REVITALISASI BAHASA DAERAH UNTUK ANAK USIA DINI DI TK PERTIWI PURO PAKUALAMAN YOGYAKARTA

Authors

  • Windi Wulandari Iman Utama Universitas PGRI Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31316/skripta.v6i1.948

Keywords:

Revitalisasi, Bahasa Daerah, Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk memperoleh gambaran tentang revitalisasi bahasa daerah untuk anak usia dini. Penelitian ini dilakukan di TK Pertiwi Puro Pakualaman Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Analisis data model Milles and Hubberman digunakan dengan tahapan analisis data 1) reduksi data, 2) penyajian data, 3) verifikasi data. Dalam penelitian ini data diperoleh melalui : observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa revitalisasi bahasa daerah untuk anak usia dini sangat diperlukan guna menumbuhkan pemahaman lebih dalam terkait bahasa daerah, rasa cinta dan rasa bangga memiliki bahasa daerah. Kesadaran ini diperlukan untuk melestarikan bahasa daerah agar tidak terkikis oleh perubahan zaman.

References

Guslinda & Rita K. (2018). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Surabaya: Jagad Publishing.

Hinton, Leanne. (2011). Revitalization of Endangered Language. Dalam Peter K. Austin dan Julia Sallabank, eds, The Cambridge Handbook of Endangered Languages. Cambridge: Cambridge University Press.

Sugiyono. (2006). Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta.

Lewis, M. Paul, Gary F. Simons, dan Charles D. Fennig (eds.). (2015). Ethnologue: Language of the World, Eighteenth edition. Dallas, Texas: SIL International. Diakses dari versi daring: http://www.ethnologue.com pada 19 Agustus 2015.

Linda Cambell. (2006). Metode Praktis Pembelajaran Berbasis Multiple Intelegences. Depok: Intuisi Press.

May Lwin. (2003). Cara Mengembangkan Berbagai Komponen Kecerdasan. Jakarta:Indeks

Myrnawati Crie Handini. (2012). Metodologi Penelitian untuk Pemula (Jakarta: FIP Press.

Published

2020-08-19

How to Cite

Utama, W. W. I. (2020). REVITALISASI BAHASA DAERAH UNTUK ANAK USIA DINI DI TK PERTIWI PURO PAKUALAMAN YOGYAKARTA. Jurnal Skripta, 6(1). https://doi.org/10.31316/skripta.v6i1.948