TINDAK TUTUR ILOKUSI ASISTEN LABORATORIUM (ASLAB) DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI LABORATORIUM UMM

Authors

  • Putri Ambarwati Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.31316/skripta.v7i1.953

Keywords:

Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tentang fungsi dan bentuk dari tindak tutur ilokusi yang diutarakan oleh Asisten Laboratorium (Aslab) dalam proses pembelajaran di laboratorium UMM. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data yang digunakan berupa data tulis yaitu satuan lingual yang mengandung unsur-unsur dari adanya bentuk dan fungsi dari tindak tutur ilokusi. Sedangkan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu informan penelitian yaitu mahasiswa-mahasiswi yang bekerja sebagai asisten laboratorium di berbagai laboratorium Universitas Muhammadiyah Malang. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan teknik Tes Melengkapi Wacana (TMW) atau Discourse Completion Test untuk mempermudah peneliti dalam mengumpulkan banyak data dalam waktu yang singkat. Kemudian, teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti yaitu teknik analisis data model interaktif yang terdiri dari empat tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelian yang diperoleh yaitu terdapat 9 data yang merupakan tindak tutur asertif (5 data berfungsi menyatakan dan 4 data berfungsi mengusulkan), 8 data yang merupakan tindak tutur direktif (3 data yang berfungsi memerintah dan 5 data yang berfungsi memohon), 14 data yang termasuk dalam bentuk tindak tutur ekspresif (8 data yang berfungsi sebagai permintaan maaf dan 6 data berfungsi sebagai pengucapan terima kasih, 8 data tindak tutur deklaratif yang keseluruhannya memiliki fungsi yang sama yaitu menjatuhkan hukuman, dan tidak menunjukkan adanya tindak tutur ilokusi komisif dari keseluruhan data yang telah ada.

References

Ananda, N. A. (2015). Bentuk dan Fungsi Tindak Tutur Slogan Varian Iklan Pond's di Televisi Swasta. JJPBS Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1), 1-12. (Online). http://ejournal.undiksha.ac.id diakses 24 Mei 2019

Astuti, S. B. (2016). Tindak Tutur dalam Talkshow Hitam Putih di Trans 7. Edu Kata, 3(2), 101-110. (Online). http://e-jurnal.unisda.ac.id diakses 17 November 2018

Herdiansyah, H. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.

Horsfjord, V. (2013). Dialogue As Speech Act and Discourse: Methods to Understand What Interreligious Dialogue Does With Reference to 'A Common Word Between Us and You'. Journal of Ecumenical Studies, 48(3), 289-298. (Online). http://search.ebscohost.com. diakses 24 Mei 2019

Nadar, F. X. (2013). Pragmatik dan Penelitian Pragmatik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Noor, J. (2011). Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana.

Purba, A. (2011). TINDAK TUTUR DAN PERISTIWA TUTUR. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1), 77-91. (Online). http://journal.unja.ac.id diakses 17 November 2018

Rahayu, S. P. (2012). Bentuk dan Fungsi Tuturan Ekspresif dalam Bahasa Prancis. LITERA, 11(1), 124. (Online). http://journal.uny.ac.id diakses 24 November 2018

Rahma, A. N. (2014). Analisis Tindak Tutur Ilokusi dalam Dialog Film Animasi Meraih Mimpi. Skriptorium, 2(2), 13-24. (Online). http://journal.unair.ac.id. diakses 24 Mei 2019

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sulistyowati, R. I. (2013.). Perilaku Tindak Tutur Ustad dalam Pengajian. Penelitian Humaniora, 14(1), 25-40. (Online). http://publikasiilmiah.ums.ac.id diakses 17 November 2018

Published

2021-10-19

How to Cite

Ambarwati, P. (2021). TINDAK TUTUR ILOKUSI ASISTEN LABORATORIUM (ASLAB) DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI LABORATORIUM UMM. Jurnal Skripta, 7(1). https://doi.org/10.31316/skripta.v7i1.953