ALIH KODE DAN CAMPUR KODE PADA PROSES BELAJAR DI TK PERTIWI LONGKEYANG DAN IMPLIKASINYA
DOI:
https://doi.org/10.31316/skripta.v6i2.900Keywords:
Alih Kode, Campur Kode, implikasiAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui jenis peralihan kode dan pencampuran kode, faktor yang memengaruhi terjadinya peralihan dan pencampuran kode pada proses belajar di TK Pertiwi Longkeyang, Bodeh, Pemalang, serta implikasinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Pendekatan deskriptif kualitatif merupakan pendekatan yang digunakan. Sumber data adalah tuturan yang terjadi pada proses belajar di TK Pertiwi Longkeyang, Kecamatan Bodeh, Kabupaten Pemalang. Penyediaan data penelitian menggunakan metode observasi dan menggunakan teknik rekam, teknik catat. Berdasarkan hasil penelitian terdapat alih kode dan campur kode. Alih kode dibagi menjadi dua jenis yaitu alih kode ke dalam dan alih kode ke luar, Alih kode ke dalam terdapat 5 data, alih kode ke luar 3 data. untuk campur kode terdapat dua jenis yaitu campur kode ke dalam 14 data. Faktor yang memengaruhi terjadinya alih kode dan campur kode pada proses belajar di TK Pertiwi Longkeyang, Kecamatan Bodeh, Kabupaten Pemalang , yaitu faktor lingkungan, faktor suasana, faktor keterbatasan kosa kata dan faktor penggunaan istilah yang dikenal. Implikasinya dapat diterapkan pada pembelajaran bahasa Indonesia yaitu teks negosiasi.References
Chaer, Abdul, Leonie Agustina.2004. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.
Kesuma, Tri Mastoyo Jati.2007. Pengantar Metode Penelitian Bahasa. Yogyakarta: Carasvatibooks.
Martiningsih, Erma.2012. “Alih Kode Dan Campur Kode Dalam Pengajian Di Lombok Timur Nusa Tenggara Baratâ€. Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta. Online: https://core.ac.uk/reader/33519500.
Marwan, Iwan.2016. “Alih Kode Dalam Pemerolehan Bahasa Anakâ€. Jurnal IAIN Kediri. Online: https://jurnal.iainkediri.ac.id. (diunduh 15 Desember 2019)
Sumarlama.2008. Analisis Wacana Teori Dan Praktik. Solo: Pustaka Cakra Surakerta.
Mardian.2019. “Interferensi Bahasa Daerah dalam Konteks Formal di SMA Kota Singkawangâ€. CakrawalaLinguista.Online:https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/Cling/article/view/878
Kepriyanto, Catur. 2010. “Variasi Tuturan Anak Pada Masyarakat Bilingual:Studi Kasus Anak Usia 8 Tahun Pada Sebuah Keluarga di Kota Semarangâ€. Kajian Sastra. Online: https://ejournal.undip.ac.id/index.php/ kajiansastra/article/view/2677
Riadi, Bambang. 2017. “Variasi Kode Pada Tuturan Masyarakat Jawa di Gedongtataanâ€.Asara Jurnal Bahasa dan Sastra. Online: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/aksara/article/view/13588
Rofii.2016. “ An Analysis Of Syntactical Ability Of Second Language Children Age 5-6 Years Old In Taman Kanak-kanak (TK) Para Bintang Kota Jambiâ€. Jurnal Ilmiah Dikdaya. Online: http://dikdaya.unbari.ac.id/index.php/ dikdaya/article/view/38
Rohmadi. 2018. “Tuturan dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia (Kajian Sosiolinguistik Alih Kode dan Campur Kode)â€. Kajian Linguistik dan Sastra. Online: http://journals.ums.ac.id/index.php/KLS/article/ view/5981/pdfv
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.