REVITALISASI BAHASA DAERAH UNTUK ANAK USIA DINI DI TK PERTIWI PURO PAKUALAMAN YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.31316/skripta.v6i1.948Keywords:
Revitalisasi, Bahasa Daerah, Anak Usia DiniAbstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk memperoleh gambaran tentang revitalisasi bahasa daerah untuk anak usia dini. Penelitian ini dilakukan di TK Pertiwi Puro Pakualaman Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Analisis data model Milles and Hubberman digunakan dengan tahapan analisis data 1) reduksi data, 2) penyajian data, 3) verifikasi data. Dalam penelitian ini data diperoleh melalui : observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa revitalisasi bahasa daerah untuk anak usia dini sangat diperlukan guna menumbuhkan pemahaman lebih dalam terkait bahasa daerah, rasa cinta dan rasa bangga memiliki bahasa daerah. Kesadaran ini diperlukan untuk melestarikan bahasa daerah agar tidak terkikis oleh perubahan zaman.References
Guslinda & Rita K. (2018). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Surabaya: Jagad Publishing.
Hinton, Leanne. (2011). Revitalization of Endangered Language. Dalam Peter K. Austin dan Julia Sallabank, eds, The Cambridge Handbook of Endangered Languages. Cambridge: Cambridge University Press.
Sugiyono. (2006). Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta.
Lewis, M. Paul, Gary F. Simons, dan Charles D. Fennig (eds.). (2015). Ethnologue: Language of the World, Eighteenth edition. Dallas, Texas: SIL International. Diakses dari versi daring: http://www.ethnologue.com pada 19 Agustus 2015.
Linda Cambell. (2006). Metode Praktis Pembelajaran Berbasis Multiple Intelegences. Depok: Intuisi Press.
May Lwin. (2003). Cara Mengembangkan Berbagai Komponen Kecerdasan. Jakarta:Indeks
Myrnawati Crie Handini. (2012). Metodologi Penelitian untuk Pemula (Jakarta: FIP Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In order for JURNAL SKRIPTA to publish and disseminate research articles, we need publishing rights. This is determined by a publishing agreement between the author and JURNAL SKRIPTA. This agreement deals with the transfer or license of the copyright to JURNAL SKRIPTAand authors retain significant rights to use and share their own published articles. JURNAL SKRIPTA of FKIP Universitas PGRI Yogyakarta supports the need for authors to share, disseminate and maximize the impact of their research and these rights, in Universitas PGRI Yogyakarta proprietary journals are defined below:
- Share their article for Personal Use, Internal Institutional Use and Scholarly Sharing purposes, with the Creative Commons CC-BY-NC license for author manuscript versions)
- All articles published by JURNAL SKRIPTA are licensed under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
- Retain patent, trademark and other intellectual property rights (including research data).
- Proper attribution and credit for the published work.