PENGARUH LAGU ANAK BERJUDUL “HEY TAYO” TERHADAP KEMAMPUAN ANAK MENYEBUTKAN WARNA PADA ANAK USIA 4 TAHUN

Ade Irmandari

Sari


Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan anak dalam menyebutkan warna-warna karena pengaruh dari lagu anak yang berjudul “hey tayo” pada anak usia 4 tahun. Anak yang berusia 4 tahun dikatakan adalah masa emas dalam menyimpan memori. Pada usia ini juga anak mulai memiliki kemampuan untuk membedakan warna, bentuk, dan ukuran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengambilan datanya melalui wawancara yang direkam ketika sedang berdialog dengan subjek. Kegiatan tersebut guna untuk mendapatkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan anak menyebutkan warna-warna yang dipengaruhi lagu “hey tayo”, leingkungan sekitra, dan bahasa ibu.


Kata Kunci


psikolinguistik, kemampuan menyebutkan warna, 4 tahun

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Eriyanti, Ribut Wahyu., dkk. (2020). Linguistik Umum. Jawa Timur: Uwais Inspirasi Indonesia.

Mantasiah, Yusri. (2020). Linguistik Mikro: Kajian Internal dan Penerapannya. Yogyakarta: Deepublish: CV Budi Utama.

Nuryani dan Dona Aji Karunia Putra. (2013). Psikolinguistik. Tangerang Selatan: Mazhab Ciputat.

Putri Delia dan Elvina. (2019). Keterampilan Berbahasa di Sekolah Dasar Melalui Metode Game’s. Jawa Timur: CV. Penerbit Qiara Media.

Suhardi. (2013). Pengantar Linguistik Umum. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Susanto, Ahmad. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Prenadamedia Group.

Yendra. (2018). Mengenal Ilmu Bahasa: Ilmu Lingustik. Yogyakarta: Deepublish: CV Budi Utama.




DOI: https://doi.org/10.31316/skripta.v7i1.1083

Article Metrics

Sari view : 66 times
PDF - 30 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexing by: