PENGEMBANGAN MEDIA CERITA BERGAMBAR INTERAKTIF BERMUATAN MITIGASI BENCANA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA LISAN ANAK USIA DINI
DOI:
https://doi.org/10.31316/skripta.v10i2.7691Abstrak
Keterampilan berbahasa lisan pada anak usia dini memiliki peranan yang sangat penting dalam perkembangan kognitif, sosial, dan emosional anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media cerita bergambar inovatif yang berpusat pada anak dan terkait erat dengan lingkungan anak usia dini. Penelitian ini mengembangkan media cerita bergambar bermuatan mitigasi bencana untuk meningkatkan kemampuan berbahasa lisan anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah RnD dengan model ADDIE. Pada uji kelayakan, partisipan penelitian ini adalah 7 ahli, terdiri dari 2 ahli materi PAUD, 2 ahli materi lingkungan, 2 ahli media, dan 1 ahli bahasa. Sampel pada penelitian ini melibatkan 137 orang anak yang terdiri dari 19 anak pada uji kelompok kecil, 95 Anak pada uji kelompok besar, dan 23 anak pada uji efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) berdasarkan studi pendahuluan kemampuan berbahasa lisan pada anak perlu ditingkatkan; 2) guru membutuhkan pengembangan media pembelajaran yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa lisan pada anak usia dini; 3) pengembangan media cerita bergambar menggunakan model pengembangan media pembelajaran ADDIE; 4) model pembelajaran media cerita bergambar layak untuk diterapkan dalam meningkatkan kemampuan berbahasa lisan anak usia dini; 5) media cerita bergambar interaktif efektif untuk diterapkan dalam meningkatkan kemampuan berbahasa lisan anak usia dini, Anak-anak menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan pengucapan, penambahan kosa kata baru, pembentukan kalimat dan ekspresi diri. Melalui media cerita bergambar interaktif bermuatan mitigasi bencana maka stategi dalam meningkatkan kemampuan berbahasa lisan pada anak usia dini semakin bervariasi dan berdampak pada kesadaran pada karakteristik lingkungan terdekat anak.
Referensi
Aliyah, S., & Nurnajahah, H. (2022). Penggunaan Media Big Bool melalui Dialogic Reading untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara. Journal of Islamic Early Childhood Education, 1. www.journal.stai-musaddadiyah.ac.id
Anggarasari, N. H., & Dewi, R. S. (2019). Mitigasi Bencana Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan : Early Childhood, 3(1).
Azizah, S., & Widyasari, C. (2023). Analisis Kemampuan Anak Usia 4-5 Tahun dalam Menceritakan Kembali Buku Cerita Bergambar yang Telah Dibacakan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3498–3508. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4255
Faizah, N. (2023). Efektifitas Media Buku Cerita untuk Menambah Kosakata Anak Usia Dini di Kota Jepara. In Journal of Education Research (Vol. 4, Issue 2).
Husna, A., & Eliza, D. (2021). Strategi Perkembangan dan Indikator Pencapaian Bahasa Reseptif dan Bahasa Ekspresif pada Anak Usia Dini. Jurnal Family Education, 1(4), 38–46. https://doi.org/10.24036/jfe.v1i4.21
Liliani, E. (2020). Pemanfaatan Sastra Anak sebagai Media Mitigasi Bencana. Jurnal Penelitian Humaniora, 15(1).
Rahiem, M. D. H., & Widiastuti, F. (2020). Pembelajaran Mitigasi Bencana Alam Gempa Bumi untuk Anak Usia Dini melalui Buku Bacaan Bergambar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 36. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.519
Ratnasari, E. M., & Zubaidah, E. (2019). Pengaruh Penggunaan Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Berbicara Anak. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3).
Restuningtyas, N., Rachma Hasibuan, H., & Kes, M. (2022). Media Buku Cerita Bergambar Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Kelompok Di Tk Tadika Puri Surabaya. Jurnal PAUD Teratai, 11(1).
Riadoh Riadoh, & Larasati Larasati. (2024). Penggunaan Media Flash Card dalam Pengembangan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini. Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra Dan Budaya, 2(4), 167–180. https://doi.org/10.61132/morfologi.v2i4.815
Septi, & Mas’udah. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Metode Bercerita dengan BukuCerita Bergambar. Universitas Negeri Surabaya, 1(2).
Yuli Kartika, M., Ardhyantama, V., & Tisngati, U. (2023). Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Pemahaman Anak Tentang Mitigasi Bencana. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13(1).
Zahrianis, A., Riyani, N., Saragih2, A., & Andini3, R. T. (2024). Peran Interaksi Sosial Dalam Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini di TK Al Istiqomah. Jurnal Kewarganegaraan, 8(1).
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Windi Wulandari Iman Utama

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.


