PENINGKATAN PEMAHAMAN ORANGTUA MENGENAI RAGAM KECERDASAN ANAK BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES
DOI:
https://doi.org/10.31316/skripta.v5i1.1044Kata Kunci:
Multiple intelligences, Pendidikan Keluarga, Anak Usia DiniAbstrak
Mengenali kecenderurgan kecerdasan anak menjadi suatu hal yang penting untuk dilakukan oleh orangtua dan guru untuk menentukan pendidikan yang akan diterima oleh anak. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen the one group pretest-posttest design. Desain ini memiliki perlakuan dan pengukuran dampak dengan melihat hasil pretest dan postest pada kelas eksperimen setelah diberikan perlakukan melalui media cerita bergambar. Subyek dalam penelitian ini adalah orangtua siswa TK ABA Patangpuluhan Kota Yogyakarta yang berjumlah 25 orang. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment. Penelitian ini hanya menggunakan satu kelompok tanpa ada kelompok pembanding. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes pemahaman multiple intelligence AUD yang dikembangkan oleh peneliti. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Uji Wilcoxon untuk melihat tingkat signifikansi dan dilakukan Uji Gain untuk mendapatkan hasil pemahaman orangtua mengenai multiple intelligence anak sebelum dan sesudah dilakukan perlakuan. Terjadi peningkatan pengetahuan orangtua mengenai multile intelligences pada anak. Dapat disimpulkan bahwa kegiatan pelatihan orangtua dalam Pendidikan anak berbasis multiple intelligences ini berhasil dan memberikan manfaat berupa peningkatan pengetahuan orangtua mengenai multiple intelligences pada anak usia dini.Referensi
Abenti, H. F. (2018). How do I teach you? An examination of multiple intelligences and the impact on communication in the classroom. Language and Communication, 73, 29–33. https://doi.org/10.1016/j.langcom.2020.04.001
Andriyani, I. N. (2018). Pendidikan Anak dalam Keluarga di Era Digital. Fikrotuna, 7(1), 789–802. https://doi.org/10.32806/jf.v7i1.3184
Arwansyah, Y. B., Haibah, K., Fatimah, N., & Rahayu, R. K. (2019, December). PERANAN GURU SEBAGAI PENGELOLA PERPUSTAKAAN SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN BUDAYA LITERASI SEKOLAH DI SD NEGERI 2 SUMBERAGUNG JETIS BANTUL. In Prosiding Seminar Nasional PBSI UPY 2019 (Vol. 1, No. 1, pp. 13-17).http://prosiding.pbsi.upy.ac.id/index.php/2019/article/view/3
Arwansyah, Y. B., & Wahyudi, U. M. W. (2019). PENINGKATKAN KOMPETENSI LITERASI ANTIRADIKALISME MELALUI PENULISAN CERITA RAKYAT DENGAN APLIKASI BABOO. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 4(2), 77-82.
Astuti, W. T., Tk, G., Harapan, T., Ngaglik, T., & Yogyakarta, S. (2016). Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Multiple Intelligences di TK Tunas Harapan Tambakrejo Ngaglik Sleman. Jurnal Pendidikan Madrasah, 1(2), 257–276. http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/JPM/article/view/1211
Dai, D. Y. (2018). Introduction to the Special Issue on Rethinking Human Potential: A Tribute to Howard Gardner*. Journal for the Education of the Gifted, 43(1), 3–11. https://doi.org/10.1177/0162353219892101
Erzad, A. M. (2018). Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak Sejak Dini Di Lingkungan Keluarga. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(2), 414. https://doi.org/10.21043/thufula.v5i2.3483
Kaewkiriya, T., Utakrit, N., & Tiantong, M. (2016). The Design of a Rule Base for an e-Learning Recommendation System Base on Multiple Intelligences. International Journal of Information and Education Technology, 6(3), 206–210. https://doi.org/10.7763/ijiet.2016.v6.685
Masdudi, M. (2017). Konsep Pembelajaran Multiple Intelligences Bagi Anak Usia Dini. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 1. https://doi.org/10.24235/awlady.v3i2.1362
Raudhoh. (2017). Peran Keluarga dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Harkat An-Nisa: Jurnal Studi Gender Dan Anak, 2(1), 83–108.
Setiawati, L. (2019). Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 140–150. https://doi.org/10.24042/terampil.v6i2.5180
Widiatmoko, D. A., Arwansyah, Y. B., & Widyaningsih, N. (2020). PENGEMBANGAN KARTU BERGAMBAR TIGA DIMENSI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA. Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya, 1(1), 70-80.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.


