MUATAN KEMAHIRAN BERBAHASA INDONESIA DALAM MEDIA WEBSITE SEBAGAI PENGUATAN PEMBELAJARAN BERBASIS TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE
DOI:
https://doi.org/10.31316/skripta.v10i1.5960Kata Kunci:
Media Website, Kemahiran Berbahasa Indonesia, TPACKAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan aspek-aspek kemahiran berbahasa Indonesia yang dapat dikembangkan atau diambil melalui pemanfaatan website untuk menguatkan pembelajaran berbasis TPACK di SMP. Metode penelitian menggunakan deskripsi kualitatif. Data yang digunakan adalah aspek-aspek kemahiran berbahasa yang melekat pada isi website. Sumber data yang digunakan berupa website dalam jenis sosial media, organisasi pemerintah, komunitas online, konten pasar, google chrome/informasi, teknologi, kesehatan dan pendidikan. Temuan dalam penelitian ini adalah: 1) aspek-aspek kemahiran berbahasa semakin melekat pada pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia di SMP melalui media website. 2) Ketrampilan berbahasa yang dihasilkan siswa semakin mahir dan kompetitif meliputi aspek berbicara, menulis, menyimak, dan membaca dengan memanfaatkan laman website sebagai media dalam pembelajaran bahasa di sekolah. 3) Nama-nama website yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia sebagai penguatan pembelajaran berbasis TPACK meliputi kejarcita.id, Ruang Guru, Zenius, Rumah Belajar Kemendikbud, Kelas Pintar.id, Indonesia Montessori, Platform e-learning dan Google Chrome yang difokuskan pada aspek muatan ketrampilan berbahasa Indonesia. Simpulan dalam penelitian ini adalah muatan kemahiran berbahasa siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMP dapat dipelajari dan diaktualisasikan secara nyata dengan memanfaatkan laman website sebagai penguatan pembelajaran berbasis TPACK sesuai dengan konsep pendidikan abad 21.
Referensi
Anggraini, Arista, F. (2020). Pengaruh media website dalam pembelajaran discovery learning dan kemampuan literasi digital terhadap hasil belajar siswa pada materi perkembangan islam di nusantara kelas x di SMA Negeri 1 Sooko Kabupaten Mojokerto. E-Journal Pendidikan Sejarah, 9(1).
Arista, N. L. P. Y., & Putra, D. K. N. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Berbasis Literasi terhadap Keterampilan Menulis dalam Bahasa Indonesia. International Journal of Elementary Education, 3(3). https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19413
Ayob, A. (2017). Kesan Pembelajaran Menerusi Penggunaan Bahan Bacaan Interaktif Berasaskan Laman Web Terhadap Kefahaman Membaca Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Awal Kanak-Kanak Kebangsaan, 6(1), 1–17. https://doi.org/10.37134/jpak.vol6.1.1.2017
CHAIRIAH, C. (2022). Meningkatkan Keterampilan Menulis Unsur Intrinsik Dan Unsur Ekstrinsik Cerpen Berdasarkan Pengalaman Orang Lain. EDUCATIONAL : Jurnal Inovasi Pendidikan & Pengajaran, 2(3), 216–226. https://doi.org/10.51878/educational.v2i3.1501
Chaniago, S. M., Badusah, J., & Embi, M. A. (2011). Masalah pengajaran kemahiran berbahasa di sekolah di Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa Melayu, 1(1), 109–122.
Devista, J. R., & Kadafi, T. T. (2021). Pemanfaatan Laman Web Make Beliefs Comix dalam Pembuatan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Komik Digital. Jurnal Pendidikan, 30(2), 153. https://doi.org/10.32585/jp.v30i2.1531
Erniati, E. (2022). Penerapan Teknik Scanning dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 25 Makassar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1). https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3292
Fitriah. (2021). Upaya meningkatkan ketrampilan berbicara siswa melalui metode diskusi dalam pembelajaran bahasa indonesia. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIN PADANGSIDIMPUAN.
Hari Wibowo, P. N. (2022). Membaca unsur-unsur sinema neorealisme pada film Siti karya Edy Cahyono. ProTVF, 6(1). https://doi.org/10.24198/ptvf.v6i1.28064
Hariatin. (2022). Kemampuan Menulis Siswa melalui Metode Berbasis Kompetensi: Penelitian Tindakan Kelas dI SDN Baujeng 1. Sintaks: Jurnal Bahasa & Sastra Indonesia, 2(2). https://doi.org/10.57251/sin.v2i2.529
Hijriyah, U. (2016). Stategi dan implikasinya dalam kemahiran berbahasa. In Menyimak Stategi Dan Implikasinya Dalam Kemahiran Berbahasa.
Irnanda, E., Kurniaman, O., & Mulyani, E. A. (2022). Pengembangan Blog Literasi Membaca untuk Meningkatkan Literasi Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2806
Ismadi, H. D. (2015). Pengembangan uji kemahiran berbahasa Indonesia (UKBI). In D. Sunendar (Ed.), Prosiding ceramah ilmiah dan Seminar Nasional:Pengembangan Kemahiran Berbahasa Indonesia (pp. 1–6). Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa,. https://www.academia.edu/download/57981388/Prosiding_ukbi_bADAN_bAHASA.pdf
Kusmiatun, M.Hum., A. (2019). PENTINGNYA TES KEMAHIRAN BERBAHASA INDONESIA BAGI PEMELAJAR BIPA BERTUJUAN AKADEMIK. Diksi, 27(1). https://doi.org/10.21831/diksi.v27i1.26140
Lazulfa, I. (2019). Keterampilan Berbahasa : Menulis Karangan Eksposisi. Keterampilan Berbahasa Menulis Teks Eksposisi.
