ANALISIS KENDALA PEMBELAJARAN DARING DI PRODI PBSI UNVIERSITAS MURIA KUDUS

Authors

  • Irfai Fathurohman Universitas Muria Kudus
  • Muhammad Noor Ahsin Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.31316/skripta.v9i2.5569

Keywords:

constraints, learning, online, pbsi

Abstract

Masa pandemi dan pascapandemi prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muria Kudus masih melaksanakan pembelajaran daring. Pelaksanaan pembelajaran daring masih terdapat masalah dan kendala yang dihadapi oleh mahasiswa.  Tujuan penelitian ini pertama adalah untuk menganalisis kendala dan hambatan pembelajaran daring di Prodi PBSI Universitas Muria Kudus. Kedua untuk mengetahui solusi dalam mengatasi kendala dan hambatan pembelajaran daring di prodi PBSI Universitas Muria Kudus. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Data berupa hasil wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sulitnya mahasiswa dalam memahami materi, kedisiplinan mahasiswa berkurang, sinyal dalam pembelajaran daring terganggu, dosen kurang maksimal dalam memberikan penjelasan materi, tugas yang dikerjalan kurang maksimal.  Solusinya mahasiswa perlu diberi penjelasan materi yang lebih terstruktur, mahasiswa perlu diberi ketegasan agar disiplin kuliah dan disiplin mengirimkan tugas maksimal, sinyal yang kurang baik perlu diselingi pembealajaran tatap muka, dosen perlu memaksimalkan dalam melaksanakan pembelajaran secara daring, tugas perlu diberi umpan balik agar mahasiswa lebih serius dan mengerjakan dan merevisi tugas.

References

Andanawarih, N. A., Pratiwi, I. A., & Ahsin, M. N. (2022). Analisis Kesulitan Pembelajaran Daring Pada Mahasiswa Universitas Muria Kudus. WASIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(1), 60-67. https://doi.org/10.24176/wasis.v3i1.7503

Beaunoyer, E., Dupéré, S., & Guitton, M. J. (2020). COVID-19 and Digital Inequalities: Reciprocal Impacts and Mitigation Strategies. Computers in Human Behavior, 111(May). https://doi.org/10.1016/j.chb.2020.106424

Dewi, S. N. (2020). Dampak covid 19 terhadap pembelajaran daring di perguruan tinggi. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS), 12(2), 87-93.

Hapsari, T. P. R. N., & Fitria, A. S. (2020). Efektivitas pembelajaran daring mata kuliah evaluasi pengajaran bahasa dan sastra Indonesia masa pandemi covid-19. Jurnal Ilmiah SEMANTIKA, 2(01), 11-20.

Hananto, M. F., Setiawan, D., & Ahsin, M. N. (2022). Analisis pembelajaran daring di masa pandemi pada siswa kelas V di SD 5 Jekulo Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 115-127. http://dx.doi.org/10.30659/pendas.9.2.115-127

Herawati, E. S. B., Susandi, A. D., Zulaiha, F., & Aliyyah, R. (2021). Analisis Persepsi Dosen dan Mahasiswa terhadap Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (Jartika), 4(2), 235-246.

Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Paujiah, E. (2020). Pembelajaran daring masa pandemik Covid-19 pada calon guru: hambatan, solusi dan proyeksi. LP2M.

Junaidi, Febi dan Muhammad Rohmadi. (2020). Model Problem Based Learning Berbantuan Media Powtoon untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa SMA di Era Covid-19. Prosiding Webinar Nasional Education Development Center (EDC) FKIP UNS: Surakarta.

Kartika, M., Ismaya, E. A., & Ahsin, M. N. (2021). Analisis pembelajaran daring di sd 2 tenggeles mejobo kudus pada masa pandemi covid-19. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 41-56. https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5906

Noviansyah, W., & Mujiono, C. (2021). Analisis kesiapan dan hambatan siswa smk dalam menghadapi pembelajaran daring di masa pandemi. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 4(1), 82-88.

Qurrotaini, L., Khusnussyifa, N., Sundi, V. H., & Nurmalia, L. (2020, December). Analisis Faktor Hambatan Penerapan IPS SD pada Pembelajaran Daring. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ (Vol. 2020).

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 214-224. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759

Sugiyono (2013). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wisnu, W. N. A., & Suseno, D. (2022). Efektivitas Pembelajaran Daring di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Widya Dharma Klaten. WIDYA DIDAKTIKA-Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1), 21-29. https://doi.org/10.31316/skripta.v9i1.5077

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Fathurohman, I., & Ahsin, M. N. (2023). ANALISIS KENDALA PEMBELAJARAN DARING DI PRODI PBSI UNVIERSITAS MURIA KUDUS. Jurnal Skripta, 9(2), 56–64. https://doi.org/10.31316/skripta.v9i2.5569

Issue

Section

Articles

Categories