PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS PUISI ‘BERTEMA LINGKUNGAN’ PADA SISWA X SMKN 1 LABUHANBATU

Authors

  • Mei Nanda Sari Harahap Universitas Muslim Musantara Al Washliyah Medan
  • Siti Fauziah Khairani Universitas Muslim Musantara Al Washliyah Medan
  • Khairil Anshari Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31316/skripta.v5i2.616

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan menulis puisi “bertema lingkungan†pada siswa kelas X SMKN 1 Rantau Utara Kabupaten Labuhan Baru Raya. Penelitian ini menggunakan metode R&D. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi 3 SMKN 1 Rantau Utara Kabupaten Labuhan Baru Raya. Adapun langkah-langkah yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulkan data, mendesain produk, validasi para ahli. Berdasarkan uji keefektifan produk yang dilakukan terhadap media diketahui bahwa media pembelajaran menulis puisi “bertema lingkungan†efektif digunakan dalam proses pembelajaran. Hal ini dibuktikan dari hasil test memiliki keefektifan 83.89% dengan kategori baik. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan, diketahui bahwa hasil belajar siswa menggunakan media pembelajaran menulis puisi “bertema lingkungan†meningkat dibanding tanpa menggunakan media pembelajaran. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai rata-rata siswa yang belajar dengan menggunakan media pembelajaran menulis puisi “bertema lingkungan†83.89%, sedangkan siswa yang tanpa menggunakan media pembelajaran menulis puisi “bertema lingkungan†memperoleh nilai rata-rata 65.42%.

Published

2020-02-06

How to Cite

Harahap, M. N. S., Khairani, S. F., & Anshari, K. (2020). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS PUISI ‘BERTEMA LINGKUNGAN’ PADA SISWA X SMKN 1 LABUHANBATU. Jurnal Skripta, 5(2). https://doi.org/10.31316/skripta.v5i2.616