PENGARUH LAGU ANAK BERJUDUL “HEY TAYO†TERHADAP KEMAMPUAN ANAK MENYEBUTKAN WARNA PADA ANAK USIA 4 TAHUN
DOI:
https://doi.org/10.31316/skripta.v7i1.1083Keywords:
psikolinguistik, kemampuan menyebutkan warna, 4 tahunAbstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan anak dalam menyebutkan warna-warna karena pengaruh dari lagu anak yang berjudul “hey tayo†pada anak usia 4 tahun. Anak yang berusia 4 tahun dikatakan adalah masa emas dalam menyimpan memori. Pada usia ini juga anak mulai memiliki kemampuan untuk membedakan warna, bentuk, dan ukuran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengambilan datanya melalui wawancara yang direkam ketika sedang berdialog dengan subjek. Kegiatan tersebut guna untuk mendapatkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan anak menyebutkan warna-warna yang dipengaruhi lagu “hey tayoâ€, leingkungan sekitra, dan bahasa ibu.
References
Eriyanti, Ribut Wahyu., dkk. (2020). Linguistik Umum. Jawa Timur: Uwais Inspirasi Indonesia.
Mantasiah, Yusri. (2020). Linguistik Mikro: Kajian Internal dan Penerapannya. Yogyakarta: Deepublish: CV Budi Utama.
Nuryani dan Dona Aji Karunia Putra. (2013). Psikolinguistik. Tangerang Selatan: Mazhab Ciputat.
Putri Delia dan Elvina. (2019). Keterampilan Berbahasa di Sekolah Dasar Melalui Metode Game’s. Jawa Timur: CV. Penerbit Qiara Media.
Suhardi. (2013). Pengantar Linguistik Umum. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Susanto, Ahmad. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Prenadamedia Group.
Yendra. (2018). Mengenal Ilmu Bahasa: Ilmu Lingustik. Yogyakarta: Deepublish: CV Budi Utama.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.