Peran Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Dalam Meningkatkan Karakter Nasionalis Generasi Muda
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v8i1.6361Abstract
Abstrak
Persatuan Indonesia dalam proses perjalanan panjangnya hingga kini terus ditimpa berbagai masalah internal maupun masalah eksternal yang berpotensi dapat memecah belah bangsa. Masalah internal dan eksternal tersebut diantaranya yaitu munculnya sikap etnosentrisme dan radikalisme, serta dampak negatif dari globalisasi. Dalam menghadapi problematika tersebut, lembaga pendidikan formal maupun non formal harus bersinergi dalam upaya meningkatkan karakter nasionalis warga negara terutama generasi muda. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran UKM Pramuka Untirta sebagai wadah pendidikan non formal dalam upaya meningkatkan karakter nasionalis generasi muda. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi serta dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa UKM Pramuka Untirta memprogramkan kegiatan-kegiatan serta mengikuti kegiatan partisipasi dalam upaya meningkatkan karakter nasionalis generasi muda. Peran UKM Pramuka Untirta dalam upaya tersebut yaitu dengan membentuk dan mengembangkan karakter bangsa terutama karakter nasionalis dengan mengintegrasikannya melalui program kerja UKM Pramuka Untirta serta mengikuti kegiatan-kegiatan partisipasi yang berkaitan dengan pendidikan karakter.
Kata Kunci: Peran, Pramuka, Karakter Nasionalis
Abstract
Indonesia unity in its long journey process until now continues to be struck by either internal or external problem that has potential to divide the nation. The internal and external problems are such as the emergence of ethnocentrism and radicalism attitude, and also the negative impact of globalization. In face those problematics, the institution of formal or non-formal education must synergize in the effort to improve the nationalism character of its citizens especially the youth generation. Therefore, this research aimed to find out how was the role of Scout UKM at Untirta as the space for non-formal education in the effort to improve nationalist character of youth generation. This research employed descriptive qualitative research method with data collection techniques using interviews, observation and documentation. Based on the research results, it was found that Scout UKM of Untirta programmed the activities and followed the participation activity in the effort to improve nationalist character of the young generation. The role of Scout UKM at Untirta is such as forming and developing the nation character especially nationalist character by integrating it through the work program of Scout UKM at Untirta and follow the participation activities related to character education.
Keywords: Role, Scouts, Nationalist Character
References
DAFTAR PUSTAKA
Annisa, M., Nur, H., & Ansar, W. (2024). Pengaruh Peer Attachment terhadap Regulasi Emosi pada Remaja. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3), Article 3. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i3.6571
Basuni, B. (2021). Pengkondisian Nilai Karakter Nasionalisme Dalam Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Pembelajaran Dan Keilmuan, 5(1), 71–77. https://doi.org/10.26418/jurnalkpk.v5i1.48740
Devy, J. F. N. A. F. R., & Purwowidodo, A. (2024). Implementasi Pembelajaran Nilai Profetik dalam Membentuk Karakter Siswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3), Article 3. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i3.6568
Diana Widya Evita. (2019). hubungan Social Identity Dengan Etnosentrisme Pada Anggota Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Di Universitas Negeri Semarang [Skripsi]. Universitas Negeri Semarang. https://lib.unnes.ac.id/34906/
Kwartir Nasional Gerakan Pramuka. (2011). Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 180 A, Tahun 2011, tentang Petunjuk Pelaksanaan Gugus Depan Gerakan Pramuka yang Berpangkalan di Kampus Perguruan Tinggi.
Kwartir Nasional Gerakan Pramuka. (2013). Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 176, Tahun 2013, tentang Petunjuk Penyelenggaraan Pola dan Mekanisme Pembinaan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega.
Kwartir Nasional Gerakan Pramuka. (2023). Keputusan Musyawarah Nasional Gerakan Pramuka XI, Nomor 07, Tahun 2023, tentang Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka.
Lembaga Survei Indonesia. (2019). Tantangan Intoleransi dan Kebebasan Sipil Serta Modal Kerja Pada Periode Kedua Pemerintahan Joko Widodo. 54–56.
Mabrur, M. M. (2019). Semangat Nasionalisme Pramuka Indonesia. Bekasi: CV Mitra Utama.
Moleong, L. J. (2017). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, H. E. (2019). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Nisa, K. (2019). Peran Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka dalam Meningkatkan Karakter Bekerja Keras Anggota. [Skripsi]. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Ponorogo.
Perdana, A. P., & Muslih. (2020). Penerapan Program Bela Negara Dalam Peningkatan Sikap Nasionalisme Di Universitas Malahayati. Jurnal Hukum Malahayati, 1(1), 22-34. https://ejurnalmalahayati.ac.id/index.php/hukummalahayati/article/view/3723/pdf_1
Rahman, A. (2019). ensiklopedia Pramuka Indonesia (Seri Kegiatan Pramuka). Tangerang: CV. Loka Aksara.
Rozak, A. (2021). Kewargaan Global, Isu, Persepsi dan Proses Pembentukan Kewargaan Global Melalui Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). Bekasi: CV Phika Media.
Rozi, F., & Hasanah, U. (2021). Nilai-nilai Pendidikan Karakter; Penguatan Berbasis Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di Pesantren. Jurnal MANAZHIM; Manajemen dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 110-126. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/manazhim/article/view/1075
Saputri, C. T. W. (2022). Peran Pramuka UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dalam meningkatkan Kepedulian Sosial Anggotanya dilihat (Studi Kasus: Kegiatan Bina Masyarakat) [Skripsi]. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/64659
Suaib, T., Abd, M., & Novrika. (2020). Buku Panduan Pencegahan Radikalisme di Lingkungan Kerja BUMN dan Perusahaan Swasta.
Yusuf, A. M. (2017). Metode penelitian: Kuantitatif, kualitatif dan penelitian gabungan. Jakarta: Kencana.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ahmad Hudori, Ratna Sari Dewi, Febrian Alwan Bahrudin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.