Analisis Keputusan Investasi, Kebijakan Dividen, dan Kebijakan Hutang Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2021-2023

Authors

  • Anisah Nur Hidayah Program Studi Manajemen, Universitas PGRI Yogyakarta
  • Arista Natia Afriany Program Studi Manajemen, Universitas PGRI Yogyakarta
  • Hari Purnama Program Studi Akuntansi, Universitas PGRI Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31316/ubmj.v3i2.6480

Keywords:

Keputusan Investasi, Dividend Policy, Kebijakan Hutang, Nilai Perusahaan

Abstract

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keputusan investasi, kebijakan dividen, dan kebijakan hutang terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur yang go public di BEI periode 2021-2023.

 

Metodologi: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan data sekunder yang berupa laporan tahunan suatu perusahaan. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 22 perusahaan.

 

Temuan: Hasil penelitian ini membuktikan bahwa keputusan investasi dan kebijakan dividen berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan sedangkan kebijakan hutang berpengaruh negatif dan tidak signifikan.

 

Orisinalitas: Penelitian ini berfokus pada perusahaan manufaktur yang sudah dan masih terdaftar di BEI periode 2021-2023

 

Keterbatasan Penelitian: Peneliti selanjutnya perlu memperpanjang periode penelitian yang lebih lama, variabel yang  lebih bervariasi lagi, menambahkan sektor yang diteliti agar hasil yang diperoleh lebih jelas mengenai kondisi pasar modal di Indonesia.

 

Implikasi Praktis: Perusahaan manufaktur diharapkan untuk meningkatkan nilai investasi dan pembayaran dividen secara wajar agar nilai perusahaan juga meningkat.

 

Kata kunci: Keputusan Investasi, Kebijakan Dividen, Kebijakan Hutang, Nilai Perusahaan  

References

Afzal, Arief dan Abdul Rohman. (2012). Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, dan Kebijakan Deviden terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal. Universitas Diponegoro. 19: Semarang: Badan penerbit UNDIP.

Aji, Meygawan Nurseto. (2012). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Price Earning Ratio (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2007-2010). Jurnal. Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Andinata, W. (2010). Analisis Pengaruh Profitabilitas dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Journal of Accounting Diponegoro University.

Ang, Robert. (1997). Buku Pintar Pasar Modal Indonesia. Jakarta: Media Staff Indonesia.

Brigham, Eugene F. and Joel F Houston. (1999). Manajemen Keuangan. Jakarta: Erlangga.

Fama, Eugene F. and Kenneth R. French.1998. Taxes, Financing Decisions and Firm Value. The Journal of Finance. Vol. LIII, No.3.

Indahningrum, Rizka Putri dan Ratih Handayani. (2009). Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kepemiliken Institusional, Deviden, Pertumbuhan Perusahaan, Free cash flow dan Profitabilitas terhadap Kebijakan Hutang Perusahaan Jurnal Bisnis dan Akuntansi vol.11 No 3 Hlm 189-207. Jurnal. Kampus STIE Trisakti.

Jusriani, Ika. (2013). Analisis Pengaruh Profitabilitas, Kebijakan Dividen, Kebijakan Utang, dan Kepemilikan Manajerial terhadap Nilai Perusahaan. Journal of Accounting Diponegoro University.

Mardiyanti, Umi dan Khusfatun Khasanah. (2011). Studi Komparatif Harga, Likuiditas dan Risiko Saham Sebelum dan Sesudah Perusahaan Melakukan Stock Split dan Reverse Split di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, Vol 2.

Martikarini, Nani. (2012). Pengaruh Profitabilitas, Kebijakan Hutang, dan Dividen terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2011. Jurnal Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi Universitas Gunadarma.

Nuringsih, Kartika. (2005). Analisis Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kebijakan Hutang, ROA, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kebijakan Dividen (Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia 1995-1996). Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesia Vol.2 No.2. pp 103-123.

Putu, Luh dan Ida Bagus. (2014). Pengaruh Keputusan Investasi, Kebijakan Dividen, serta Keputusan Pendanaan terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis dan Kewirausahaan Vol 8, No. 2, Agustus 2014.

Ridla, Rasyid. (2005). Analisa Pengaruh Pengumuman Right Issue Terhadap Capital Gain dan Dividen Pada Perusahaan Non Manufaktur Di Bursa Efek Jakarta. Jurnal. Yogyakarta, Program Akuntansi Universitas Islam Indonesia.

Salvatore, Dominick. (2005). Ekonomi Manajerial dalam Perekonomian Global. Jakarta: Salemba Empat.

Sartono, A. (2001). Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: BPFE.

Sofyaningsih, Sri dan Pancawati Hardiningsih. (2011). Struktur Kepemilikan, Kebijakan Dividen, Kebijakan Hutang, dan Nilai Perusahaan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. STIE Stikubank Semarang.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suroto. (2016). Determinan Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmiah. Universitas 17 Agustus 1945 Semarang.

Taswan dan Soliha, E. (2002). Pengaruh Kebijakan Hutang Terhadap Nilai Perusahaan Serta Beberapa Faktor Yang Mempengaruhinya. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, STIE Stikubank Semarang.

Taswan. (2003). Analisis Integrasi Strategi Dilik dan Kebijakan Dividen terhadap Nilai Perusahaan dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jurnal Bisnis dan Ekonomi. September.

Downloads

Published

2024-07-22