PENGEMBANGAN MODUL MENULIS WACANA BERBASIS NILAI-NILAI KARAKTER MAHASISWA UNIVERSITAS GRAHA NUSANTARA PADANGSIDIMPUAN

Authors

  • Winda Sari Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah Medan
  • Fadhilah M. Batubara Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah Medan

DOI:

https://doi.org/10.31316/skripta.v5i2.623

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan berdasarkan model pengembangan Brog dan Gall. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan proses, validasi, dan keefektifan pengembangan modul menulis wacana berbasis nilai-nilai karakter. Subjek penelitian terdiri atas seorang pakar dan 3 dan 8 mahasiswa pada uji coba kelompok kecil, 21 mahasiswa pada uji lapangan terbatas. Responden adalah mahasiswa semester VI program studi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan. Metode penelitian adalah kuantitatif dan kualitatif. Temuan validasi pakar meliputi komponen kelayakan isi/ materi dengan rata-rata 86%, kelayakan penyajian nilai rata-rata 89%, kelayakan penggunaan bahasa dengan rata-rata 84%, dan kelayakan kegrafikan nilai rata-rata 85%, semuanya pada kriteria sangat baik. Hasil uji coba perorangan diperoleh rata- rata 81% pada kriteria baik, ujicoba kelompok kecil rata-rata 85% pada kriteria sangat baik, ujicoba lapangan terbatas rata-rata 90% pada kriteria sangat baik. Hasil belajar mahasiswa sebelum menggunakan modul menulis wacana berbasis nilai-nilai karakter dengan nilai rata-rata 61,19% berada pada kriteria baik dan setelah menggunakan modul nilai rata-rata 86,66% dengan kriteria sangat baik. Dengan demikian, modul menulis wacana berbasis nilai-nilai karakter yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Author Biography

Winda Sari, Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah Medan


References

Borg, Walter R. & Gall, Meredith D. (1983). Educational Research an Introduction (4th ed). New York: Longman Inc.

Daryanto dan Suryatri Darmiatun. (2013). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.

Daryanto. (2013). Strategi dan Tahapan Mengajar. Bandung: Yrama Widya.

Komalawati, Desi. (2012). Yuk, Menulis Esai Menulislah Seperti R. A. Kartini. Tangerang: TPC Publisher.

Majid, Abdul. (2017). Perencamaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyana. (2005). Kajian Wacana. Yogyakarta: Tiara wacana.

Mulyatiningsih, Endang. (2012). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Perangin-angin, Inawati. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Fabel Bermuatan Pendidikan Karakter untuk Siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kabanjahe. Tesis. Pascasarjana Universitas Negeri Medan, 2018.

Prastowo, Andi. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sukardjo. (2006). Kumpulan Materi Evaluasi. Yogyakarta: UNY.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tarigan, Henry Guntur. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tarigan, Henry Guntur. (2014). Pengajaran Wacana. Bandung: Angkasa.

Utami, Elysa Fitri. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Teks Cerita Fantasi Bermuatan Pendidikan Karakter Pada Siswa Kelas VII MTs. Miftahussalam Medan. Tesis. Pascasarjana Universitas Negeri Medan, 2018.

Yaumi, Muhammad. (2016). Pendidikan Karakter Landasan, Pilar & Implementasi. Jakarta: Prenadamedia Group.

Published

2020-02-06

How to Cite

Sari, W., & Batubara, F. M. (2020). PENGEMBANGAN MODUL MENULIS WACANA BERBASIS NILAI-NILAI KARAKTER MAHASISWA UNIVERSITAS GRAHA NUSANTARA PADANGSIDIMPUAN. Jurnal Skripta, 5(2). https://doi.org/10.31316/skripta.v5i2.623