IMPLEMENTASI MODEL JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN PEMAHAMAN MATERI PENULISAN SKRIPSI PADA MATA KULIAH BAHASA INDONESIA DI FTIK UIN PEKALONGAN

Penulis

  • Epa Aspiya UIN K.H. ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN
  • Rismania Setiyo Asih UIN K.H. ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN
  • Abdul Mukhlis UIN K.H. ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN

DOI:

https://doi.org/10.31316/skripta.v9i1.3288

Kata Kunci:

Jigsaw, Pemahaman, Skripsi

Abstrak

Proses kegiatan belajar mengajar (KBM), membutuhkan inovasi agar tidak terpaku pada model-model pembelajaran yang menjemukan. Inovasi pelaksanaan pembelajaran, salah satunya dapat dicapai dengan pembelajaran jigsaw. Model Pembelajaran Kolaboratif Jigsaw merupakan salah satu metode pembelajaran yang dapat membimbing pelaku pembelajaran ke lingkungan belajar yang lebih aktif dan menumbuhkan nilai tanggung jawab. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui tingkat partisipasi dan pemahaman mahasiswa terhadap materi penulisan skripsi ketika mengikuti mata kuliah Bahasa Indonesia melalui penerapan model pembelajaran Jigsaw. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen di kelas, dengan populasi sebanyak 36 mahasiswa. Sementara, jumlah sampel terdiri atas seluruh mahasiswa di kelas tersebut. 36 mahasiswa itu dibagi menjadi 5 kelompok dan setiap kelompoknya berisi antara 7-8 peserta. Para mahasiswa tersebut mendapatkan tugas untuk mengerjakan soal pretest dan posttest. Dari hasil penelitian yang dilakukan, terdapat pengaruh yang signifikan pada partisipasi dan hasil pemahaman mahasiswa terhadap materi penulisan skripsi menggunakan model Jigsaw. Selama proses pembelajaran, anggota kelompok dituntut untuk aktif karena setiap mahasiswa  mendapatkan satu materi yang harus dikuasai. Tingkat pemahaman mahasiswa terhadap materi yang diajarkan, diukur oleh peneliti menggunakan soal pretest dan postest yang harus dikerjakan mahasiswa sebagai perbandingan penelitian. Hasilnya, diperoleh nilai rata-rata dari soal pretest sebesar 48,88. Nilai tersebut berada pada rentang nilai 0-40. Sedangkan pasca melakukan model Jigsaw dan mengikuti posttest, nilai rata-rata yang didapatkan mahasiswa sebesar 72,77 dengan nilai terendah 40 dan rentang nilai tertinggi 80-100.

Referensi

Aan Muanah. 2021. Peningkatan Pemahaman Siswa pada Aspek Qiroah Melalui Metode Jigsaw di Kelas IX C MTs Negeri Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020. Uktub: Journal of Arabic Studies. Vol. 1 (2).

Agung Aditya Utomo, Ali Imron , Syaiful M. 2017. Pengaruh Penjelasan Guru Terhadap Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah. PESAGI: Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah. Vol. 5 (8).

Baiq Rika Ayu.2020. Analisis Keterlibatan Dan Respon Mahasiswa Dalam Pembelajaran Daring Saat Pembelajaran Daring Menggunakan Google Classroom Di masa Pandemi Covid 19.Jurnal Pendidikan Matematika.Vol 6 (2).

Hijrawatil Aswat. 2019. Efektivitas Pelaksanaan Metode Diskusi Kelompok Terpusat (Focus Group Discussion) Terhadap Motivasi Belajar Ips Murid Kelas Ii Sd Negeri Ii Bone-Bone Kota Baubau. PERNIK: Jurnal PAUD. Vol. 2 (2).

Komalasari K. 2010. Pembelajaran Kontekstual. Bandung: PT Refika Aditama.

Rini, Rismaerista & Mawardi. 2015. Peningkatkan Keterampilan Proses Saintifik dan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 SDN Slungkep 02 Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup Menggunakan Model Problem Based Learning. SCHOLARIA: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol. 5 (1).

Rizky Ardewi Laksmi, I Ketut Sujana. 2017. Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Pemahaman Akuntansi. E-Jurnal Akuntansi. Vol. 21 (2).

Robina Simanjuntak. 2021. Implementing Jigsaw-Type Cooperative Model On The Students Thematic Learning Outcomes At Grade V Sd Negeri 003 Rambah. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol. 10 (1).

Sahla, W. A., Mukhlisah, N., Julkawait, & Irwansyah, R. 2019. Pelatihan Teknik Penulisan Parafrase Untuk Skripsi Mahasiswa Sebagai Upaya Menghindari Plagiarisme. Jurnal Impact: Implementation and Action. Vol. 1 (2).

Saud, Udin Saefudin. 2009. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Slavin, R, Nurulita (Penerjemah). 2005. Cooperative Learning. Teori, Riset dan Praktik, London: Allymand Bacon.

Suprianto , Edy, Septian Harryoga. 2015. Faktor-Faktor Penentu Tingkat Pemahaman Akuntansi. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Vol. 3.

Susilo, F., Sunarno, W., & Suparmi. 2016. Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Jigsaw Dan Gi ( Group Investigation ) Ditinjau Dari Kreativitas. Jurnal Inkuiri. Vol. 5 (3).

Usman, M.Uzer. 2010. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Unduhan

Diterbitkan

2023-05-22

Cara Mengutip

Aspiya, E., Setiyo Asih, R., & Mukhlis, A. (2023). IMPLEMENTASI MODEL JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN PEMAHAMAN MATERI PENULISAN SKRIPSI PADA MATA KULIAH BAHASA INDONESIA DI FTIK UIN PEKALONGAN. JURNAL SKRIPTA, 9(1), 20–28. https://doi.org/10.31316/skripta.v9i1.3288

Terbitan

Bagian

Articles