ANALISIS TINDAK TUTUR EKSPRESIF DALAM BERITA DOKTER DETEKSI VIRUS CORONA MENINGGAL DI WUHAN PADA SALURAN YOUTUBE TRIBUNNEWS.COM

Ifatul Mu'awanah, Asep Purwo Yudi Utomo

Sari


Bahasa merupakan alat komunikasi yang digunakan sebagai penyampai pesan dari penutur kepada mitra tutur. Dalam berkomunikasi akan menghasilkan tuturan dan kegiatan dalam melakukan tuturan disebut tindak tutur. Terdapat beberapa jenis tindak tutur salah satunya yaitu tindak tutur ekspresif. Secara umum, tujuan penelitian ini adalah memaparkan tindak tutur ekspresif yang terdapat pada salah satu berita yang memuat tentang virus corona. Virus corona masih diperbincangkan oleh khalayak ramai karena jumlah kematian yang disebabkan sangat tinggi dan kini telah menjangkiti hampir seluruh negara di belahan dunia. Objek penelitian ini yaitu sebuah berita berjudul Dokter yang Pertama Kali Deteksi Virus Corona Di Wuhan Meninggal dari sumber saluran youtube Tribunnews.com. Pendekatan dalam penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah teknik catat. Adapun analisis data menggunakan langkah-langkah: mengidentifikasi, mengklasifikasi, menginterpretasi, melakukan pembahasan penelitian data, dan menyimpulkan. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat empat jenis tindak tutur ekspresif: mengkritik, memuji, meminta maaf, dan menyalahkan. Data terbanyak merujuk pada tindak tutur ekspresif mengkritik dan memuji, penutur mengkritik sebagian mitra tutur yang menjustifikasi seorang dokter yang memberikan informasi tentang virus corona dan penutur memuji dokter yang telah berhasil mendeteksi virus corona dan mengungkapkannya. Dari penelitian ini diharapkan pembaca memahami tindak tutur ekspresif dan lebih menghargai perjuangan seseorang yang bekerja keras serta tidak menjustifikasi orang tanpa adanya bukti.


Kata Kunci


pragmatik, tindak tutur, tuturan ekspresif, dan virus corona

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Rustono. (1999). Pokok-Pokok Pragmatik. Semarang: CV IKIP Semarang Press.

Sudaryanto. (1993). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian. Yogyakarta: Duta Wancana.

Yule, George. (2006). Pragmatik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ariyanti, L. D., & Zulaeha, I. (2017). Tindak Tutur Ekspresif Humanis Dalam Interaksi Pembelajaran Di Sma Negeri 1 Batang: Analisis Wacana Kelas. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2), 111-122.

Septiani, Z., Juita, N., & Emidar, E. (2016). Tindak Tutur Ekspresif dalam Talk Show Indonesia Lawak Klub. Pendidikan Bahasa Indonesia, 5(2), 568-573. FBS Universitas Negeri Padang.

Chamalah, E. (2016). Turahmat. 2016.“. Tindak Tutur Ekspresif pada Bak Truk sebagai Alternatif Materi Ajar Pragmatik.” Bahastra. Maret, 35, 27-40. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Islam Sultan Agung.

Nofrita, M. (2016). Tindak Tutur Ekspresif Mengkritik dan Memuji dalam Novel Padang Bulan dan Cinta Di Dalam Gelas Karya Andrea Hirata. Jurnal Pendidikan Rokania, 1(1), 51-60. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Rokania.

Prayitno, H. J. (2009). Perilaku Tindak Tutur Berbahasa Pemimpin dalam Wacana Rapat Dinas: Kajian Pragmatik Dengan Pendekatan Jender. Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia, FKIP, Unmuh Surakarta

Barus, E. E., & Suprapto, A. D. H. (2018). Analisis Kualitas Website Tribunnews. com Menggunakan Metode Webqual dan Importance Performance Analysis. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer e-ISSN, 2548, 964X. Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Telaumbanua, D. (2020). Urgensi Pembentukan Aturan Terkait Pencegahan Covid-19 di Indonesia. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 12(01), 59-70. Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Nias Selatan

Irma, C. N. (2017). Tindak tutur dan fungsi tuturan ekspresif dalam acara rumah perubahan Rhenald kasali. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(3). Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Peradaban.

Parwanto, M. L. E. (2020). Virus Corona (2019-nCoV) penyebab COVID-19. Jurnal Biomedika dan Kesehatan, 3(1), 1-2. Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti, Indonesia.

Yuliana, R., Rohmadi, M., & Suhita, R. (2013). Daya Pragmatik Tindak Tutur Guru Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. BASASTRA, 1(2), 280-293. Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Saefudin, S. (2013). Pendekatan Pragmatik dalam Mendukung Kemampuan Komunikasi Lisan. Buletin Al-Turas, 19(1), 1-12.

Garcia, M. J. B. (2018). Pragmatic Instruction May Not Be Necessary Among Heritage Learners of Spanish: A Study on Requests. Journal of Foreign Language Education and Technology, 3(1), 163-193.

Al-Hindawi, F. H., & Ali, A. H. (2018). A Pragmatic Study of CNN and BBC News Headlines Covering the Syrian Conflict. Advances in Language and Literary Studies, 9(3), 43-51.

Xiao, F. (2015). Adult Second Language Learners' Pragmatic Development in the Study-Abroad Context: A Review. Frontiers: The Interdisciplinary Journal of Study Abroad, 25, 132-149.

Sari, F. D. P. (2012). Tindak tutur dan fungsi tuturan ekspresif dalam acara galau finite di Metro TV: suatu kajian pragmatik. Jurnal Skriptorium, 1(2), 1-14.

Purba, A. (2011). Tindak Tutur dan Peristiwa Tutur. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 1(1). Universitas Jambi.

Kirana, C., & Sulistyo, E. T. (2018). Tuturan Ekspresif dalam Humor Politik Republik Sentilan Sentilun di Metro TV (Tinjauan Pragmatik). KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 4(1).




DOI: https://doi.org/10.31316/skripta.v6i2.868

Article Metrics

Sari view : 233 times
PDF - 237 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexing by: