PENGARUH MEDIA CERITA BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI AWAL ANAK USIA 4-5 TAHUN
DOI:
https://doi.org/10.31316/skripta.v5i1.1043Keywords:
kemampuan literasi awal, media, cerita bergambarAbstract
Media cerita bergambar adalah perpaduan antara media cerita dan media gambar yang berkaitan dengan cerita yang disajikan, sehingga perpaduan dari media cerita dan gambar dapat menjadi satu kesatuan yang saling mendukung. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menguji pengaruh media cerita bergambar terhadap literasi awal anak usia 4-5 tahun. Hipotesis yang diajukan yaitu media cerita bergambar efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi awal anak usia 4-5 tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian quasi experiment, the one group pretest-posttest design. Subyek dalam penelitian ini adalah 19 anak usia 4-5 tahun di BA Aisyiyah Banyudono 1. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes literasi awal anak menggunakan instrumen Get Ready To Read. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Uji Wilcoxon untuk melihat tingkat signifikansi hasil literasi awal anak sebelum dan sesudah dilakukan perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan asymp.sig. (2 tailed) 0,000. Nilai sig 0,000 > 0,05 maka media cerita bergambar efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi awal anak usia 4-5 tahun
References
Ambarwati, A. (2016). Cerita Bergambar Untuk Anak Usia 0-3 Tahun Dalam Tinjauan Linguistik Fungsional Halliday, 2, 126–135.
Apriyanti, H. (2017). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Pemahaman Guru Pendidikan Anak Usia Dini terhadap Perencanaan, 1(2), 111–117. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.22
Arwansyah, Y. B., Haibah, K., Fatimah, N., & Rahayu, R. K. (2019, December). PERANAN GURU SEBAGAI PENGELOLA PERPUSTAKAAN SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN BUDAYA LITERASI SEKOLAH DI SD NEGERI 2 SUMBERAGUNG JETIS BANTUL. In Prosiding Seminar Nasional PBSI UPY 2019 (Vol. 1, No. 1, pp. 13-17).
Arwansyah, Y. B., & Wahyudi, U. M. W. (2019). PENINGKATKAN KOMPETENSI LITERASI ANTIRADIKALISME MELALUI PENULISAN CERITA RAKYAT DENGAN APLIKASI BABOO. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 4(2), 77-82.
Basyiroh, I. (2017). Program Pengembangan Kemampuan Literasi Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi, 3(2), 120–134.
Engelbertus Nggalu Bali, Fakhrudin, A. R. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Induktif Kata Bergambar Untuk Pengenalan Kemampuan Literasi Dini Aud. Journal of Primary Education, 5(2), 120–129.
Hapsari, W., Ruhaena, L., & Pratisti, W. D. (2017). Peningkatan Kemampuan Literasi Awal Anak Prasekolah Melalui Program Stimulasi. Jurnal Psikologi, 44(3), 177. https://doi.org/10.22146/jpsi.16929
Indarni, N. (2012). Efektivitas Cerita Bergambar Terhadap Pemahaman Peran Gender Pada Anak Di Taman Kanak-Kanak. Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies, 1(1), 5–9. https://doi.org/10.15294/ijeces.v1i1.9196
Jalongo, M. R. (2004). Young Children and Picture Books. Washington DC: National As- sociation for The Education of Young Children.
Salamah, E. R. (2017). Media Cerita Bergambar untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Anak. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 6(1), 43. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v6i1.616
Saputri, K., Fauzi, & Nurhaidah. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Literasi Anak Kelas 1 SD Negeri 20 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 98–104.
Utami, F. (2019). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Bubybus Pada Gadget Terhadap Kemampuan Literasi Awal Pada Anak Kelompok A di PAUD IT Fathiyyah, 299–307.
Wahyudi, U. M. W., Arwansyah, Y. B. (2019). Developing Augmented Reality-based Learning Media to Improve Student Visual Spatial Intelligence. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies. Vol. 7 No. 2 Hlm. 89-95
Widiatmoko, D. A., Arwansyah, Y. B., & Widyaningsih, N. (2020). PENGEMBANGAN KARTU BERGAMBAR TIGA DIMENSI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA. Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya, 1(1), 70-80.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.