KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER NOVEL DI KAKI BUKIT CIBALAK KARYA AHMAD TOHARI

Authors

  • Dwi Setiyawan STKIP Darussalam Cilacap

DOI:

https://doi.org/10.31316/skripta.v9i2.5978

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) penokohan dalam novel Di Kaki Bukit Cibalak karya Ahmad Tohari, (2) pembagian karakter setiap tokoh novel Di Kaki Bukit Cibalak karya Ahmad Tohari, (3) penyampaian nilai pendidikan karakter dalam novel Di Kaki Bukit Cibalak karya Ahmad Tohari. Metode dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Metode mendeskripsikan unsur intrinsik berupa tema, tokoh penokohan, latar, alur, sudut pandang, gaya bahasa, dan amanat melalui pendekatan psikologi sastra yang menitikberatkan pada kepribadian para tokoh dalam novel. Penggunaan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik catat, teknik pustaka,  dan teknik simak. Pengumpulan data dalam penelitian ini berasal dari data yang bersumber dari novel Di Kaki Bukit Cibalak karya Ahmad Tohari berupa kata-kata atau verbal data. Data yang diperoleh berupa kalimat yang mengandung nilai-nilai pendidikan karakter dalam Di Kaki Bukit Cibalak karya Ahmad Tohari. Hasil analisis menunjukkan bahwa tokoh utama dalam novel tersebut adalah Pambudi, Pak Dirga, dan Mbok Ralem, sedangkan tokoh tambahannya adalah Pak Barkan, Sanis, Poyo, Ayah Pambudi, Bu Runtah, Bambang Sumbodo, Topo, Mulyani, dan Eyang Wira. Penggambaran Latar yang dalam novel yaitu latar waktu tempat, dan latar suasana. Penjabaran nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Di Kaki Bukit Cibalak karya Ahmad Tohari berdasarkan hasil analisis, ada 12 nilai pendidikan karakter dan terkumpul 48 data, antara lain: (1) Religius ada 9 kutipan, (2) Jujur ada 5 kutipan, (3) Toleransi ada 4 kutipan, (4) Disiplin ada 1 kutipan, (5) Kerja Keras ada 1 kutipan, (6) Mandiri ada 3 kutipan, (7) Menghargai Prestasi ada 6 kutipan, (8) Bersahabat atau Komunikatif ada 9 kutipan, (9) Cinta Damai ada 1 kutipan, (10) Gemar Membaca ada 1 kutipan, (11) Peduli Sosial ada 5 kutipan, (12) Tanggung Jawab ada 3 kutipan. Hasil penelitian dapat dipergunaakan dan difungsikan untuk bahan  materi pembelajaran sastra di SMK kelas XII semester I. Mulai dari segi bahasa, latar belakang budaya dan perkembangan psikologi dan Novel inipun bisa menjadi dijadikan bahan pembelajaran di kelas.

References

Astuti, WTR. 2015. “Nilai Moral dalam Novel Pesantren Impian Karya Asma Nadia dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Sastra di Sekolah”. Fakultas Keguruan dan Ilmu Tarbiyah. Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Emi. 2017. Nilai Moral Dan Nilai Budaya Dalam Novel Kelopak Cinta Kelabu Karya Suhairi Rachmad dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Apresiasi Sastra di SMP (Versi Elektronik). Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 1 (7), 1-16. Diperoleh pada 10 November 2019, dari https://jurnal.univpgripalembang.ac.id/index.php /pembahsi/article/download/1285/1120.

Endraswara, Suwardi. 2008. Metode Penelitian Psikologi Sastra. Yogyakarta: MedPress.

Fitri, Beti Meliana. 2016. “Nilai-nilai Moral dalam Novel Warung Bu Sastro Tidak Rugi Berbisnin dengan Hati Karya Pauline Leander dan Relevansinya dengan Pembelajaran Sastra di SMA Kelas XI Semester II (Pendekatan Moral)”. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta.

Indrasari, SYN. 2017. “Analisis Konflik Batin Tokoh Utama Ega dalam Novel Ega Karya Anggie M dalam Pembelajaran Sastra di SMA Kelas XI Semester I (Pendekatan Struktural dan Psikologi Sastra)”. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta.

Lando, VAMR. 2015. “Analisis Kepribadian Tokoh Bima dalam Novel Versus Karya Robin Wijaya, Sebuah Kajian Psikologi Sastra dan Relevansinya Terhadap Pembelajaran di SMA”. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta.

Minderop, Albertine. 2011. Psikologi Sastra: Karya Sastra, Metode, Teori, dan Contoh Kasus. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Moleong, Lexy J. 2012. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mustika, Dewi. 2015. “Nilai-Nilai Moral dalam Novel 99 Cahaya Di Langit Eropa: Perjalanan Menapak Jejak Islam Eropa dan Relevansinya Terhadap Tujuan Pendidikan Islam”. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Nahdlatul Ulama. Jepara.

Noor, Redyanto. 2009. Pengantar Pengkajian Sastra. Semarang: FASindo.

Nur, dkk. 2013. Pendidikan Karakter: Wacana dan Kepengaturan. Purwokerto: OBSESI Press.

Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Ratnaningsih, Dewi. 2017. “Kemiskinan dalam Novel Di Kaki Bukit Cibalak Karya Ahmad Tohari”. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, STKIP Muhammadiyah Kotabumi. Kotabumi.

Sari, Dewi Puspita. 2015. “Nilai Moral dalam Novel Rindu Karya Tere Liye: Tinjauan Psikologi Sastra dan Implementasinya dalam Pembelajaran Sastra di SMA”. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta.

Sugiyono. 2010. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: ALFABETA.

Tohari, Ahmad. 2015. Di Kaki Bukit Cibalak. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Wiyatmi. 2011. Buku Ajar: Psikologi Sastra Teori dan Aplikasinya (Versi Elektronik). Yogyakarta: Kanwa Publisher. Diperoleh pada 28 Februari 2019, dari http://staffnew.uny.ac.id/upload/131873962/pendidikan/BukuajarPsikologi+Sastra.pdf

Zuriah, Nurul. 2007. Pendidikan Moral & Budi Pekerti dalam Perspektif Perubahan. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Setiyawan, D. (2023). KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER NOVEL DI KAKI BUKIT CIBALAK KARYA AHMAD TOHARI. Jurnal Skripta, 9(2), 40–49. https://doi.org/10.31316/skripta.v9i2.5978

Issue

Section

Articles

Categories