ANALISIS SEMIOTIK PADA MAKNA LAGU KOK ISO YO? KARYA ANDRY PRIYANTO DI POPULERKAN OLEH GUYON WATON
DOI:
https://doi.org/10.31316/skripta.v8i2.2875Keywords:
Guyon Waton, Semiotik, Karya sastra, Lagu Dangdut JawaAbstract
Guyon Waton merupakan grub band yang terbentuk pada tahun 2005. Grup yang semula merupakan segerombolan anak yang suka menongkrong dan meng-cover lagu, kini menjadi grup musik yang terkenal khusunya di daerah Yogyakarta. Mereka terdiri dari enam anggota, Kini mereka berhasil menciptakan banyak lagu dangdut jawa dan berhasil memikat perhatian masyarakat dengan lagu-lagu yang sudah di ciptakannya. Salah satu karya terbaru dari Grup Guyon Waton adalah lagu “Kok Iso Yoâ€?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna dan pesan yang terkandung dalam lagu “Kok Iso Yoâ€. Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif, karena metode tersebut cocok jika digunakan untuk megetahui makna dan arti sebuah lagu. Analisis yang digunakan adalah analisis semiotik yang berfokus pada makna, dan arti dalam sebuah lagu. Hasil penelitian ini dalam lagu Kok Iso Yo? mengandung makna seorang laki-laki yang merasa terheran-heran saat dia di tinggalkan oleh kekasihnya tanpa alasan yang jelas, dan pesan di dalam lirik lagu Kok Iso Yo? kita tidak boleh bersikap semena-mena terhadap pasangan, kita harus mengahargai pasangan kita, dan kita tidak boleh menghianati pasangan kita. Analisis tersebut dilakukan sesuai dengan kajian semiotik teori dari Ferdinand De Saussure.
References
Abdi, A. S., Hotimah, A. N., Rahmawati, D. D., Alfi, L. B. M., & Devi, M. S. (2020). Syair-syair Patah Hati: Kajian Semiotika Lagu-lagu Didi Kempot dalam Era Disrupsi. Proceeding Humaniora Dan Era Disrupsi, 1(1), 272–287.
Hidayat, R. (2014). ANALISIS SEMIOTIKA MAKNA MOTIVASI PADA LIRIK LAGU “ LASKAR PELANGI †KARYA NIDJI. 2(1), 243–258.
Nathaniel, A., & Sannie, A. W. (2020). Analisis Semiotika Makna Kesendirian Pada Lirik Lagu “Ruang Sendiri†Karya Tulus. SEMIOTIKA: Jurnal Ilmu Sastra Dan Linguistik, 19(2), 41. https://doi.org/10.19184/semiotika.v19i2.10447
Panjaitan, H. (2014). Pentingnya Menghargai Orang Lain. Humaniora, 5(1), 88. https://doi.org/10.21512/humaniora.v5i1.2984
Piliang, Y. A. (2004). Semiotika Teks : Sebuah Pendekatan Analisis Teks. MediaTor, 5 No. 2(No.2), 189–198. https://www.researchgate.net/publication/265040699_Semiotika_Teks_Sebuah_Pendekatan_Analisis_Teks
Putri, S. W., & Sulanjari, B. (2021). Kajian Semiotika dalam Lagu Satru Ciptaan Denny Caknan The Study of Semiotics in the Satru Song by Denny Caknan. 3(1), 50–57.
Retnowati, T. E. (2006). /Da /## (D ’:>
Rina Devianty. (2017). Bahasa Sebagai Cermin Kebudayaan. Jurnal Tarbiyah, 24(2), 226–245.
Sudarmoko. (1925). Terhadap Keburukanisulos nad ,kapmaD ,magaR haaleT NA’RUQ-LA FITKEPSREP MALAD NAKURUBEK. Dialogia, 12(1), 22–34. http://jurnal.stainponorogo.ac.id/index.php/dialogia/article/view/300/255
Sulistyo, H., Binangun, P. S., & Sartika, E. (2020). Hibriditas, Nation, dan Aspek Nostalgis Representasi Pascakolonial dalam Lirik Lagu-Lagu Jawa Suriname. Jurnal Kawistara, 10(3), 352–367. https://doi.org/10.22146/kawistara.58521
Witantina, A., Budyartati, S., & Tryanasari, D. (2020). Implementasi pembelajaran lagu nasional pada pembelajaran SBDP di sekolah dasar. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 2(Merdeka Belajar di Era Normal), 117–121.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Skripta

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.