikannya melalui program kerja UKM Pramuka Untirta serta mengikuti kegiatan-kegiatan partisipasi yang berkaitan dengan pendidikan karakter.

Kata Kunci: Peran, Pramuka, Karakter Nasionalis

 

Abstract

Indonesia unity in its long journey process until now continues to be struck by either internal or external problem that has potential to divide the nation. The internal and external problems are such as the emergence of ethnocentrism and radicalism attitude, and also the negative impact of globalization. In face those problematics, the institution of formal or non-formal education must synergize in the effort to improve the nationalism character of its citizens especially the youth generation. Therefore, this research aimed to find out how was the role of Scout UKM at Untirta as the space for non-formal education in the effort to improve nationalist character of youth generation. This research employed descriptive qualitative research method with data collection techniques using interviews, observation and documentation. Based on the research results, it was found that Scout UKM of Untirta programmed the activities and followed the participation activity in the effort to improve nationalist character of the young generation. The role of Scout UKM at Untirta is such as forming and developing the nation character especially nationalist character by integrating it through the work program of Scout UKM at Untirta and follow the participation activities related to character education.

Keywords: Role, Scouts, Nationalist Character

References

DAFTAR PUSTAKA

Annisa, M., Nur, H., & Ansar, W. (2024). Pengaruh Peer Attachment terhadap Regulasi Emosi pada Remaja. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3), Article 3. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i3.6571

Basuni, B. (2021). Pengkondisian Nilai Karakter Nasionalisme Dalam Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Pembelajaran Dan Keilmuan, 5(1), 71–77. https://doi.org/10.26418/jurnalkpk.v5i1.48740

Devy, J. F. N. A. F. R., & Purwowidodo, A. (2024). Implementasi Pembelajaran Nilai Profetik dalam Membentuk Karakter Siswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3), Article 3. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i3.6568

Diana Widya Evita. (2019). hubungan Social Identity Dengan Etnosentrisme Pada Anggota Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Di Universitas Negeri Semarang [Skripsi]. Universitas Negeri Semarang. https://lib.unnes.ac.id/34906/

Kwartir Nasional Gerakan Pramuka. (2011). Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 180 A, Tahun 2011, tentang Petunjuk Pelaksanaan Gugus Depan Gerakan Pramuka yang Berpangkalan di Kampus Perguruan Tinggi.

Kwartir Nasional Gerakan Pramuka. (2013). Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 176, Tahun 2013, tentang Petunjuk Penyelenggaraan Pola dan Mekanisme Pembinaan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega.

Kwartir Nasional Gerakan Pramuka. (2023). Keputusan Musyawarah Nasional Gerakan Pramuka XI, Nomor 07, Tahun 2023, tentang Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka.

Lembaga Survei Indonesia. (2019). Tantangan Intoleransi dan Kebebasan Sipil Serta Modal Kerja Pada Periode Kedua Pemerintahan Joko Widodo. 54–56.

Mabrur, M. M. (2019). Semangat Nasionalisme Pramuka Indonesia. Bekasi: CV Mitra Utama.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, H. E. (2019). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Nisa, K. (2019). Peran Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka dalam Meningkatkan Karakter Bekerja Keras Anggota. [Skripsi]. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Ponorogo.

Perdana, A. P., & Muslih. (2020). Penerapan Program Bela Negara Dalam Peningkatan Sikap Nasionalisme Di Universitas Malahayati. Jurnal Hukum Malahayati, 1(1), 22-34. https://ejurnalmalahayati.ac.id/index.php/hukummalahayati/article/view/3723/pdf_1

Rahman, A. (2019). ensiklopedia Pramuka Indonesia (Seri Kegiatan Pramuka). Tangerang: CV. Loka Aksara.

Rozak, A. (2021). Kewargaan Global, Isu, Persepsi dan Proses Pembentukan Kewargaan Global Melalui Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). Bekasi: CV Phika Media.

Rozi, F., & Hasanah, U. (2021). Nilai-nilai Pendidikan Karakter; Penguatan Berbasis Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di Pesantren. Jurnal MANAZHIM; Manajemen dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 110-126. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/manazhim/article/view/1075

Saputri, C. T. W. (2022). Peran Pramuka UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dalam meningkatkan Kepedulian Sosial Anggotanya dilihat (Studi Kasus: Kegiatan Bina Masyarakat) [Skripsi]. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/64659

Suaib, T., Abd, M., & Novrika. (2020). Buku Panduan Pencegahan Radikalisme di Lingkungan Kerja BUMN dan Perusahaan Swasta.

Yusuf, A. M. (2017). Metode penelitian: Kuantitatif, kualitatif dan penelitian gabungan. Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2024-06-15

Issue

Section

Articles