PENGARUH MEDIA CERITA BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI AWAL ANAK USIA 4-5 TAHUN

Authors

  • Thea Yesika Farodhy Universitas PGRI Yogyakarta
  • Novianti Retno Utami Universitas PGRI Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31316/skripta.v5i1.1043

Keywords:

kemampuan literasi awal, media, cerita bergambar

Abstract

Media cerita bergambar adalah perpaduan antara media cerita dan media gambar yang berkaitan dengan cerita yang disajikan, sehingga perpaduan dari media cerita dan gambar dapat menjadi satu kesatuan yang saling mendukung. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menguji pengaruh media cerita bergambar terhadap literasi awal anak usia 4-5 tahun. Hipotesis yang diajukan yaitu media cerita bergambar efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi awal anak usia 4-5 tahun. Metode yang digunakan  dalam penelitian ini yaitu metode penelitian quasi experiment, the one group pretest-posttest design. Subyek dalam penelitian ini adalah 19 anak usia 4-5 tahun di BA Aisyiyah Banyudono 1. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes literasi awal anak menggunakan instrumen Get Ready To Read. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Uji Wilcoxon untuk melihat tingkat signifikansi hasil literasi awal anak sebelum dan sesudah dilakukan perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan asymp.sig. (2 tailed) 0,000. Nilai sig 0,000 > 0,05 maka media cerita bergambar efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi awal anak usia 4-5 tahun

References

Ambarwati, A. (2016). Cerita Bergambar Untuk Anak Usia 0-3 Tahun Dalam Tinjauan Linguistik Fungsional Halliday, 2, 126–135.

Apriyanti, H. (2017). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Pemahaman Guru Pendidikan Anak Usia Dini terhadap Perencanaan, 1(2), 111–117. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.22

Arwansyah, Y. B., Haibah, K., Fatimah, N., & Rahayu, R. K. (2019, December). PERANAN GURU SEBAGAI PENGELOLA PERPUSTAKAAN SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN BUDAYA LITERASI SEKOLAH DI SD NEGERI 2 SUMBERAGUNG JETIS BANTUL. In Prosiding Seminar Nasional PBSI UPY 2019 (Vol. 1, No. 1, pp. 13-17).

Arwansyah, Y. B., & Wahyudi, U. M. W. (2019). PENINGKATKAN KOMPETENSI LITERASI ANTIRADIKALISME MELALUI PENULISAN CERITA RAKYAT DENGAN APLIKASI BABOO. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 4(2), 77-82.

Basyiroh, I. (2017). Program Pengembangan Kemampuan Literasi Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi, 3(2), 120–134.

Engelbertus Nggalu Bali, Fakhrudin, A. R. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Induktif Kata Bergambar Untuk Pengenalan Kemampuan Literasi Dini Aud. Journal of Primary Education, 5(2), 120–129.

Hapsari, W., Ruhaena, L., & Pratisti, W. D. (2017). Peningkatan Kemampuan Literasi Awal Anak Prasekolah Melalui Program Stimulasi. Jurnal Psikologi, 44(3), 177. https://doi.org/10.22146/jpsi.16929

Indarni, N. (2012). Efektivitas Cerita Bergambar Terhadap Pemahaman Peran Gender Pada Anak Di Taman Kanak-Kanak. Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies, 1(1), 5–9. https://doi.org/10.15294/ijeces.v1i1.9196

Jalongo, M. R. (2004). Young Children and Picture Books. Washington DC: National As- sociation for The Education of Young Children.

Salamah, E. R. (2017). Media Cerita Bergambar untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Anak. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 6(1), 43. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v6i1.616

Saputri, K., Fauzi, & Nurhaidah. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Literasi Anak Kelas 1 SD Negeri 20 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 98–104.

Utami, F. (2019). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Bubybus Pada Gadget Terhadap Kemampuan Literasi Awal Pada Anak Kelompok A di PAUD IT Fathiyyah, 299–307.

Wahyudi, U. M. W., Arwansyah, Y. B. (2019). Developing Augmented Reality-based Learning Media to Improve Student Visual Spatial Intelligence. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies. Vol. 7 No. 2 Hlm. 89-95

Widiatmoko, D. A., Arwansyah, Y. B., & Widyaningsih, N. (2020). PENGEMBANGAN KARTU BERGAMBAR TIGA DIMENSI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA. Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya, 1(1), 70-80.

Published

2021-10-19

How to Cite

Farodhy, T. Y., & Utami, N. R. (2021). PENGARUH MEDIA CERITA BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI AWAL ANAK USIA 4-5 TAHUN. Jurnal Skripta, 5(1). https://doi.org/10.31316/skripta.v5i1.1043