ANALISIS KENDALA PEMBELAJARAN DARING DI PRODI PBSI UNVIERSITAS MURIA KUDUS
DOI:
https://doi.org/10.31316/skripta.v9i2.5569Keywords:
constraints, learning, online, pbsiAbstract
Masa pandemi dan pascapandemi prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muria Kudus masih melaksanakan pembelajaran daring. Pelaksanaan pembelajaran daring masih terdapat masalah dan kendala yang dihadapi oleh mahasiswa. Tujuan penelitian ini pertama adalah untuk menganalisis kendala dan hambatan pembelajaran daring di Prodi PBSI Universitas Muria Kudus. Kedua untuk mengetahui solusi dalam mengatasi kendala dan hambatan pembelajaran daring di prodi PBSI Universitas Muria Kudus. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Data berupa hasil wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sulitnya mahasiswa dalam memahami materi, kedisiplinan mahasiswa berkurang, sinyal dalam pembelajaran daring terganggu, dosen kurang maksimal dalam memberikan penjelasan materi, tugas yang dikerjalan kurang maksimal. Solusinya mahasiswa perlu diberi penjelasan materi yang lebih terstruktur, mahasiswa perlu diberi ketegasan agar disiplin kuliah dan disiplin mengirimkan tugas maksimal, sinyal yang kurang baik perlu diselingi pembealajaran tatap muka, dosen perlu memaksimalkan dalam melaksanakan pembelajaran secara daring, tugas perlu diberi umpan balik agar mahasiswa lebih serius dan mengerjakan dan merevisi tugas.
References
Andanawarih, N. A., Pratiwi, I. A., & Ahsin, M. N. (2022). Analisis Kesulitan Pembelajaran Daring Pada Mahasiswa Universitas Muria Kudus. WASIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(1), 60-67. https://doi.org/10.24176/wasis.v3i1.7503
Beaunoyer, E., Dupéré, S., & Guitton, M. J. (2020). COVID-19 and Digital Inequalities: Reciprocal Impacts and Mitigation Strategies. Computers in Human Behavior, 111(May). https://doi.org/10.1016/j.chb.2020.106424
Dewi, S. N. (2020). Dampak covid 19 terhadap pembelajaran daring di perguruan tinggi. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS), 12(2), 87-93.
Hapsari, T. P. R. N., & Fitria, A. S. (2020). Efektivitas pembelajaran daring mata kuliah evaluasi pengajaran bahasa dan sastra Indonesia masa pandemi covid-19. Jurnal Ilmiah SEMANTIKA, 2(01), 11-20.
Hananto, M. F., Setiawan, D., & Ahsin, M. N. (2022). Analisis pembelajaran daring di masa pandemi pada siswa kelas V di SD 5 Jekulo Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 115-127. http://dx.doi.org/10.30659/pendas.9.2.115-127
Herawati, E. S. B., Susandi, A. D., Zulaiha, F., & Aliyyah, R. (2021). Analisis Persepsi Dosen dan Mahasiswa terhadap Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (Jartika), 4(2), 235-246.
Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Paujiah, E. (2020). Pembelajaran daring masa pandemik Covid-19 pada calon guru: hambatan, solusi dan proyeksi. LP2M.
Junaidi, Febi dan Muhammad Rohmadi. (2020). Model Problem Based Learning Berbantuan Media Powtoon untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa SMA di Era Covid-19. Prosiding Webinar Nasional Education Development Center (EDC) FKIP UNS: Surakarta.
Kartika, M., Ismaya, E. A., & Ahsin, M. N. (2021). Analisis pembelajaran daring di sd 2 tenggeles mejobo kudus pada masa pandemi covid-19. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 41-56. https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5906
Noviansyah, W., & Mujiono, C. (2021). Analisis kesiapan dan hambatan siswa smk dalam menghadapi pembelajaran daring di masa pandemi. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 4(1), 82-88.
Qurrotaini, L., Khusnussyifa, N., Sundi, V. H., & Nurmalia, L. (2020, December). Analisis Faktor Hambatan Penerapan IPS SD pada Pembelajaran Daring. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ (Vol. 2020).
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 214-224. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759
Sugiyono (2013). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wisnu, W. N. A., & Suseno, D. (2022). Efektivitas Pembelajaran Daring di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Widya Dharma Klaten. WIDYA DIDAKTIKA-Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1), 21-29. https://doi.org/10.31316/skripta.v9i1.5077
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Skripta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.