PENINGKATAN PEMAHAMAN ORANGTUA MENGENAI RAGAM KECERDASAN ANAK BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES

Authors

  • Anna Dwi Febrianti Universitas PGRI Yogyakarta
  • Khikmah Novitasari Universitas PGRI Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31316/skripta.v5i1.1044

Keywords:

Multiple intelligences, Pendidikan Keluarga, Anak Usia Dini

Abstract

Mengenali kecenderurgan kecerdasan anak menjadi suatu hal yang penting untuk dilakukan oleh orangtua dan guru untuk menentukan pendidikan yang akan diterima oleh anak. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen the one group pretest-posttest design. Desain ini memiliki perlakuan dan pengukuran dampak dengan melihat hasil pretest dan postest pada kelas eksperimen setelah diberikan perlakukan melalui media cerita bergambar. Subyek dalam penelitian ini adalah orangtua siswa TK ABA Patangpuluhan Kota Yogyakarta yang berjumlah 25 orang. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment. Penelitian ini hanya menggunakan satu kelompok tanpa ada kelompok pembanding. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes pemahaman multiple intelligence AUD yang dikembangkan oleh peneliti. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Uji Wilcoxon untuk melihat tingkat signifikansi dan dilakukan Uji Gain untuk mendapatkan hasil pemahaman orangtua mengenai multiple intelligence anak sebelum dan sesudah dilakukan perlakuan. Terjadi peningkatan pengetahuan orangtua mengenai multile intelligences pada anak. Dapat disimpulkan bahwa kegiatan pelatihan orangtua dalam Pendidikan anak berbasis multiple intelligences ini berhasil dan memberikan manfaat berupa peningkatan pengetahuan orangtua mengenai multiple intelligences pada anak usia dini.

References

Abenti, H. F. (2018). How do I teach you? An examination of multiple intelligences and the impact on communication in the classroom. Language and Communication, 73, 29–33. https://doi.org/10.1016/j.langcom.2020.04.001

Andriyani, I. N. (2018). Pendidikan Anak dalam Keluarga di Era Digital. Fikrotuna, 7(1), 789–802. https://doi.org/10.32806/jf.v7i1.3184

Arwansyah, Y. B., Haibah, K., Fatimah, N., & Rahayu, R. K. (2019, December). PERANAN GURU SEBAGAI PENGELOLA PERPUSTAKAAN SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN BUDAYA LITERASI SEKOLAH DI SD NEGERI 2 SUMBERAGUNG JETIS BANTUL. In Prosiding Seminar Nasional PBSI UPY 2019 (Vol. 1, No. 1, pp. 13-17).http://prosiding.pbsi.upy.ac.id/index.php/2019/article/view/3

Arwansyah, Y. B., & Wahyudi, U. M. W. (2019). PENINGKATKAN KOMPETENSI LITERASI ANTIRADIKALISME MELALUI PENULISAN CERITA RAKYAT DENGAN APLIKASI BABOO. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 4(2), 77-82.

Astuti, W. T., Tk, G., Harapan, T., Ngaglik, T., & Yogyakarta, S. (2016). Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Multiple Intelligences di TK Tunas Harapan Tambakrejo Ngaglik Sleman. Jurnal Pendidikan Madrasah, 1(2), 257–276. http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/JPM/article/view/1211

Dai, D. Y. (2018). Introduction to the Special Issue on Rethinking Human Potential: A Tribute to Howard Gardner*. Journal for the Education of the Gifted, 43(1), 3–11. https://doi.org/10.1177/0162353219892101

Erzad, A. M. (2018). Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak Sejak Dini Di Lingkungan Keluarga. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(2), 414. https://doi.org/10.21043/thufula.v5i2.3483

Kaewkiriya, T., Utakrit, N., & Tiantong, M. (2016). The Design of a Rule Base for an e-Learning Recommendation System Base on Multiple Intelligences. International Journal of Information and Education Technology, 6(3), 206–210. https://doi.org/10.7763/ijiet.2016.v6.685

Masdudi, M. (2017). Konsep Pembelajaran Multiple Intelligences Bagi Anak Usia Dini. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 1. https://doi.org/10.24235/awlady.v3i2.1362

Raudhoh. (2017). Peran Keluarga dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Harkat An-Nisa: Jurnal Studi Gender Dan Anak, 2(1), 83–108.

Setiawati, L. (2019). Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 140–150. https://doi.org/10.24042/terampil.v6i2.5180

Widiatmoko, D. A., Arwansyah, Y. B., & Widyaningsih, N. (2020). PENGEMBANGAN KARTU BERGAMBAR TIGA DIMENSI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA. Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya, 1(1), 70-80.

Published

2021-10-19

How to Cite

Febrianti, A. D., & Novitasari, K. (2021). PENINGKATAN PEMAHAMAN ORANGTUA MENGENAI RAGAM KECERDASAN ANAK BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES. Jurnal Skripta, 5(1). https://doi.org/10.31316/skripta.v5i1.1044