KONFLIK PSIKOLOGIS TOKOH UTAMA PEREMPUAN DALAM NOVEL DUA GARIS BIRU KARYA LUCIA PRIANDARINI
DOI:
https://doi.org/10.31316/skripta.v8i1.2519Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengkaji konflik psikologis tokoh utama perempuan Dara dalam novel Dua Garis Biru karya Lucia Priandarini dan relevansinya dalam pembelajaran sastra terkhusus pembelajaran sastra di SMA kelas XII semestera II. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan hasil penelitian berupa kata-kata tertulis. Sumber data penelitian ini berupa dokumen tertulis hasil kasusastraan novel Dua Garis Biru karya Lucia Priandarini. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik baca dan catat karena dianggap lebih mudah diterapkan serta lebih efektif digunakan untuk meneliti. Hasil penelitian dan pembahasan menyimpulkan bahwa terdapat lima wujud konflik psikologis yang dialami tokoh utama perempuan dalam novel Dua Gari Biru karya Lucia Priandarini. Faktor penyebab konflik psikologis yang dialami tokoh Dara adalah faktor personal dan faktor situasional. Dalam menyikapi konflik psikologis yang dihadapinya tokoh Dara menggunakan tujuh cara. Berdasarkan hasil analisis di atas serta kompetensi dasar pembelajaran bahasa Indonesia di SMA kelas XII semester II maka novel Dua Garis Biru karya Lucia Priandarini layak digunakan sebagai bahan pembelajaran sastra di SMA kelas XII semester II.
References
Ahmadi, Anas. 2015. Psikologi Sastra. Surabaya: UNESA University Press.
Hatta, Kusmawati. 2016. Trauma dan Pemulihannya. Banda Aceh: Dakwah Ar-Raniry Press.
Imron, Ali, dan Farida Nugrahani. 2017. Pengkajian Sastra: Teori dan Aplikasi. Surakarta: CV Djiwa Amarta Press.
Kemendikbud. 2016. Pengembangan Silabus dan Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Depok: Pusdiklat Pegawai Kemendikbud.
Mulyadi, Seto, Warda Lisa, dan Astri Nur. 2016. Psikologi Kepribadian. Jakarta: Penerbit Gunadarma.
Musfiqon dan Nurdyansyah. 2015. Pendekatan Pembelajaran Saintifik. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
Nurgiyantoro, Burhan. 2007. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Priandarini, Lucia. 2019. Dua Garis Biru. Jakarta: Gramedia Pustaka.Utama.
Rahmat, Dede. 2015. Teori dan Aplikasi Psikologi Kepribadian dalam Konseling. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.
Ristiana, Keuis Rista, dan Ikin Syamsudin Adeani. 2017. “Konflik Batin Tokoh Utama dalam Novel Surga yang Tak Dirindukan 2 Karya Asma Nadiaâ€. Literasi, 1 (2), 49-56.
Ritonga, Husni. 2019. Psikologi Komunikasi. Medan: Perdana Publishing.
Rosyidi, Hamim. 2015. Psikologi Kepribadian (Pradigma, Tratis, Kognitif, Behavioristik, dan Humanistik). Surabaya: Penerbit Juanda Press.
Sidiq, Umar, dan Miftachul Choiri. 2019. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Ponorogo: CV Nata Karya.
Siyoto, Sandu, dan Ali Sodik. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Tara, Silmi Nur Azizah, Muhammad Rohmadi, dan Kundharu Saddhono. 2019. “Konflik Batin Tokoh Utama dalam Novel Karya Ruwi Meita Tinjauan Psikologi Sastra dan Relevansinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Indonesia di SMAâ€. Bahasa, Sastra, dan Pengajaran, 7(1), 103-112.
Umbu, Frengki. 2014. “Konflik Psikologis Tokoh Utama dalam Novel Nora Karya Putu Wijaya (Kajian Psikologi Sastra)â€. Skripsi. FBS, Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.
Utomo, Arie Lila, Uum Qomariyah, dan Sumartini. 2019. “Konflik Tokoh Utama dalam Novel RE: Karya Maman Suherman: Kajian Psikologi Sastraâ€. Sastra Indonesia, 8 (1), 40-46.
Walgito, Bimo. 2010. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: ANDI.
Wiyatmi. 2011. Psikologi Sastra: Teori dan Aplikasinya. Yogyakarta: Kanwa Publisher.
Yossy, Sisillia. 2017. “Analisis Konflik Batin Tokoh Utama Ega dalam Novel Ega Karya Anggie M dalam Pembelajaran Sastra di SMA Kelas XI Semester I (Pendekatan Struktural dan Psikologi Sastra)â€. Skripsi. FKIP, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Sanata Darma, Yogyakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.