REVITALISASI BAHASA DAERAH UNTUK ANAK USIA DINI DI TK PERTIWI PURO PAKUALAMAN YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.31316/skripta.v6i1.948Keywords:
Revitalisasi, Bahasa Daerah, Anak Usia DiniAbstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk memperoleh gambaran tentang revitalisasi bahasa daerah untuk anak usia dini. Penelitian ini dilakukan di TK Pertiwi Puro Pakualaman Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Analisis data model Milles and Hubberman digunakan dengan tahapan analisis data 1) reduksi data, 2) penyajian data, 3) verifikasi data. Dalam penelitian ini data diperoleh melalui : observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa revitalisasi bahasa daerah untuk anak usia dini sangat diperlukan guna menumbuhkan pemahaman lebih dalam terkait bahasa daerah, rasa cinta dan rasa bangga memiliki bahasa daerah. Kesadaran ini diperlukan untuk melestarikan bahasa daerah agar tidak terkikis oleh perubahan zaman.References
Guslinda & Rita K. (2018). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Surabaya: Jagad Publishing.
Hinton, Leanne. (2011). Revitalization of Endangered Language. Dalam Peter K. Austin dan Julia Sallabank, eds, The Cambridge Handbook of Endangered Languages. Cambridge: Cambridge University Press.
Sugiyono. (2006). Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta.
Lewis, M. Paul, Gary F. Simons, dan Charles D. Fennig (eds.). (2015). Ethnologue: Language of the World, Eighteenth edition. Dallas, Texas: SIL International. Diakses dari versi daring: http://www.ethnologue.com pada 19 Agustus 2015.
Linda Cambell. (2006). Metode Praktis Pembelajaran Berbasis Multiple Intelegences. Depok: Intuisi Press.
May Lwin. (2003). Cara Mengembangkan Berbagai Komponen Kecerdasan. Jakarta:Indeks
Myrnawati Crie Handini. (2012). Metodologi Penelitian untuk Pemula (Jakarta: FIP Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.