Penerapan Pancasila Dalam Mewadahi Perilaku Siswa Di Sekolah Dasar

Authors

  • Wildan Pratama Hariansyah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dian Anggara Universitas Pendidikan Indonesia
  • Seli Aliani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Rika Hayani Putri Universitas Pendidikan Indonesia
  • Astri Nuraeni Universitas Pendidikan Indonesia
  • Rana Gustian Nugraha Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2929

Abstract

Abstrak

Jenis  penelitian  yang  digunakan adalah deskriptif yakni dengan lebih menekankan pada kemampuan analisis   dan   penelaahan   terhadap   sumber-sumber dari kuesioner, artikel, dan Jurnal lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi nilai-nilai Pancasila melalui keteladanan (role model) dilakukan dengan cara meningkatkan sisi religius  siswa, memberikan  bimbingan  dan  melatih  ketaatan  siswa  untuk  mematuhi  tata  tertib, membangkitkan semangat kebangsaan dan rasa cinta tanah air, menanamkan sikap demokratis pada siswa, mengajarkan peduli  sosial  dan  tidak  apatis. Menurunnya  kesadaran  untuk  menghayati  dan  menjiwai  nila-nilai Pancasila  akan menyebabkan  terjadinya  degradasi  karakter  bangsa.  Jika  terus  dibiarkan akan berdampak pada moral dan akhlak generasi muda yang tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Pancasila melalui keteladaan dan pembiasaan.

Kata Kunci: Pancasila, Karakter Pendidikan, Role Model

 

Abstract

The type of research used is descriptive, namely by emphasizing more on the ability to analyze and review sources from questionnaires, articles, and other journals. The results showed that the implementation of Pancasila values through role models was carried out by improving the religious side of students, providing guidance and training students to comply with the rules of order, raising the spirit of nationality and love for the homeland, instilling democratic attitudes in students, teaching social care and not apathy. The decrease in awareness to live and animate the values of Pancasila will cause a degradation of the nation's character.  If it continues to be allowed, it will have an impact on the morals and morals of the younger generation which is not in accordance with the values of Pancasila. This study aims to know the application of Pancasila through example and habituation.

Keywords: Pancasila, Educational Character, Role Model

References

DAFTAR PUSTAKA

Dwi Cahyani, F., Felix Agung, M., Pratiwi, N., Awandha nehru, N., & Rmadani S, R. (1995). Pancasila sebagai Identitas dasar negara Republik Indonesia. Academia, 1–3. http://sriactivity.blogspot.co.id/2014/07/makalah-pancasila-sebagai-identitas.html

Erviana, V. Y. (2021). Penanganan Dekadensi Moral melalui Penerapan Karakter Cinta Damai dan Nasionalisme. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 14(1), 1–9. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v14i1.27149

Kaelan. 2005. Pendidikan Pancasila. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada

Purnaningtias, F., Aika, N., Al farisi, M. S., Sucipto, A., & Putri, Z. M. B. (2020). Analisis Peran Pendidikan Moral Untuk Mengurangi Aksi Bully Di Sekolah Dasar. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 4(1), 42–49. https://doi.org/10.36379/autentik.v4i1.51

Putri, D. P. (2018). Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar Di Era Digital. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 37. https://doi.org/10.29240/jpd.v2i1.439

Rachmah, H. (2013). Nilai-Nilai Dalam Pendidikan Karakter Bangsa Yang Berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. E-Journal WIDYA Non-Eksakta, 1(1).

Rahayu, L. S. (2019). https://news.detik.com/berita/d-4532984/kpai-angka-kekerasan-pada-anak-januari-april-2019-masih-tinggi(diakses pada tanggal 17 Juni 2019 pukul 20:51 WIB)

Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Nomor 20, Sistem Pendidikan Nasional.

Samani M. & Hariyanto. (2017). Pendidikan karakter.Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Sumarsono, dkk. 2007. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sutarna, N. (2018). Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar.Yogyakarta: Pustaka Diniyah.

Wahyono, I. (2018). Implementasi Nilai-nilai Pancasila dalam Kegiatan Pembelajaran di SDN 1 Sekarsuli. Basic Education, 7(2), 124-130.

Warsono. (2016). Pancasila-isme Dalam Dinamika Pendidikan. Surabaya: Unesa University Press.

Waruwu, W. A. K., & Sari, S. M. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Pancasila Pada Siswa Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Aquinas, 3(1), 84-95.

Wismaliya, R., Hakam, K. A., Rahman, R., & Solehuddin, M. (2021). Penerapan Cerita Bergambar Berbasis Dilema Moral pada Pembelajaran Jarak Jauh dan Tatap Muka dalam Mengembangkan Pertimbangan Moral Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 850–860. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.836

Zed, M. (2004). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Nasional

Downloads

Published

2022-06-20

Issue

Section

Articles