PENGEMBANGAN BAHAN BACAAN CERITA BERGAMBAR BERORIENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN MEMBACA KELAS II SD DI KABUPATEN WONOGIRI

Authors

  • Nina Widyaningsih Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas PGRI Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31316/skripta.v1i1.7

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi aspek-aspek karakter yang perlu dikembangkan di kelas II SD, menghasilkan produk berupa bahan bacaan cerita bergambar berorientasi pendidikan karakter untuk pelajaran membaca siswa kelas II SD, dan mendeskripsikan kualitas bahan bacaan cerita bergambar berorientasi pendidikan karakter untuk pelajaran membaca siswa kelas II SD di Kabupaten Wonogiri. Jenis penelitian ini adalah model penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Model pengembangan penelitian ini meliputi lima tahap, yaitu analisis, desain, produksi, uji coba dan revisi, serta pemanfaatannya.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrument berupa lembar observasi, kuesioner, dan tes. Nilai-nilai pendidikan karakter yang dikembangkan dalam bahan bacaan kelas II SD ini mencakup nilai-nilai kedisiplinan dan nilai-nilai kejujuran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji coba terhadap produk bahan bacaan cerita bergambar berorientasi pendidikan karakter untuk pembelajaran membaca siswa kelas II SD melalui tahap validasi ahli materi dan ahli media, uji coba kelompok, dan uji coba lapangan, serta analisis dan revisi sehingga menjadi produk akhir yang layak digunakan sebagai media pembelajaran. Penelitian menunjukkan hasil penilaian guru dari aspek pembelajaran rata-rata skor 3,9 yang berarti “Baikâ€. Kemudian dari aspek isi memperoleh rata-rata skor 4,0 Yang berarti “Baik†dan aspek tampilan memperoleh rata-rata skor 4,3 yang berarti “Baikâ€, sehingga produk bahan bacaan tersebut layak digunakan sebagai media pembelajaran dan sumber bahan bacaan untuk siswa.

Kata kunci: nilai-nilai pendidikan karakter,bahan bacaan, cerita bergambar

Downloads

Published

2018-12-06

How to Cite

Widyaningsih, N. (2018). PENGEMBANGAN BAHAN BACAAN CERITA BERGAMBAR BERORIENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN MEMBACA KELAS II SD DI KABUPATEN WONOGIRI. Jurnal Skripta, 1(1). https://doi.org/10.31316/skripta.v1i1.7