Pengaruh Celebrity Endorsement, Kualitas Produk, dan Citra Merek terhadap Kepercayaan Pelanggan

Authors

  • Birul Walidaini Program Studi Manajemen, Fakultas Bisnis, Universitas PGRI Yogyakarta
  • Natalia Ratnaningrum Program Studi Manajemen, Fakultas Bisnis, Universitas PGRI Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31316/ubmj.v1i1.2256

Abstract

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh celebrity endorsement, kualitas produk, dan citra merek terhadap kepercayaan pelanggan Indihome di Yogyakarta.

 

Metodologi: Responden pada penelitian ini adalah pelanggan Indihome yang berjumlah 100 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda dengan menggunakan aplikasi spss version 25.

 

Temuan: Hasil penelitian menunjukan bahwa celebrity endorsement, kualitas produk, dan citra berpengaruh positif pada kepercayaan pelanggan Indihome di Yogyakarta.

 

Orisinalitas: Penelitian ini menguji faktor-faktor yang memengaruhi kepercayaan pelanggan dengan konteks pelanggan Indihome di Yogyakarta

References

Alma, B. (2007). Manajemen pemasaran & pemasaran jasa. Bandung: CV. Alfabeta.

Ferrinadewi, E. (2005). Atribut Produk Yang Dipertimbangkan Dalam Pembelian Kosmetik Dan Pengaruhnya Pada Kepuasan Konsumen Di Surabaya. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 7(2), 139–151. https://doi.org/10.9744/jmk.7.2.pp.139-151

Garvin, D. A. (1984). What Does “Product Quality†Really Mean? Sloan Management Review, 26(1), 25–43.

Haming, H. M. (2011). Manajemen produksi modern: operasi manufaktur dan jasa: Buku 1/H. Murdifin Haming, H. Mahfud Nurnajamuddin (Buku Kesat). Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Kotler, P., & Armstrong, G. M. (2008). Principles of Marketing. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=3B81QMMikloC

Priansa, D. J., & Kurniati, A. T. (2017). Analisis Swot Sebagai Dasar Perumusan Strategi Pemasaran (Studi Kasus Pada Produk Indihome Pt. Telekomunikasi Indonesia Witel Solo). E-Proceeding of Applied Science, 3(2252), 513. Retrieved from http://www.tjyybjb.ac.cn/CN/article/downloadArticleFile.do?attachType=PDF&id=9987

(RA), L. (n.d.). Pengguna Internet Di Indonesia 1998 - q2 2020. Retrieved February 12, 2021, from Lokadata website: https://lokadata.id/data/pengguna-internet-di-indonesia-1998-q2-2020-1617089144

Ricky, A., & Pratiwi, D. S. (2017). Effects Of Celebrity Endorsement On Customer Trust And Loyalty: Case Study On Pilgrims In Aceh. 40(Icame), 281–298. https://doi.org/10.2991/icame-17.2017.22

Sridevi, J. (2012). Effectiveness of Celebrity Endorsement in Brand Recall and Brand Recognition. ZENITH International Journal of Business Economics & Management Research, 2(5), 8826. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/317231512

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alvabeta.

Suliyanto. (2018). Metode Penelitian Bisnis. In Yogyakarta: Andi Offset.

Wijayaningrum, L. A., Kusumawati, A., & Nuralam, I. P. (2018). The Effect of Celebrity Endorser on Brand Awareness and It’s Impact on Purchase Decision. Jurnal Administrasi Bisnis, 60(3), 78–86.

Downloads

Published

2022-01-28