DEVELOPING ECOLOGICAL THINKING THROUGH GREEN LITERATURE TO ENHANCE ELEMENTARY STUDENTS' SHORT STORY WRITING SKILLS

Authors

  • Hera Septriana Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Rini Puji Susanti Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Eko Sri Israhayu Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Ahmad Wahyudi SD Al Irsyad Al Islammiyah 01 Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.31316/skripta.v10i2.7186

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini untuk mengkaji pengaruh penerapan Green Literature dalam mengembangkan pola pikir ekologis siswa serta keterampilan mereka dalam menulis cerpen. Dalam penelitian ini untuk mengeksplorasi bagaimana pembelajaran berbasis Green Literature dapat meningkatkan kesadaran ekologis dan kreativitas siswa dalam menghasilkan karya tulis berbentuk cerpen. Dilakukan uji hipotesis guna mengetahui pengaruh Green Literature terhadap kemampuan menulis cerpen pada siswa SD. Dengan menggunakan metode penelitian eksperimen untuk mengukur perbedaan keterampilan kepenulisan cerita pendek sebelum dan seusai diberi perlakuan menggunakan materi Green Literature. Populasi dalam penelitian ini merupakan siswa sekolah dasar, yang terbagi dalam yakni kelompok pertama bernama eksperimen dimana mendapat perlakuan menggunakan Green Literature dan kelompok kedua bernama kontrol yang tidak mendapatkan perlakuan seperti kelompok pertama. Hasil uji hipotesis 1 menunjukkan bahwasanya dari penerapan Green Literature terhadap keterampilan menulis cerpen siswa ada pengaruh yang signifikan. Berdasarkan hasil uji t, signifikansi yang diperoleh adalah 0,019 yang lebih kecil dari 0,05, dan nilai thitung dengan 2,386 lebih besar dari ttabel yang bernilai 1,66105. Oleh karena itu, hipotesis alternatif (Ha) diterima sedangkan hipotesis (Ho) ditolak, yang artinya Green Literature memiliki pengaruh signifikan dan berdampak positif terhadap kemampuan siswa dalam menulis cerpen. Dengan demikian, penelitian yang dilakukam menjelaskan bahwa penerapan Green Literature tidak hanya dapat meningkatkan keterampilan menulis cerpen, tetapi juga dapat membangun pola pikir ekologis pada siswa, yang pada gilirannya memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan pendidikan berbasis lingkungan di sekolah dasar.

References

Abidin,Y, et al. (2017). Pembelajaran Literasi Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara.

Dewi, N. P. D. S., Tirtayani, L. A., & Ganing, N. Ny. (2019). Pengaruh Metode Bercerita Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Kemampuan Empati Anak Kelompok b. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(1), 78–87.

Du, Y., Wang, X., Brombal, D., Moriggi, A., Sharpley, A., & Pang, S. (2018). Changes in Environmental Awareness and Its Connection to Local Environmental Management in Water Conservation Zones: The Case of Beijing, China. Sustainability (Switzerland), 10(2087), 1–24.

Faizah, D. dkk.(2016). Panduan Gerakan . Literasi Sekolah di Sekolah Sekolah Dasar. Jakarta: Kemendikbud.

Kociszewska, M. (2014). Ecological Awareness and Education of The Society in The Light of Sustainability Idea –Selected Aspects. Pedagogika Rodziny, 4(1), 31–41.

Murti, F. N. (2019). Indonesia’s Green Literature: “The Sleeping Beauty” Literary. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 243(012165).

Muthukrishnan, R. (2019). Using Picture Books to Enhance Ecoliteracy of First-Grade Students. The International Journal of Early Childhood Environmental Education, 6(2), 19.

Nadeak, Wilson. 1989. Bagaimana Menulis Cerita Cerpen. Bandung : Yayasan Kalam Hidup.

Omoogun, A. C., Egbonyi, E. E., & Onnoghen, U. N. (2016). From Environmental Awareness to Environmental Responsibility: Towards a Stewardship Curriculum . Journal of Educational Issues , 60-72.

Purnami, W., Utama, W. G., & Madu, F. J. (2016). Internalisasi Kesadaran Ekologis Melalui, Jurnal Fkip. 487–491.

Sabardila, A., Budiargo, A. D., Wiratmoko, G., Himawan, J. A., Triutami, A., Intansari, A. & Suistri, S. (2020). Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan melalui Kegiatan Penghijauan pada Siswa MIM Derasan Sempu, Boyolali. Buletin KKN Pendidikan, 1(2).

Susanti, S., & Rachmawati, T. S. (2018). Menumbuhkan Kesadaran Hidup Ekologis melalui Komunikasi Lingkungan di Eco Learning Camp. Mediator: Jurnal Komunikasi, 11(2),188–202. https://doi.org/10.29313/mediator.v11i2.3961

Wensing, E. J., Calos A. Torre. 2009. “The Ecology of Education: Knowledge Systems for Sustainable Development and Sustainability” Journal of Teacher Education for Sustainbility. 11(1). 3-17.

Widyaiswara,T., dkk (2023). Pengembangan Kemampuan Menulis Kreatif Fiksi Berwawasan Lingkungan bagi Remaja di Desa Deket Kulon Lamongan. Dedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(1), 53-58.

Yulianti, D., Rida N S, S. S., H, D., & Diana, D. (2014). Pengembangan Karakter Peduli Lingkungan Anak Usia Dini Melalui Buku Cerita Bermuatan Sains Berwawasan Konservasi. Jurnal Penelitian Pendidikan, 31(1), 11–18.

Yunansah, H., & Herlambang, Y. T. (2017). Pendidikan Berbasis Ekopedagogik dalam Menumbuhkan Kesadaran Ekologis dan Mengembangkan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasara EduHumaniora, 9, 27- 34.https://doi.org/10.17509/eh.v9i1.6153

Downloads

Published

2024-11-30

How to Cite

Septriana, H., Susanti, R. P., Israhayu, E. S., & Wahyudi, A. (2024). DEVELOPING ECOLOGICAL THINKING THROUGH GREEN LITERATURE TO ENHANCE ELEMENTARY STUDENTS’ SHORT STORY WRITING SKILLS. Jurnal Skripta, 10(2), 94–104. https://doi.org/10.31316/skripta.v10i2.7186