Analisis Pengaruh Penerapan Prosedur Kebijakan Operasional Penerbangan Saat Covid-19 Maskapai NAM Air Terhadap Kepuasan Penumpang Di Bandar Udara Internasional Supadio Pontianak

Authors

  • Mery Dayanti Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta
  • Raden Fatchul Hilal Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2869

Abstract

Abstrak

Pelaksanaan operasional penerbangan di Bandar Udara merupakan hal yang sangat teknis untuk mencapai tujuan penerbangan yang aman dan selamat. Setiap pelaksanaan operasional penerbangan selalu mengacu pada regulasi yang berlaku. Industri penerbangan merupakan pihak yang terdampak dari Pandemi Covid-19. Hal ini menyebabkan seluruh kebijakan prosedur di Bandar Udara diperketat dengan penerapan protokol kesehatan dengan memenuhi aspek- aspek kesehatan yang direkomendasikan oleh pihak WHO. penelitian ini memiliki tujuan Untuk mengetahui pengaruh Penerapan Prosedur Kebijakan Operasional Penerbangan Maskapai NAM AIR saat Covid-19 terhadap kepuasan penumpang di Bandar Udara Internasional Supadio Pontianak.  Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Penerapan Prosedur terhadap kepuasan penumpang di Bandar Udara Internasional Supadio Pontianak. Penelitian ini memakai metode kuantitatif, dengan seluruh penumpang maskapai nam-air yang melakukan penerbangan disaat covid-19 dibandar udara internasional supadio Pontianak 100 responden yang ditentukan dengan rumus slovin. Dari penelitian yag dilakukan didapatkan hasil sebagai berikut: 1.Terdapat pengaruh yaitu sebesar 56,5 % dari Penerapan Prosedur Kebijakan Operasional Penerbangan saat COVID-19 Maskapai NAM Air (X) terhadap kepuasan penumpang. 2.Penerapan Prosedur Kebijakan Operasional Penerbangan saat COVID-19 Maskapai NAM Air berpengaruh pada kepuasan penumpang dengan pengaruh sebesar 56,5%.

Kata Kunci : Penerapan prosedur operasional penerbangan, covid-19, maskapai Nam Air, keuasan penumpang, Bandar udara internasional supadio pondianak.

 

Abstract

The implementation of flight operations at the airport is a very technical matter to achieve safe and secure flight goals. Every flight operation implementation always refers to the applicable regulations. The aviation industry is a party affected by the Covid-19 pandemic. This causes all policy procedures at the airport to be tightened with the application of health protocols by meeting the health aspects recommended by WHO. This study aims to determine the effect of implementing NAM AIR Flight Operational Policy Procedures during Covid-19 on passenger satisfaction at Pontianak Supadio International Airport. To find out how much influence the application of procedures has on passenger satisfaction at Supadio Pontianak International Airport. This study uses a quantitative method, with all nam-air airline passengers flying during COVID-19 at the Supadio Pontianak international airport, 100 respondents determined by the slovin formula. From the research conducted, the following results were obtained: 1. There is an effect of 56.5% of the Implementation of Flight Operational Policy Procedures during the NAM Air (X) COVID-19 on passenger satisfaction. 2. Implementation of Flight Operational Policy Procedures during COVID-19 NAM Air Airlines has an effect on passenger satisfaction with an effect of 56.5%.

Keywords:  Application of flight operational procedures, covid-19, Nam Air airline, passenger satisfaction, Supadio pondianak international airport

References

DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivarietas Dengan Program IBM SPSS. Semarang Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hakim, R. (2017). Metode Penelitian Tentang Variabel-Variabel Independen. Journal of Economic Sciences, 72–92.

Jodi, I. W. G. A. S. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kebijakan Penjualan Terhadap Kinerja Pemasaran Dan Kepuasan Konsumen PT. Wahana Wirawan Nissan. JAGADHITA:Jurnal Ekonomi & Bisnis, 3(9), 22–34. https://doi.org/10.22225/jj.3.2.134.22-34

Jurnal, A., & Kedirgantaraan, I. (2019). AVIASI Jurnal Ilmiah Kedirgantaraan Vol. 16 No.1 edisi Februari 2019. AVIASI Jurnal Ilmiah Kedirgantaraan Vol. 16 No.1 Edisi Februari 2019, 16(1), 13.

Kotler, Philip. (2014). Principle of Marketing. Edisi ke 15. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Noor Juliansyah. 2011. Metodologi Penelitian. Edisi Pertama, Edisi Pertama. Jakarta: Prenada Media Group..

Mukti, T. C. (2017). Pengaruh Standar Operasional Prosedur ( SOP ) Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Management Dan Kewirausahaan, 2(1), 14–26.

Pengaruh, A., Harga, K., & Kualitas, D. A. N. (n.d.). PELAYANAN TERHADAP KEPUASAAN PELANGGAN DI HOTEL SUN CITY & LUXURY CLUB

JAKARTA Vinansius Ika.

Raharjo, S. (2017, May 22). Olah data statistik dengan SPSS. Retrieved from Panduan Lengkap Uji Analisis Regresi Linear Sederhana dengan SPSS : https://www.spssindonesia.com/2017/03/uji-analisis-regresi-linear- sederhana.html

Sugiarto. (2010). Psikologi Pelayanan Dalam Industri Jasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. (2018). Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta. Hal.130. 36. 36–42.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Surat Edaran Nomor 17 Tahun 2021 Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri pada Masa Pandemi Corona Virus Diesase (Covid-19). Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana: Jakarta

Tjiptono, Fandy. (2014). Pemasaran Jasa Prinsip, Penerapan, Penelitian. Yogyakarta: Andi Offest

Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2009 Tentang Penerbangan. 2009. Jakarta: Presiden Republik Indonesia.

Downloads

Published

2022-06-15

Issue

Section

Articles