Pengaruh Lokasi, Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Art Samurai Koi Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.31316/ubmj.v2i1.4241Keywords:
lokasi, harga, kualitas pelayanan kepuasan konsumenAbstract
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lokasi, harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen di ART Samurai Koi Yogyakarta. penelitian ini dilakukan pada rentang waktu bulan November – Desember 2021.
Metodologi: Penelitian ini dilakukan di Toko Art Samurai. Populasi penelitian ini adalah konsumen yang sudah pernah membeli produk di Art Samurai. Jumlah sampel yang ditetapkan dalam penelitian ini adalah 78 orang. Instrumen penelitian kuesioner. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis uji parsial dan regresi ganda.
Temuan: Terdapat pengaruh positif dan signifikan lokasi terhadap kepuasan konsumen di ART Samurai Koi Yogyakarta. Terdapat pengaruh positif dan signifikan harga terhadap kepuasan konsumen di ART Samurai Koi Yogyakarta. Terdapat pengaruh positif dan signifikan kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan di ART Samurai Koi Yogyakarta. Terdapat pengaruh yang signifikan lokasi, harga dan kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan di ART Samurai Koi Yogyakarta.
Orisinalitas: Penelitian ini merajuk pada subjek yang baru untuk dijadikan penelitian, yaitu pada konsumen ART Samurai KOI Yogyakarta.
Keterbatasan Penelitian: Responden yang diteliti hanya mencakup pelanggan yang pernah menjadi konsumen di Toko Art Samurai.
Implikasi Praktis: Pemilik toko meningkatkan faktor lokasi, harga dan kualitas pelayanan demi kepuasan konsumen.
References
Alma, Buchari. 2003. Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Edisi 2. Bandung: Alfabeta
Dwiastuti, Rini. Dkk. 2013. Ilmu Perilaku Konsumen. Malang. UB Press.
Ghanimata .2012. Analisis pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada pembeli Produk Bandeng Juwana Elrina Semarang). Skripsi
Sofia, Hanni. 2022. Pasar ikan hias dari hobi hingga simbol kebangkitan ekonomi. https://www.antaranews.com/berita/2639141/pasar-ikan-hias-dari-hobi-hingga-simbol-kebangkitan-ekonomi Rabu, 12 Januari 2022 17:19 WIB
Jannah, Kholifatun. 2019. Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Produk Ikan Pindang Di Pasar Prajekan. AgribioS : Jurnal Ilmiah. Vol 17 No 2, NOVEMBER 2019
Kodu .2013. Harga, kualitas produk dan kualitas pelayanan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian mobil Toyota Avanza. Skripsi
Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa, Salemba Empat, Jakarta
Prasasti .2013. Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian ikan Koi pada CV Isaku Koi Farm Blitar. Skripsi
Hidayat, R. T. 2014. Pengaruh Lokasi Usaha Oada Volume Penjualan. Jurnal Ilmiah Akuntasnsi Dan Bisnis. Vol 9 No 2, Juli 2014
Saputro. 2015. Analisis pengaruh kualitas produk, harga, kualitas pelayanan, dan lokasi terhadap keputusan pembelian (studi kasus pada Grand Panorama Resto Semarang). Skripsi
Aifa, S. N. 2021. Tak Hanya Primadona Ekspor Hasil Perairan, Ikan Hias Jadi Salah Satu Penopang Perekonomian. Https://Www.Goodnewsfromindonesia.Id/2021/09/17/Tak-Hanya-Primadona-Ekspor-Hasil-Perairan-Ikan-Hias-Jadi-Salah-Satu-Penopang-Perekonomian
Tjiptono, Fandy. 2002. Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Penerbit Andi
Wijaya, Tony. 2011. Manajemen Kualitas Jasa. Jakarta: PT. Indeks
Nilayanti, V. D. 2012. Pengaruh Perkembangan Aktivitas Ekonomi Terhadap Struktur Ruang Kota Di Swp Iii Kabupaten Gresik. Jurnal Teknik PWK Volume 1 Nomor 1 2012