METODE OBSERVASI UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI MENYUSUN TEKS EKSPOSISI DAN PUISI BEBAS PARA SISWA KELAS VIII SMP N 1 KASIHAN
DOI:
https://doi.org/10.31316/skripta.v8i1.2570Keywords:
observasi, meningkatkan, teks eksposisi, puisiAbstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan menyusun teks eksposisi dan puisi bebas para siswa Kelas VIII C SMP Negeri 1 Kasihan semester 1, tahun pelajaran 2021/2022 dengan metode observasi. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian 32 siswa. Prosedur penelitian dilakukan dengan tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dua siklus. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Analisis dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode observasi dapat meningkatkan keaktifan para siswa dalam menyusun teks eksposisi dan puisi bebas. Pada Siklus 1 menyusun teks eksposisi, guru menerapkan tindakan pada siswa untuk mengobservasi potretan tanaman dan benda di lingkungan rumah terkait dengan pisang klutuk dan jeruk nipis yang di-share di Grup KBM Online. Pada siklus 2 menyusun teks puisi bebas, guru menerapkan metode observasi agar para siswa mengamati potretan benda atau tanaman di lingkungan rumah yang berbeda dengan siklus 1 yaitu benda-benda alat-alat makan dan tanaman-tanaman hias yang di-share di Grup KBM Online. Pada siklus 1 metode ini meningkatkan keterampilan menyusun teks eksposisi terkait dengan penyusunan kalimat/bahasa pada struktur tesis, rangkaian argumen, dan penegasan ulang, dengan rerata nilai 77, 34. Ketuntasan belajar pada Siklus 1 mencapai 78, 12 %. Pada Siklus 2 metode ini meningkatkan keterampilan menyusun teks puisi bebas dalam menyusun larik, diksi, majas, dan citraan dengan rerata nilai 79,66. Ketuntasan belajar pada siklus 2 mencapai 100 %.
References
Ardiana, Leo Idra. (2003). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Depdiknas.
Arikunto, Suharsimi, dkk. (2017). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Arthur Tatnall, Anthony Jones. (2009). Educatian and Technology for a Better World:9th IFIP TC 3 World Converence. Diunduh dari internet (https://books,google.go.id).
Fitri Dewi Jayanti .(2013). “Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi dengan Teknik Pengamatan Objek Secara Langsung Bidang Studi Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas V MI Azzahidin Kecamatan Tenayan Raya Kota Pekanbaru Tahun Ajaran 2012/2013â€. Diunduh dari https://repository.uin-suska.ac.id › 2013_2013890.
I Nyoman Sudana Degeng. (1989). Ilmu Pengajaran Taksonomi Variable. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Jufrianto. 2017. “Peningkatan. Kemampuan Menulis Teks Eksposisi. Menggunakan Metode Karyawisata Siswa SMA Negeri I Pakueâ€. Diunduh dari https://digilibadmin. unismuh. ac.id3524-Full_Text
Kiki Joesyiana (2018). “Penerapan Metode Pembelajaran Observasi Lapangan pada Mata Kuliah Manajemen Operasionalâ€. Diunduh dari Jurnal Pendidikan Akuntansi FKIP UIR Vol 6 No. 2 Tahun 2018. Diunduh dari https://journal.uir.ac.id › Peka › article › view.
Kosasih, E. 2017. Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Miles, M. B. & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis. New Delhi: Sage Publications.
Moleong, Lexy J. (1988). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Moleong, Lexy J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa. (2002). Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, karakteristik dan implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa. (2010). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rachmat Djoko Pradopo.2005. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Subana. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Bandung: Pustaka Setia.
Suwarsih Madya. (2011). Penelitian Tndakan Acton Research. Bandung: Alfabeta.
Syarif, Elina.2015. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Tahun 2015. Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu.
Taba, H., & Noel, E. (1957). Steps in the action research process. Dalam S. Kemmis, & R. McTaggart. The action research reader (pp.12-27). Victoria: Deakin
Ulinuha, M. & Arwansyah, Y. B. (2021). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Narasi Dengan Menggunakan Teknik Quantum Writing Pada Siswa Kelas Vii A Mts Yakti Tegelrejo Magelang. PBSI, Universitas PGRI Yogyakarta.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Widayanto. (2012). “Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Siswa dengan Menggunakan Teknik Pengamatan Objek secara Langsung pada Siswa Kelas VIII B SMP Boyolali Tahun Ajaran 2011/2012†diunduh dari http:// eprints. ums.ac.id
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.