PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS THINGLINK DALAM PEMBELAJARAN TEKS PROSEDUR KELAS VII SMP NEGERI 1 KRETEK TAHUN AJARAN 2021/2022
DOI:
https://doi.org/10.31316/skripta.v7i2.2255Keywords:
Pengembangan, Bahan Ajar, Bahan Ajar Interaktif, Thinglink, Menulis Teks Prosedur, Model ADDIEAbstract
Tujuan penelitian ini: (1) mengembangkan bahan ajar interaktif berbasis Thinglink sebagai bahan ajar pada pembelajaran menulis teks prosedur; (2) mengetahui kualitas bahan ajar interaktif berbasis Thinglink berdasarkan penilaian dari ahli; (3) mengetahui daya tarik peserta didik terhadap bahan ajar interaktif berbasis Thinglink yang dikembangkan; dan (4) mengetahui efektivitas penggunaan bahan ajar interaktif berbasis Thinglink sebagai bahan ajar dalam pembelajaran teks prosedur. Jenis penelitian ini yaitu penelitian Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1 Kretek pada tahun ajaran 2021/2022. Subjek pada penelitian ini merupakan peserta didik kelas VII D dengan jumlah siswa 32. Prosedur pengembangan melalui tahap analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket respon siswa, lembar validasi ahli bahan ajar, lembar validasi ahli materi, pre-test dan post-test. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) penelitian ini menghasilkan produk pengembangan berupa bahan ajar interaktif berbasis Thinglink sebagai bahan ajar dalam pembelajaran teks prosedur khususnya menulis teks prosedur; 2) kualitas bahan ajar interaktif berbasis Thinglink dalam pembelajaran teks prosedur dinyatakan valid. Berdasarkan penilaian ahli bahan ajar diperoleh jumlah skor 75 dengan rata-rata 4,68 dan memiliki kriteria sangat baik. Penilaian ahli materi diperoleh jumlah skor 82 dengan rata-rata 4,82 dan memiliki kriteria sangat baik; 3) respon siswa yang tinggi pada skor angket 318 dengan persentase 99,37% dan memiliki kriteria baik sekali; 4) penggunaan bahan ajar interaktif berbasis Thinglink dinyatakan efektif dengan hasil rata-rata nilai siswa meningkat dan signifikan.
References
Harsiati, Titik, Trianto, A, dan Kosasih, E. 2017. Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Jeffery, A.J, Rogers, S.L, Jeffery, K.L, Hobson, L. 2021. “A Flexible, Open, and Interactive Digital Platform to Support online and blended experiential learning environments: Thinglink and Thin Sections. Journal Geoscience Communication, Vol 4 (1), 95-110, (https://gc.copernicus.org/articles/4/95/2021/, diunduh 08 Mei 2021).
Maryanto, dkk. 2014. Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik SMA/MA/SMK/MAk Kelas X. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Puspasari, R., dan Suryaningsih. 2019. “Pengembangan Buku Ajar Kompilasi Teori Graf dengan Model ADDIEâ€. Journal of Madives, Vol 3(1), 137-152, (http://e-journal.ivet.ac.id, diunduh 20 Mei 2021).
Prastowo, Andi. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press
Rahyubi, Heri. 2012. Teori-teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik. Bandung: Nusa Media.
Siddik, Mohammad. 2016. Dasar-dasar Menulis. Malang: Tunggal Mandiri Publishing
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sunarti dan Selly. 2014. Penilaian dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis. Bandung: Angkasa Bandung
Tasri, Lu’mu. 2011. “Bahan Ajar Berbasis Webâ€. Jurnal Medtek. Vol 3 (2), 1-8
Tegeh, I.M, Kirna, I.M. 2013. “Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan Dengan Addie Modelâ€. Jurnal Ika, Vol 11 (1), 12-26, (https://ejpurnal.undiksha.ac.id/index.php/IKA/article/view/1145, diunduh 20 Mei 2021).
Yanti, N.S, Huda, Y. 2020. “Analisis Tingkat Kelayakan Aplikasi Android APPYPIE Sebagai Media Pembelajaranâ€. Jurnal Vocational Teknik elektronika dan Informatika, Vol 8 (1), 1-8, (http://ejournal.unp.ac.id, diunduh 25 Mei 2021).
Yuberti. 2014. Teori Pembelajaran dan Pengembangan Bahan Ajar Dalam Pendidikan. Lampung: Anugrah Utama Raharja.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Nia Dwi Anggita Putri, Nina Widyaningsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.