Faktor-Faktor yang Memengaruhi Loyalitas Pelanggan Barbershop di Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.31316/ubmj.v1i1.2257Abstract
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh variabel persepsi public relation, brand image dan customer value terhadap loyalitas pelanggan Arfa Barbershop di Yogyakarta.
Â
Metodologi: Responden pada penelitian ini adalah pelanggan Arfa Barbershop yang berjumlah 117 responden. Teknik pengambilan responden dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda dengan menggunakan aplikasi SPSS version 25.
Â
Temuan: Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel persepsi public relation, brand image dan customer value berpengaruh secara positif terhadap loyalitas pelanggan Arfa Barbershop di Yogyakarta.
Â
Orisinalitas: Penelitian ini berfokus dan mengeksplorasi pada pelanggan Arfa Barbershop di Yogyakarta.
Â
Keterbatasan Penelitian: Penelitian ini terbatas pada persepsi public relation, brand image dan customer value terhadap loyalitas
Â
Implikasi Praktis: Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah literatur tentang loyalitas terutama dalam konteks bidang jasa, secara spesifik dalam bisnis barbershop.
References
Adyanto, B. C., & Santosa, S. B. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan, Brand Image, Harga Dan Kepercayaan Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Layanan E-Commerce Berrybenka.com). Diponegoro Journal of Management, 7(1), 1–20.
Graf, A., & Maas, P. (2008). Customer Value from a Customer Perspective : A Cmprehensive Review.
Hidayat, T. (2015). Pengaruh Marketing Public Relation terhadap Loyalitas Pelanggan pada PT. Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Bandung. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurshio, 9(2), 102–115.
Nagara, A. O. A., & Emaputra, A. (2020). Analisis Kepuasan Konsumen terhadap Pelayanan Barbershop dengan Metode Service Quality (Servqual) dan Importance Performance Analysis (IPA) Studi Kasus XYZ Barbershop. Jurnal Rekayasa Industri (JRI), 2(2), 97–104.
Putri, B. A. (2018). Pengaruh Persepsi Public Relation, Kepercayaan dan Citra Merek terhadap Loyalitas Birgitta. Jurnal Dinamika Manajemen Bisnis, 1(2).
Subari, F. (2010). Pengaruh Customer Value Dan Customer Relationship Terhadap Customer Loyalty Di Exsa English Course Bandung. Jurnal Administrasi Bisnis, 6(2), 160–168.
Susilawati, & Utami, L. S. S. (2020). Pengaruh Terpaan Tayangan Iklan Shopee Versi BlackPink terhadap Brand Loyalty Mahasiswa Jakarta. Prologia, 4(1), 173–178.
TaghiPourian, M. J., & Bakhsh, M. M. (2015). Loyalty : From Single-Stage Loyalty to Four-Stage Loyalty. International Journal of New Technology and Research (IJNTR), (6), 48–51.
Watak, V. D., Wadud, M., & Rosni, A. K. (2017). Pengaruh Customer Value Terhadap Loyalitas Pelanggan Cafe Reload Kitchen Kota Palembang. Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini, 8(1), 56–60.
Yunaida, E. (2017). Pengaruh Brand Image (Citra Merek) terhadap Loyalitas Konsumen Produk Oli Pelumas Evalube di Kota Langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 6(2), 798–807.