Meningkatkan Self Awareness Terhadap Pencegahan Penularan Covid-19 Di Era New Normal Melalui Bimbingan Kelompok Menggunakan Pendekatan Gestalt Dengan Teknik Sosiodrama

Authors

  • Robbi Asri Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Firman Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Yarmis Syukur Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Dina Sukma Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i03.4899

Abstract

Pencegahan Covid-19 bersumber dari self awareness dalam mengimplementasikan penerapan protokol kesehatan. Siswa belum menerapkan protokol kesehatan dengan baik. Hal ini menunjukkan masih kurangnya self awareness siswa dalam penerapan pencegahan penularan Covid-19. Berbagai himpitan yang dialami siswa di era new normal belum ampuh dengan diberikan bimbingan kelompok untuk penanggulangan  hal itu. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment design dengan rancangan pretest posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 467 siswa, dan diambil 20 siswa yang dibagi menjadi 10 siswa untuk kelompok eksperimen dan 10 siswa untuk kelompok kontrol. Penarikan sampel yang digunakan simple random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan model skala likert. Teknik analisis data yang digunakan wilcoxon signed ranks test dan kolmogorov Smirnov. Berdasarkan Hasil Penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa bimbingan kelompok pendekatan Gestalt dengan teknik sosiodrama efektif untuk meningkatkan self awareness dalam pencegahan penularan Covid-19 di era new normal

Kata Kunci : bimbingan kelompok, teknik sosiodrama, self awareness

Downloads

Published

2023-06-11

How to Cite

Robbi Asri, Firman, Yarmis Syukur, & Dina Sukma. (2023). Meningkatkan Self Awareness Terhadap Pencegahan Penularan Covid-19 Di Era New Normal Melalui Bimbingan Kelompok Menggunakan Pendekatan Gestalt Dengan Teknik Sosiodrama . G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(03), 597–607. https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i03.4899

Citation Check