IMPLEMENTASI MEDIA BOOKLET TIMBUL BERBASIS BRAILE MATERI KENAMPAKAN ALAM PROVINSI JAWA TIMUR

Authors

  • Dwi Putri Fatmawati Universitas PGRI Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31316/skripta.v6i1.931

Keywords:

Media Booklet, Tunanetra

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi media booklet timbul berbasis braille materi kenampakan alam Provinsi Jawa Timur terhadap nilai siswa di SDLB kelas IV, dengan dasar permasalahan di lapangan bahwa siswa Tunanetra memiliki hambatan dalam membaca gambar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan dengan perhitungan menggunakan statistik sederhana Gain Score. Berdasarkan hasil yang diperoleh terhadap 6 subjek di kelas IV menunjukan hasil <g>= 0.5.

Berdasarkan data dan hasil penelitian implementasi media booklet timbul berbasis braille materi kenampakan alam di lingkungan Provinsi Jawa Timur  bagi siswa tunanetra kelas IV SDLB yang telah dilaksakan dapat diperolah hasil belajar siswa tunanetra berdasarkan kriteria gain score berada pada kriteria sedang, kriteria tersebut menunjukan bahwa siswa tunanetra menunjukan peningkatan hasil belajar yang baik dengan menggunakan Media Booklet timbul berbasis Braille materi kenampakan alam Provinsi Jawa Timur bagi siswa tunanetra kelas IV di SDLB.

Author Biography

Dwi Putri Fatmawati, Universitas PGRI Yogyakarta

Dosen

References

Abdullah N (2012) : Bagaimana Mengajarkan Anak Tunanetra (di sekolah Inklusi). Staf Pengajar Prodi Psikologi Fakultas Psikologi Unwidha Klaten. MagistraNo. 82 Th. XXIV.ISSN 0215-9511.

Aldoobie Nada. (2015). ADDIE Model: American International Journal of Contemporary Research. Vol. 5, No. 6; December 2015

Arsyad Azhar. (2015). Media Pembelajaran. Jakarta : PT Rajagrafindo persada.

Atlas Indonesia dan Dunia- Edisi 34 Provinsi Indonesia, (2015). CV Pustaka Setia. Bandung.

Binosha T, Illangasinghe, Dickwella, Anuradha, J,G,C, Peiris,.& Shashika L. (2015) Digital Talking Book: Braille and Talking Book tool’s, Important & insufficient: International Journal of Computer Applications (0975 – 8887)Volume 121 – No.6, July 2015.

Englebretson R (2009). An overview of IPA Braille: An updated tactile representation of the International Phonetic Alphabet. Journal of the International Phonetic Association ,39-1.

doi:10.1017/S0025100308003691

Ellyza U, Irwan, B., Mardiana. (2014). Efekktiivitas Media Booklet Braille Dalam Meningkatkkan Pengetahuan Gizi Pada Anak Tunanetra. Unnes Journal of Public Health. ISSN 2252-6528

Fitria Roz. (2012). Media Gizi Booklet. Padang : Politekes Kemenkes RI Padang

Gustaning G. (2014). Pengembangan Media Booklet Menggambar Macam-Macam Celana Pada Kompetensii Menggambar Celana Siswa SMKN 1 Jenar. Abstract di peroleh dari eprints.uny.ac.id/29300/1/Guni Gustaning10513244017.pdf

Hadi, Purwaka. 2005. Kemandirian Tunanetra. Depdiknas Direktoral Jendral Pendidikan Tinggi. Jakarta: 2005

Hallahan, Daniel. P Kauffman, James M. & Paige C. Pullen. (2009). Exceptional Learner An Introduction to Special Education. United States of America: Pearson

Hobri, H. (2010). Metodologi Penelitian Pengembangan: Aplikasi pada Penelitian Matematika. Jember: Pena Salsabila

Munadi Yudhi. (2013). Media Pembelajaran. GP Press Group, Jakarta.

Muzakki ,F, & Wahyono, E. (2014) Pengembangan Media Peta Timbul kenampakan alam IPS bagi Siswa Tunanetra kelas VI: Manfaat Media Peta Timbul: Jurnal Ortopedagogi (188-190) Volume 1, nomor 3, Desember 2014.

P. Chakrabortia, H.A, Karahan Toprakcia,c,P, Yangb,N, Di Spignab, P. Franzonb, T. Ghosha. (2012). A compact dielectric elastomer tubular actuator for refreshable Braille displays. Department of Textile Engineering, Chemistry and Science, 151, doi:10.1016/j.sna.2012.02.004

Peta Jawa Timur, (2013). Indo Prima Sarana. Surabaya

Resa W. Galuh N, P. (2016). Buku Gizi Braille Sebagai Media Pendidikkan Untu MEeningkatkan Pengetahuan Anak Tunanetra. Unnes Journal of Public Health. ISSN 2252-6528

Roymond S. Simamora. (2009). Buku Ajar Pendidikan dalam Keperawatan. Jakarta : EGC

Sapriyadi. (2012). Pendidikan IPS. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Shahbaz A. K., Shakir H. M., Aamir J., Blind Aid (2014): A Self-Learning Braille System for Visually Impaired. International Journal of Engineering Research and General Science, Volume 2, Issue 4, June-July. ISSN 2091-2730

Sitepu.(2012). Penulisan Buku Teks Pelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Sudjana. (2007) Media Pengajaran. Bandung: Sinar Bayu Algensindo offset.

Sugiono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta

Sugiono (2016). Metode Penelitian dan Pengembangan (research and development/ R&D). Bandung : Alfabeta

Supardan, Dadang. (2015). Pembelajaran IIlmu Pengetahuan Sosial Perspektif Filosofi dan Kurikulum. Jakarta : Bumi Aksara

Tarsidi, Didi. (2010). Belajar Braile Dalam 6 Modul. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia

Umar, S. Thayeb H.Ms. Sunanto. Suparna. Said M. dan Sukardi. (2016). IPS Terpadu Jilid 4 Untuk SD/MI Kelas IV, Jakarta : PT Gelora Aksara Pratama

Wahyuni, R & Nita P, G. (2016). Buku Gizi Braille Sebagai Media Pendidikam Untuk Meningkatkan Pengetahuan Anak Tunanetra. Abstract di peroleh dari http:// journal.unnes.ac.id./sju/index.php/ujph

Yuswan. KIKD IPS untuk anak tunanetra. Diperoleh dari website: https://yuswan62.files.wordpress.com/2017/05/11-ki-kd-ips-sdlb-tunanetra_pklk_rev.pdf

Zaghloul R,I,. & Tomader Jameel Bani-Ata T,J. (tt )Braille Recognition System – With a Case Study Arabic Braille Documents: Cases for visual Impaired : journal by Al-Balqa'a University, Amman College

Published

2020-08-19

How to Cite

Fatmawati, D. P. (2020). IMPLEMENTASI MEDIA BOOKLET TIMBUL BERBASIS BRAILE MATERI KENAMPAKAN ALAM PROVINSI JAWA TIMUR. Jurnal Skripta, 6(1). https://doi.org/10.31316/skripta.v6i1.931