TINDAK TUTUR DALAM IKLAN SABUN PEMBERSIH WAJAH
DOI:
https://doi.org/10.31316/skripta.v9i1.2588Keywords:
Analisis Pragmatik, Tindak Tutur, Wacana IklanAbstract
Iklan suatu produk dibuat dengan maksud untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat mengenai produk tersebut. Agar pesan itu sampai kepada masyarakat maka perlu adanya upaya supaya masyarakat mau melihat iklan tersebut. Maka dari itu dalam iklan perlu menggunakan bahasa yang baik untuk menyampaikan pesan agar sampai pada masyarakat. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik simak catat. Sumber data pada penelitian ini adalah tuturan yang terdapat dalam iklan sabun pembersih wajah yang didapat dengan cara mengunduh dari situs youtube edisi tahun 2015 sampai tahun 2019. Analisis diawali dengan mengunduh iklan beberapa iklan sabun pembersih wajah, menonton dan mengamati iklan tersebut. Selanjutnya dialog iklan dicatat untuk menjadi data yang akan diolah secara pragmatis. Kemudian data tersebut dianalisis sesuai teori yang dipilih. Hasil analisis membuktikan bahwa dalam setiap iklan sabun pembersih wajah yang diteliti selalu ada tindak tutur lokusi, ilokusi, dan perlokusi, sekalipun wacana dalam iklan tidak sama dengan tujuan iklan, namun secara tersirat memiliki hubungan yang erat bahkan saling keterkaitan.
References
Defina. Tindak Tutur Ekspresif pada Anak-Anak Saat Bermain Bola di Lapangan. Ranah: Jurnal Kajian Bahasa. http://ojs.badanbahasa.kemdikbud.go.od/jurnal/index.php/jurnal_ranah.
Fitrah, Muhammad dan Luthfiyah. (2017). Metodologi Penelitian: Penelitian Kualitatif Tindakan Kelas & Studi Kasus. In CV Jejak (p. 44). CV Jejak.
Putrayasa, Ida Bagus. (2014). Pragmatik. In Graha Ilmu (p. 92). Graha Ilmu.
Rahardi, Kunjana, dkk. (2019). Pragmatik: Fenomena Ketidaksantunan Berbahasa. In Erlangga (p. 77). Erlangga.
Saputri, Anil Saputri. Tindak Tutur Direktif dalam Iklan Kartu Perdana GSM, Universitas Negeri Padang Repository. http://repository.unp.ac.id.
Setyanto, Bowo. Tindak Tutur Ilokusi Dialog Film 5 cm Karya Rizal Mantovani (Sebuah Tinjauan Pragmatik). Electronic Theses and Dissertation: Universitas Muhammadiyah Surakarta. http://eprints.ums.ac.id.
Taufik, M. Analisis Pragmatik Iklan Video Susu Frisian Flag Versi Ini Teh Susu dengan Teori Tindak Tutur Austin, Searle dan Prinsip Kerja Sama (PKS) Grice (1975). Media Bahasa, Sastra, dan Budaya Wahana, Vol 1, No. 13 (2016). https://journal.unpak.ac.id.
Wiranty, Wiendi. Tindak Tutur dalam Wacana Novel Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata (Sebuah Kajian Pragmatik). Jurnal Pendidikan Bahasa Vol. 4 No. 2. Desember 2015. http://lppm.ikippgriptk.ac.id
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nanda Putri Utomo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.