IMPLEMENTASI MEDIA BOOKLET TIMBUL BERBASIS BRAILE MATERI KENAMPAKAN ALAM PROVINSI JAWA TIMUR
DOI:
https://doi.org/10.31316/skripta.v6i1.931Keywords:
Media Booklet, TunanetraAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi media booklet timbul berbasis braille materi kenampakan alam Provinsi Jawa Timur terhadap nilai siswa di SDLB kelas IV, dengan dasar permasalahan di lapangan bahwa siswa Tunanetra memiliki hambatan dalam membaca gambar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan dengan perhitungan menggunakan statistik sederhana Gain Score. Berdasarkan hasil yang diperoleh terhadap 6 subjek di kelas IV menunjukan hasil <g>= 0.5.
Berdasarkan data dan hasil penelitian implementasi media booklet timbul berbasis braille materi kenampakan alam di lingkungan Provinsi Jawa Timur  bagi siswa tunanetra kelas IV SDLB yang telah dilaksakan dapat diperolah hasil belajar siswa tunanetra berdasarkan kriteria gain score berada pada kriteria sedang, kriteria tersebut menunjukan bahwa siswa tunanetra menunjukan peningkatan hasil belajar yang baik dengan menggunakan Media Booklet timbul berbasis Braille materi kenampakan alam Provinsi Jawa Timur bagi siswa tunanetra kelas IV di SDLB.
References
Abdullah N (2012) : Bagaimana Mengajarkan Anak Tunanetra (di sekolah Inklusi). Staf Pengajar Prodi Psikologi Fakultas Psikologi Unwidha Klaten. MagistraNo. 82 Th. XXIV.ISSN 0215-9511.
Aldoobie Nada. (2015). ADDIE Model: American International Journal of Contemporary Research. Vol. 5, No. 6; December 2015
Arsyad Azhar. (2015). Media Pembelajaran. Jakarta : PT Rajagrafindo persada.
Atlas Indonesia dan Dunia- Edisi 34 Provinsi Indonesia, (2015). CV Pustaka Setia. Bandung.
Binosha T, Illangasinghe, Dickwella, Anuradha, J,G,C, Peiris,.& Shashika L. (2015) Digital Talking Book: Braille and Talking Book tool’s, Important & insufficient: International Journal of Computer Applications (0975 – 8887)Volume 121 – No.6, July 2015.
Englebretson R (2009). An overview of IPA Braille: An updated tactile representation of the International Phonetic Alphabet. Journal of the International Phonetic Association ,39-1.
doi:10.1017/S0025100308003691
Ellyza U, Irwan, B., Mardiana. (2014). Efekktiivitas Media Booklet Braille Dalam Meningkatkkan Pengetahuan Gizi Pada Anak Tunanetra. Unnes Journal of Public Health. ISSN 2252-6528
Fitria Roz. (2012). Media Gizi Booklet. Padang : Politekes Kemenkes RI Padang
Gustaning G. (2014). Pengembangan Media Booklet Menggambar Macam-Macam Celana Pada Kompetensii Menggambar Celana Siswa SMKN 1 Jenar. Abstract di peroleh dari eprints.uny.ac.id/29300/1/Guni Gustaning10513244017.pdf
Hadi, Purwaka. 2005. Kemandirian Tunanetra. Depdiknas Direktoral Jendral Pendidikan Tinggi. Jakarta: 2005
Hallahan, Daniel. P Kauffman, James M. & Paige C. Pullen. (2009). Exceptional Learner An Introduction to Special Education. United States of America: Pearson
Hobri, H. (2010). Metodologi Penelitian Pengembangan: Aplikasi pada Penelitian Matematika. Jember: Pena Salsabila
Munadi Yudhi. (2013). Media Pembelajaran. GP Press Group, Jakarta.
Muzakki ,F, & Wahyono, E. (2014) Pengembangan Media Peta Timbul kenampakan alam IPS bagi Siswa Tunanetra kelas VI: Manfaat Media Peta Timbul: Jurnal Ortopedagogi (188-190) Volume 1, nomor 3, Desember 2014.
P. Chakrabortia, H.A, Karahan Toprakcia,c,P, Yangb,N, Di Spignab, P. Franzonb, T. Ghosha. (2012). A compact dielectric elastomer tubular actuator for refreshable Braille displays. Department of Textile Engineering, Chemistry and Science, 151, doi:10.1016/j.sna.2012.02.004
Peta Jawa Timur, (2013). Indo Prima Sarana. Surabaya
Resa W. Galuh N, P. (2016). Buku Gizi Braille Sebagai Media Pendidikkan Untu MEeningkatkan Pengetahuan Anak Tunanetra. Unnes Journal of Public Health. ISSN 2252-6528
Roymond S. Simamora. (2009). Buku Ajar Pendidikan dalam Keperawatan. Jakarta : EGC
Sapriyadi. (2012). Pendidikan IPS. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Shahbaz A. K., Shakir H. M., Aamir J., Blind Aid (2014): A Self-Learning Braille System for Visually Impaired. International Journal of Engineering Research and General Science, Volume 2, Issue 4, June-July. ISSN 2091-2730
Sitepu.(2012). Penulisan Buku Teks Pelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Sudjana. (2007) Media Pengajaran. Bandung: Sinar Bayu Algensindo offset.
Sugiono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta
Sugiono (2016). Metode Penelitian dan Pengembangan (research and development/ R&D). Bandung : Alfabeta
Supardan, Dadang. (2015). Pembelajaran IIlmu Pengetahuan Sosial Perspektif Filosofi dan Kurikulum. Jakarta : Bumi Aksara
Tarsidi, Didi. (2010). Belajar Braile Dalam 6 Modul. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia
Umar, S. Thayeb H.Ms. Sunanto. Suparna. Said M. dan Sukardi. (2016). IPS Terpadu Jilid 4 Untuk SD/MI Kelas IV, Jakarta : PT Gelora Aksara Pratama
Wahyuni, R & Nita P, G. (2016). Buku Gizi Braille Sebagai Media Pendidikam Untuk Meningkatkan Pengetahuan Anak Tunanetra. Abstract di peroleh dari http:// journal.unnes.ac.id./sju/index.php/ujph
Yuswan. KIKD IPS untuk anak tunanetra. Diperoleh dari website: https://yuswan62.files.wordpress.com/2017/05/11-ki-kd-ips-sdlb-tunanetra_pklk_rev.pdf
Zaghloul R,I,. & Tomader Jameel Bani-Ata T,J. (tt )Braille Recognition System – With a Case Study Arabic Braille Documents: Cases for visual Impaired : journal by Al-Balqa'a University, Amman College
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.