Peran Orang Tua Terhadap Minat Siswa Kelas III MI Kholafiyah Hasaniyah pada Pembelajaran Matematika
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v8i1.6378Abstract
Abstrak
Orang tua memegang peranan penting dalam pembelajaran di sekolah. Tidak mudah bagi orang tua untuk menerapkan pelatihan dalam hal tumbuh kembang anak. Tujuannya adalah untuk mengetahui peran orang tua terhadap minat siswa kelas III MI Kholafiyah Hasaniyah pada pembelajaran matematika. Metodenya yaitu deskriptif kualitatif. 6 orang tua siswa menjadi subjek. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi kondensasi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Uji keabsahan data pada penelitian kualitatif dengantriangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua adalah memandu dan memotivasi anak-anaknya, merawat anak dengan baik dan ajarkan anak hidup disiplin dan bersih, menemani anak-anak belajar, mengerjakan aktivitas umum di rumah, ciptakan lingkungan yang positif untuk anak, berbicara tegas dengan anak-anak, mengawasi anak, mengurus keluarga dan memenuhi kebutuhannya, menyelenggarakan pelatihan, kegiatan di rumah yang serbaguna dan inovatif.
Kata Kunci: Peran Orang Tua, Minat Belajar, Matematika
Abstract
Parents play an important role in learning at school. It is not easy for parents to apply training in terms of child growth and development. The aim is to determine the role of parents in the interest of class III MI Kholafiyah Hasaniyah students in learning mathematics. The method is descriptive qualitative. 6 parents of students were the subjects. Data collection techniques include interviews, observation and documentation. Data analysis techniques include condensing data, presenting data and drawing conclusions. Test the validity of data in qualitative research using source triangulation and technical triangulation. The results of the research show that the role of parents is to guide and motivate their children, take good care of children and teach children to live a disciplined and clean life, accompany children to study, do general activities at home, create a positive environment for children, speak firmly with children -children, supervising children, taking care of the family and meeting their needs, organizing training, versatile and innovative home activities.
Keywords: Role of Parents, Interest in Learning, Mathematics
References
DAFTAR PUSTAKA
Agung Prasetyo Abadi. 2020. Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Sesiomadika 2 (1d)
Amalia, N.F, Aini, L.N, Makmun, Syukron. 2020. Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Ditinjau dari Tingkat Kemampuan Matematika. Jurnal IKA: Ikatan Alumni PGSD UNARS 1(8), 97-107,
Badruttamam, C.A, Hidayati, Zuhriyah, Efendi.N.W. 2018. Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Terhadap Peserta Didik. CENDIKIA: Media Komunikasi Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Islam 2(10), 123-132
Desi Pramudya Wardani. 2021. Pengaruh Kondisi Belajar dan Peran Orang Tua di Masa Pandemi COVID-19 Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran Matematika di MI Mambaul Huda Ngabar Tahun Ajaran 2019-2020. IAIN Ponorogo
Deska Emilia. 2019. Peran orang tua dalam menumbuhkan minat belajar anak di sd negeri 64 bengkulu selatan desa suka nanti kecamatan kedurang. IAIN BENGKULU
Dila Nurhayati Fadilah. 2021. Peran Orang Tua terhadap Hasil Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19 dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Online. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika 1 (3), 395-408.
Fani Rizkiyana, Safrul Kodri. 2023. Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Indonesia Siswa di Sekolah Dasar. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan 2 (3), 177-185.
Lexy Moleong. (2018). Metode Penelitian Kualitatif . Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Lia Fauzatu Solikhah, Heni Pujiastuti. 2021. Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA 7 (3), 668-673.
Mazdayani Multazam, Handayani Setyowati, Andi Sugiratu. 2022. Peran orang tua dalam meningkatkan minat belajar siswa di SDN 1 Air Bakoman kabupaten Tanggamus. Borobudur Educational Review 2 (2), 58-67.
Mufidah,N.Z, Aini, Nur., 2023. Program Parentin Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa (Stud Kasus di MI Mambaul Hasan Batur, Gading, Probolinngo). Elemntary: Jurnal Pendidikan Dasar 1(1). 28-43
Pingky Destiana Putri, Agrissto Bintang Aji Pradana. 2021. Analisis Peran Guru dan Orang tua terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di SDIT Jamak iyyatul Ihsan Pakis. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 6 (3), 367-373.
Rianita Simamora, Yanty Maria Rosmauli Marbun. 2022. Kontribusi Dukungan Orang Tua Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Smp. MES: Journal of Mathematics Education and Science 7 (2), 10-16.
Ridho, S. M., Wisudawatiningsih, E. T., & Mufidah, N. Z. (2023). Model Pembelajaran SAVI dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa MI Nurul Islam Alaspandan. EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 5(1), 16-29.
Sari, I. P., Arisanti, Kustiana., & Mufidah, N. Z. (2023). Analisis Penggunaan Pias-Pias Kata Dalam Meningkatkan Minat Membaca Siswa Kelas 1 Min 1 Probolinggo. Journal on Education 3(5), 8705-8711
Siti Hamida. 2021. Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Masa Pandemi COVID-19. Mimbar Ilmu 26 (2), 302-308.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tita Ragil Tri Wahyuning Cahya, Nur Samsiyah. 2023. Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas 4 pada Pembelajaran Tematik Menggunakan Bahan Ajar E-Book Dengan Model PjBL di SDN Babadan 01. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 8 (2), 1857-1865
Yurindhar Rizcha Utama Lya, Muchammad Hanief, Mutiara Sari Dewi. 2020. Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Di Rumah Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Sd Negeri 1 Sidorenggo Ampelgading. Vicratina: Jurnal Ilmiah Keagamaan 5 (11), 69-77.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Siti Masruroh Aprilia, Endah Tri Wisudaningsih, Nani Zahrotul Mufidah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.