ANALISIS KESALAHAN MORFOLOGI PADA PIDATO PRESIDEN JOKO WIDODO DALAM RANGKA PELANTIKAN PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN TERPILIH PERIODE 2019-2024

Kurnia Saputri

Sari


Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2010 tentang kewajiban menggunakan bahasa Indonesia dalam kegiatan berpidato resmi oleh presiden dan/atau wakil presiden serta pejabat negara lainnya. Maka dari itu, sebagai presiden harus memperhatikan penggunaan Bahasa Indonesia  saat berpidato. Pidato presiden akan didengar oleh banyak orang sehingga seorang presiden dan pejabat lainnya harus memberi contoh yang baik kepada masyarakat. Sering kali kita masih mendengar beberapa kesalahan morfologi dalam pidato presiden, seperti masih tercampur dengan logat daerahnya. Tidak ada salahnya jika kita mengoreksi beberapa kesalahan morfologi kata yang diucapkan oleh presiden.


Kata Kunci


Pidato presiden, kesalahan morfologi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


A’yuni, N.B., dkk. (2013). Analisis Kesalahan Berbahasa Tataran Morfologi dalam Skripsi Mahasiswa PBSI IKIP PGRI Madiun Tahun Akademik 2013/2014. Ilmiah.

Cembes, M.A. (2018). Analisis Kesalahan Penggunaan Afiks Pada Artikel Opini Surat Kabar Kedaulatan Rakyat Edisi Januari -April 2017. Skripsi.Yogyakarta: Repository USD.

Hassan, P.E. (2006). Morfologi. Kuala Lumpur : PTS Professional Publishing Sdn. Bhd.

Kemendikbud. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

Mutiadi, A.D. & Indah Patimah. (2015). Analisis Kesalahan Morfologis dan Sintaksis Pada Pidato Presiden Joko Widodo Periode Januari 2015. Ilmiah.

Pesik, V. (2016). Konjungsi Dalam Novel Pride and Prejudice Karya Jane Austen. Skripsi.

Purwaningsih, S. (2016). Kesalahan Berbahasa Bidang Fonologi dan Morfologi dalam Penulisan Surat Dinas di SMK Harapan Kartasura. Ilmiah.

Widyastuti. (2015). Proses Pembentukan Nomina Bahasa Muna Dialek GU-MAWASANGKA. Humanika, 3(15), 1-14.

Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2010 tentang penggunaan bahasa Indonesia dalam pidato resmi Presiden dan/atau Wakil Presiden serta pejabat negara lainnya.


Article Metrics

Sari view : 10 times
PDF - 16 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.