TINDAK TUTUR ILOKUSI ASISTEN LABORATORIUM (ASLAB) DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI LABORATORIUM UMM
DOI:
https://doi.org/10.31316/skripta.v7i1.953Keywords:
Bahasa IndonesiaAbstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tentang fungsi dan bentuk dari tindak tutur ilokusi yang diutarakan oleh Asisten Laboratorium (Aslab) dalam proses pembelajaran di laboratorium UMM. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data yang digunakan berupa data tulis yaitu satuan lingual yang mengandung unsur-unsur dari adanya bentuk dan fungsi dari tindak tutur ilokusi. Sedangkan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu informan penelitian yaitu mahasiswa-mahasiswi yang bekerja sebagai asisten laboratorium di berbagai laboratorium Universitas Muhammadiyah Malang. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan teknik Tes Melengkapi Wacana (TMW) atau Discourse Completion Test untuk mempermudah peneliti dalam mengumpulkan banyak data dalam waktu yang singkat. Kemudian, teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti yaitu teknik analisis data model interaktif yang terdiri dari empat tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelian yang diperoleh yaitu terdapat 9 data yang merupakan tindak tutur asertif (5 data berfungsi menyatakan dan 4 data berfungsi mengusulkan), 8 data yang merupakan tindak tutur direktif (3 data yang berfungsi memerintah dan 5 data yang berfungsi memohon), 14 data yang termasuk dalam bentuk tindak tutur ekspresif (8 data yang berfungsi sebagai permintaan maaf dan 6 data berfungsi sebagai pengucapan terima kasih, 8 data tindak tutur deklaratif yang keseluruhannya memiliki fungsi yang sama yaitu menjatuhkan hukuman, dan tidak menunjukkan adanya tindak tutur ilokusi komisif dari keseluruhan data yang telah ada.
References
Ananda, N. A. (2015). Bentuk dan Fungsi Tindak Tutur Slogan Varian Iklan Pond's di Televisi Swasta. JJPBS Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1), 1-12. (Online). http://ejournal.undiksha.ac.id diakses 24 Mei 2019
Astuti, S. B. (2016). Tindak Tutur dalam Talkshow Hitam Putih di Trans 7. Edu Kata, 3(2), 101-110. (Online). http://e-jurnal.unisda.ac.id diakses 17 November 2018
Herdiansyah, H. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.
Horsfjord, V. (2013). Dialogue As Speech Act and Discourse: Methods to Understand What Interreligious Dialogue Does With Reference to 'A Common Word Between Us and You'. Journal of Ecumenical Studies, 48(3), 289-298. (Online). http://search.ebscohost.com. diakses 24 Mei 2019
Nadar, F. X. (2013). Pragmatik dan Penelitian Pragmatik. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Noor, J. (2011). Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana.
Purba, A. (2011). TINDAK TUTUR DAN PERISTIWA TUTUR. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1), 77-91. (Online). http://journal.unja.ac.id diakses 17 November 2018
Rahayu, S. P. (2012). Bentuk dan Fungsi Tuturan Ekspresif dalam Bahasa Prancis. LITERA, 11(1), 124. (Online). http://journal.uny.ac.id diakses 24 November 2018
Rahma, A. N. (2014). Analisis Tindak Tutur Ilokusi dalam Dialog Film Animasi Meraih Mimpi. Skriptorium, 2(2), 13-24. (Online). http://journal.unair.ac.id. diakses 24 Mei 2019
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sulistyowati, R. I. (2013.). Perilaku Tindak Tutur Ustad dalam Pengajian. Penelitian Humaniora, 14(1), 25-40. (Online). http://publikasiilmiah.ums.ac.id diakses 17 November 2018
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.