PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN KINEMASTER UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.31316/skripta.v9i2.5867Keywords:
learning media, kinemaster, video learning, science, elementary schoolAbstract
Penelitian bertujuan untuk mengembangkan media video pembelajaran, mengetahui kelayakan video pembelajaran berdasarkan ahli materi dan ahli media, dan bagaimana minat belajar siswa terhadap media video pembelajaran berbasis kinemaster. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Jlaban Sentolo Kulon Progo pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD N Jlaban Sentolo Kulon Progo sebanyak 26 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Reasearch and Development), dalam penelitian ini terdapat 8 tahap yang harus dilakukan antara lain potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, dan uji coba pemakaian. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukan hasil sebagai berikut, (1) pengembangan media dilakukan menggunakan aplikasi kinemaster dan menggunakan animasi yang sesuai dengan materi (2) media video pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan hasil penilaian dari ahli materi dan ahli media. Media memperoleh rata-rata 3,74 dan memperoleh kriteria penilaian kategori atau kriteria sangat layak. (3) minat belajar siswa kelas IV di SD N Jlaban Sentolo termasuk dalam kategori “baik” dengan perolehan skor 83,04% dan berdasarkan respon guru termasuk dalam kategori “baik” dengan perolehan skor 73.
References
Alma'ruf, A. R. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Cerita Fiksi Pada Pembelajaran Tematik Untuk Menambah Minat Baca Dan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas III SD N Bangunkerto Turi Sleman. Skripsi.
Annisa, Simbolon, N. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif IPA Berbasis Model Pembelajaran Guided Inquiry Pada Materi Gaya di kelas IV SD Negeri 101776 Sampali. School Education Journal Vol.8 No.2 Juni.
Astriani, S. A. (2018). Prinsip Dan Kriteria Pemilihan Media Pembelajaran.
Asyhari Ardian, S. H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin dalam Bentuk Buku Saku Untuk Pembelajaran IPA Terpadu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika.
Azizah, N. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Bergambar Pada Mata Pelaaran Bahasa Indonesia Materi Menulis Puisi Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Darussalamah Tajinan Malang. Jurnal Pendidikan Agama.
Bisri, W. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Animasi Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Pemanasan Global Kelas VII SMPN 5 Tinambung Kab. Polman.
Fadhil, M. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran Vol.3 No. 1.
Fajariyah, L. A. (2018). Pembelajaran Teks Report Dengan Proyek "Cerdig" Berbasis Kinemaster. Jurnal Dikdaktika Vol.2 No.1.
Hanifah Putri Desty, M. P. (2016). Pengaruh Kemampuan Kognitif, Kreativitas, Dan Memecahkan Masalah Terhadap Sikap Ilmiah Siswa SD. Journal Of Primary Education.
Ismailah. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Untuk Kelas IV SD. Jurnal Ilmiah Mandala Education.
Johari Andriana, H. S. (2014). Penerapan Media Video dan Animasi Pada Materi Memvakum Dan Mengisi Refrigeran Terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal of Mechanical Engineering Education, Vol.1, No.1.
Khaira, H. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Kinemaster Sebagai Media Pembelajaran Berbasis ICT. Prosiding Seminar Nasional PBSI- III.
Kurniawan Candra Dicky, K. D. (2018). Pengembangan Media Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran IPA Tentang Sifat Dan Perubahan Wujud Benda Kelas IV SDN Merjosari 5 Malang. Pengembangan Media Video Pembelajaran www.unm.ac.id.
Kusnia. (2015). Pengembangan Media Multimedia Interaktif Berbasis Adobe Flash Pada Subtema Lingkungan Tempat Tinggalku untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV Di SDN Ardimulyo 1 Singosari Malang.
Lestari, I. (2015). Pengaruh Waktu Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Formatif 3(2): 115-125.
Mahmudah, R. S. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif IPA Materi Panca Indra Bagi Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 9 Tahun Ke-7.
Miftah, M. (2013). Fungsi Dan Peran Media Pembelajaran SebagaiUpaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal KWANGSAN Vol. 1 Nomor 2.
Mu'min, S. A. (2013). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Jurnal Al-Ta'dib Vol.6 No.1 Januari-Juni.
Muslimah, F. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Video Interaktif Room Service Mata Pelajaran Tata Hidang Di SMK N 1 Sewon.
Nasution, S. (2017). Variabel Penelitian. Program Studi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal (PGRA).
Purwanti, B. (2015). Pengembangan Media Video Pembelajaran Matematika Dengan Model Assure. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan.
Sirait, E. D. (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif 6(1): 35-43.
Syaifullah, R. (2017). pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash Pada Kompetensi Dasar Memperbaiki Air Conditioning (AC) Jurusan Teknik Kendaraan Ringan Di SMKN 3 Yogyakarta. Skripsi.
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol.2 No.2, Juli 2018.
Trianingsih, R. (2016). Pengantar Praktik Mendidik Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Al Ibtida, Vol.3 No.2, Oktober.
Wardani Ratri Kurnia, S. H. (2018). Pengembangan Video Interaktif Pada Pembelajaran IPA Tematik Integratif Materi Peredaran Darah Manusia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar.
Widayat Widi, K. S. (2014). Pengembangan Multimedia Interaktif Sebagai Media Pembelajaran IPA terpadu Pada Tema Sistem Gerak Pada Manusia. Unnes Science Education Journal pada journal.unnes.ac.id.
Yudiyanto, H. N. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran IPA Terpadu pada Tema Konservasi Gajah Berkarakter Peduli Lingkungan. Journal Of Natural Science And Integration.
Yudo, T. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Video Berbasis Multimedia Dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Sparkol Videoscribe. Skripsi.
Zaenab, U. S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Untuk meningkatkan Minat Belajar Materi Teknik Animasi Dua Dimensi Menggunakan Macromedia Flash (Studi Kasus Pada SMK Negeri 1 Mesjid Raya). Skripsi.
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Skripta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.