Listiya, N. ( F. U. (2013). Bab Ii - Kebiasaan Membaca - Kemampuan Membaca Pemahaman. 8–17.
M Mutoharoh, Dewi Muliyati, Raffa Fitra Ramadannisa, & Vidya Kusumah Wardani. (2022). Peningkatan Interaksi Website Pembelajaran Melalui Pelatihan Fitur Call To Action. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Dan Aplikasinya (JPMSA), 2(1), 9–14. https://doi.org/10.21009/jpmsa.v2i1.28378
Mardin, H., Handani Uno, A., Despianti, S. R., & Lakutu, D. N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website Bagi Guru Sd It Qurratu ‘Ayun Kota Gorontalo. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 5(3), 220–224. https://doi.org/10.29303/jppm.v5i3.3760
Masrur, A., & dkk. (2015). Pengadaan Tes UKBI: Sebagai Upaya Meningkatkan Nilai Ekonomis Bahasa Indonesia. Pengembangan Kemahiran Berbahasa Indonesia, 205–237.
Megantara, K., & Abdul Wachid BS. (2021). Pembiasaan Membaca dalam Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Gerakan Literasi Sekolah. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(2). https://doi.org/10.30605/onoma.v7i2.1230
Murtono. (2009). Peningkatan Kemahiran Berbahasa Indonesia Bimbingan Dan Konseling Melalui Collaborative Writing and Multiple. 1–19. http://eprints.umk.ac.id/186/
Mutiaramses, M., & Fitria, Y. (2022). Pengembangan Komik Digital Berorientasi Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(2). https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i2.1349
Nasbey, H. (2023). Pengembangan Materi Pembelajaran Berbasis Digital. In Inovasi Pembelajaran Berbasis Digital Abad 21.
Norliza, H., Mohamad Sattar, R., & Roseamnah, A. R. (2013). Penggunaan Laman Web Sebagai Transformasi Dalam Pengajaran Dan Pembelajaran Pendidikan Islam. The Online Journal of Islamic Education, 1(2), 58–73.
Nur, N. (2019). Keterampilan Menyimak Unsur-Unsur Pembangun Cerita Rakyat dengan Media Film. Universitas Sebelas Maret, 1.
Rahmadi, I. F. (2019). Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK): Kerangka Pengetahuan Guru Abad 21. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(1), 65. https://doi.org/10.32493/jpkn.v6i1.y2019.p65-74
Ratri, S. D. (2017). Pengembangan Media Busy Book Pada Pembelajaran Menyimak Anak Kelompok TK A. Jurnal Universitas Negeri Malang.
Sahidin, L., Kadir, Salim, & Prajono, R. (2022). Eksplorasi TPACK dalam Mendukung Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Exploration of TPACK in Supporting High Order Thinking Skills). Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 212–227.
Sari, W. A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Literasi Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas IV SDIT Iqra 2. JPI: Jurnal Pustaka Indonesia.
Simarmata, J. (2019). Kita Menulis Semua Bisa Menulis Buku. In kita menulis.
Sugianti, S., Rosidah, I., & Mabaroh, B. (2021). E-KOMIK EDU TATABIN SEBAGAI BAHAN LITERASI PEMBINAAN TATA BAHASA INDONESIA. An-Nas, 5(2). https://doi.org/10.36840/annas.v5i2.477
Suwandi, Sarwiji, Jubagjo, H., & Rohmadi, M. (2013). Pendidikan Multikultural dalam Buku Ajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama di Surakarta. Widyaparwa : Jurnal Ilmiah Kebahasaan Dan Kesastraan, 41.
Suyadi, S., Harahap, S. Z., & Imran, I. (2020). Meningkatkan kemahiran berbahasa melalui pembela-jaran apresiasi sastra bagi peserta didik tingkat SD di kota Medan. Bahterasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 24–31.
Suzlina Hilwani Baharuddin, & Jamaludin Badusah. (2015). Tahap Penggunaan Web 2.0 Dalam Pengajaran Guru Bahasa Melayu Sekolah Menengah. Jurnal Pendidikan Bahasa Melayu – JPBM (Malay Language Education Journal – MyLEJ) ISSN: 2180-4842. Vol. 2, Bil. 2 (Nov 2015): 38-48, 5, 38–48.
TRISNAWATI, C. C. A. (2023). MEMBUAT BUKU HARIAN SEBAGAI ALAT PEMBELAJARAN UNTUK PEMBIASAAN MENULIS KALIMAT BAHASA INGGRIS. LANGUAGE : Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 3(1). https://doi.org/10.51878/language.v3i1.2127
Wiyanti, E., Dinihari, Y., & Nazelliana, D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web pada Mata Kuliah Bahasa Indonesia sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh. Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1). https://doi.org/10.30998/fjik.v9i1.9233
Zhafirah, N. L., Muchtar, M., & Linguistika, Y. (2022). Implementasi Pendekatan TPACK dalam Pembelajaran Pada Muatan IPS Kelas IV SDN. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(6), 613–628. https://doi.org/10.17977/um065v2i62022p613-628
Zulfikar, S. (2021). Penggunaan website dan internet dalam pembelajaran. Journal of Instructional and Development Researches, 1(3), 106–111.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Author (s)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.


