VIDEO BERBASIS BUDAYA NUSANTARA SEBAGAI PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CERITA RAKYAT UNTUK SMK DI PATI

Authors

  • Yuana Candrasari Pascasarjana Universitas PGRI Semarang
  • Nazla Maharani Umaya Pascasarjana Universitas Negeri Semarang
  • Asrofah Asrofah Pascasarjana Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31316/skripta.v8i2.1868

Keywords:

video, media pembelajaran, cerita rakyat, budaya nusantara

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan kebutuhan media pembelajaran mengembangkan isi cerita rakyat dengan media video berbasis budaya nusantara untuk peserta didik SMK di Pati (2) untuk mewujudkan rancangan media pembelajaran mengembangkan isi cerita rakyat dengan video berbasisi budaya nusantara untuk peserta didik SMK di Pati. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D). dengan langkah (1) analisis kebutuhan siswa dan guru, (2) penyusunan draf prototipe produk media video pembelajaran dan buku pendamping media, (3) validasi pakar, (5) uji produk pada kelas kecil, (6) analisis FGD media video pembelajaran dan buku pendamping media, dan (7) prototipe pengembangan media video cerita rakyat Pati. Teknik untuk mengumpulkan data proses pengembangan menggunakan teknik wawancara dan teknik angket. Sedangkan untuk teknik pengumpulan data kualitas media penelitian, menggunakan teknik validasi media video cerita rakyat dan buku pendamping media oleh validator ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Guru dari dua sekolah sangat butuh media pengembangan video cerita rakyat berbasis budaya nusantara untuk SMK di Pati. Siswa sebanyak 41,9 % menyatakan sangat butuh buku pendamping media untuk pembelajaran mengembangkan cerita rakyat Pati dan sebanyak 45,1 % siswa menyatakan butuh media video cerita rakyat Pati untuk SMK di Pati.

References

Aminuddin. (2009). Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algasindo.

Arsyad, A. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Arwansyah, Y. B., & Wahyudi, U. M. W. (2019). Peningkatkan Kompetensi Literasi Antiradikalisme Melalui Penulisan Cerita Rakyat Dengan Aplikasi Baboo. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 4(2), 77-82.

Asep Jihad, A. (2010). Evaluasi pembelajaran. Yogyakarta: Multi Press.

Ashari, M. (2020, Maret Jumat). Pendidikan. Retrieved November KAmis, 2020, from Pikiranrakyat.com: https://www.pikiran-rakyat.com/pendidikan/pr-01353818/proses-pembejalaran-daring-di-tengah-antisipasi-penyebaran-virus-corona-dinilai-belum-maksimal

Asnawir. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Press.

Baried, B. (1985). Memahami Hikayat dalam Sastra Indonesia. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.

Cipta, A. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Danandjaja, J. (1991). Foklor Indonesia (Ilmu gosip, dongeng, dan lain-lain). Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.

Daryanto. (2018). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Press.

Djalle, Z. (2007). The Making 3D Animation Movie . Jakarta: Gramedia.

Etin Solihatin, R. (2011). Cooporative Learning:Analisis Model Pembelajaran . Jakarta: PT Bumi Kasara.

Etin, S. (2011). Cooporative Learning: Analisis Model Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi.

Hamzah A. (1996). Sastra Melayu Lama dan Raja-Rajanya. Jakarta: Dian Rakyat.

Haryoko, S. (2009). Efektivitas Pemanfaatan Media Audio Visual Sebagai Alternatif Optimalisasi Model Pembelajaran. Jurnal UNY, 20.

Hidayatullah P, R. A. (2011). Animasi Pendidikan Menggunakan Flash. Bandung: Informatika.

Jaliusril, H. A. (2012). Pengembangan Media Audio Visual Pembelajaran Lari Jarak Pendek untuk Siswa SMP. Jurnal Tekno-Pedagogi, 21.

Khairunnisa, A. (2016). Wacana narasi. Unpass Press, 26.

Larasati, M. (2017). Pengembangan Media Film Pembelajaran Menggunakan Animasi 2 Dimensi pada Mata Pelajaran IPA Kelas V di MAdrasah Ibtidaiah. Unnes Repository, 18.

Masfufah, S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Menyimak Teks Hikayat Berbasis Adobe Flash CS6 Siswa Kelas X MA Maarif Ponggok Kabupaten Blitar. Program Pascasarjana Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Islam Malang, xviii,102hlm.;30cm.

Nur Widiyanto, B. J. (2018). Video Animasi Sebagai Media Pembelajaran Troubleshooting Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo. UMS press, 10.

Wibowo, B. A. (2022). DUCATION AS A FORM OF RESISTANCE KI HADJAR DEWANTARA TOWARDS COLONIALISM. Proceeding Humanities: Teacher Training and Education, 4(1), 22-28.

Wulandari, A., Arwansyah, Y. B., & Saputra, N. (2022). The Term of Mental Illness in Javanese. LingLit Journal Scientific Journal for Linguistics and Literature, 3(3), 103-114.

Published

2022-11-22

How to Cite

Candrasari, Y., Umaya, N. M., & Asrofah, A. (2022). VIDEO BERBASIS BUDAYA NUSANTARA SEBAGAI PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CERITA RAKYAT UNTUK SMK DI PATI. Jurnal Skripta, 8(2), 1–8. https://doi.org/10.31316/skripta.v8i2.1868