UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI MENYUSUN TEKS EKSPOSISI DAN EKSPLANASI KELAS VII D SMPN 1 KASIHAN DENGAN PENDEKATAN PROSES
DOI:
https://doi.org/10.31316/skripta.v5i1.121Abstract
Abstrak: Penelitian tindakan kelas ini bertujuan menerapkan pendekatan proses untuk meningkatkan kompetensi para siswa dalam pembelajaran menyusun teks eksposisi dan teks eksplanasi kelas VII D SMPN 1 Kasihan tahun pelajaran 2015/2016 dengan 32 peserta didik sebagai subjek penelitian. Prosedur penelitian mulai dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif yang didukung oleh analisis kuantitatif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pendekatan proses dapat meningkatkan keaktifan para siswa kelas VII D SMPN 1 Kasihan Tahun Pelajaran 2015/2016 dalam menyusun teks eksposisi dengan cara pada Siklus I guru melakukan tindakan menerapkan pendekatan proses dengan memperhatikan tahap-tahap (Pramenulis, Menulis, dan Pascamenulis) dengan media video, menekankan proses revisi pada menulis draf teks eksposisi, serta proses publikasi yang sederhana. Rata-rata kompetensi yang meliputi keruntutan dan kepaduan paragraf, keruntutan dan kepaduan kalimat, ketepatan kalimat, ketepatan kata, ketepatan ejaan dan tanda baca pada menyusun teks eksposisi diperoleh secara urut adalah 22,281; 21,344; 20,219; 10,844, dan 7,062 atau jumlah nilai rata-rata secara keseluruhan kompetensi para siswa adalah 81,750. Dengan demikian, rata-rata nilai yang diperoleh para siswa kelas VII D melebihi KKM yaitu 72,00. Pendekatan proses dapat meningkatkan keaktifan para siswa kelas VII D SMPN 1 Kasihan Tahun Pelajaran 2015/2016 dalam menyusun teks eksplanasi dengan cara pada Siklus II guru melakukan tindakan memvariasikan kegiatan berdasarkan pendekatan proses dengan memperhatikan tahap-tahap (Pramenulis, Menulis, dan Pascamenulis), dengan media video yang lebih menarik, menekankan proses revisi yang lebih intensif yang dilakukan mulai tahap pramenulis sampai dengan menulis, serta proses publikasi yang lebih berkualitas. Rata-rata kompetensi menyusun teks eksplanasi dapat diperoleh 22,875; 22,281; 21,750; 11,719; 7,625 atau jumlah nilai rata-rata secara keseluruhan kompetensi para siswa adalah 86,250. Dengan demikian, rata-rata skor siswa Kelas VII D dalam menulis teks eksplanasi sudah melebihi KKM yaitu 72,00; serta meningkat melebihi kompetensi pada Siklus I. Hasil kompetensi pada Siklus I dan Siklus II, mengalami peningkatan: keruntutan dan kepaduan paragraf naik sebesar 2,376%; keruntutan dan kepaduan kalimat naik sebesar 3,748%; ketepatan penggunaan kalimat naik sebesar 6,124%; ketepatan penggunaan kata naik sebesar 5,833%; dan untuk ketepatan penggunaan ejaan dan tanda baca naik sebesar 5,630%. Jumlah kenaikan secara keseluruhan adalah 23,711%.
Â
Kata kunci: meningkat, kompetensi, teks eksposisi dan eksplanasi, pendekatan proses
Â
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.