ANALISIS NILAI MORAL DALAM NOVEL NEGERI 5 MENARA KARYA AHMAD FUADI DAN PEMANFAATANNYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

Authors

  • Ati Suciawati Dewi IAIN Syekh Nurjati Cirebon
  • Emah Khuzaemah
  • Tati Sri Uswati

DOI:

https://doi.org/10.31316/skripta.v6i1.905

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai moral dalam novel Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi dengan mendeskripsikan kutipan-kutipan nilai moral yang terdapat dalam novel Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi dan pemanfaatannya dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA yaitu menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran.

Jenis penelitaan yang digunakan pada peneliti ini menggunakan kualitatif dengan metode analisis isi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah novel Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik baca dan teknik catat serta instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kartu data. Keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan meningkatkan ketekunan. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan model Miles dan Huberman yang dilaksanakan dengan tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai moral yang terdapat dalam novel Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi terdapat tiga jenis nilai moral, Pertama hubungan manusia dengan diri sendiri yaitu jujur, disiplin, rajin, dan tanggung jawab. Kedua, hubungan manusia dengan manusia lain yaitu empati dan rasa hormat. Ketiga, hubungan manusia dengan Tuhan yaitu berdoa dan bersyukur. Berdasarkan dari hasil analisis di atas, dapat dijadikan pemanfaatan untuk menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) Bahasa Indonesia kelas XII SMA semester genap kurikulum 2013.

References

Ade. (2019). Terjebak Tawuran, Seorang Pelajar Menjadi Bulan-Bulanan. Retrieved December 19, 2019, from www.radarcirebon.com 8 Agustus 2019 website: https://www.radarcirebon.com/2019/08/08/terjebak-tawuran-seorang-pelajar-menjadi-bulan-bulanan/

Akmal, & Masyhuri. (2018). Konsep Syukur (Gratefulnes) (kajian Empiris Makna Syukur bagi Guru Pon.Pes Daarunnahdhah Thawalib Bangkinang Seberang, Kampar, Riau). Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 7(2), 1–22. Retrieved from journal.staimsyk.ac.id/index.php/almanar/article/download/86/84

Fuadi, A. (2012). Negeri 5 Menara. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kurniawan, A. (2018). Teori dan Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Cirebon: Eduvision.

Mursalim. (2011). Doa dalam Perspektif Al-Quran. Jurnal Al-Ulum, 11(1), 63–78. Retrieved from journal.iaingorontalo.ac.id/index.pph/au/article/view/65

Nopianti, S. D. (2017). Nilai Moral Dalam Novel Daun Yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin Karya Tere Liye. Jurnal Diksatrasia, 1(2), 199–202. Retrieved from http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia/article/download/599/497

Nurgiyantoro, B. (2013). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Ratna, N. K. (2015). Teori, Metode dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rosyanti, S. (2017). Nilai Moral Dalam Novel Surat Kecil untuk Tuhan Karya Agnes Davonar. Jurnal Diksatrasia, 1(2), 182–190. Retrieved from jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia/aticle/view/597

Samani, M., & Hariyanto. (2013). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sjarkawi. (2014). Pembentukan Kepribadian Anak. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Zubaedi. (2012). Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Published

2020-03-30

How to Cite

Dewi, A. S., Khuzaemah, E., & Uswati, T. S. (2020). ANALISIS NILAI MORAL DALAM NOVEL NEGERI 5 MENARA KARYA AHMAD FUADI DAN PEMANFAATANNYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. Jurnal Skripta, 6(1). https://doi.org/10.31316/skripta.v6i1.905